PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION MELALUI E-COMMERCE SHOPEE

Authors

  • Wayan Eka Puspita Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Suci Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.37170

Keywords:

gaya hidup, kelompok referensi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian produk fashion pada e-commerce shopee. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee pada masyarakat di kota singaraja, kecamatan buleleng, dan objek penelitian ini adalah gaya hidup, kelompok referensi dan keputusan pembelian. Populasi yang digunakan sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan dengan kuisioner kemudian dianalisis dengan analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui e-commerce Shopee, (2) ada pengaruh kelompok refrensi terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui e-commerce Shopee, dan (3) ada pengaruh gaya hidup dan kelompok refrensi terhadap keputusan pembelian produk fashion melalui e-commerce  Shopee.

References

Ajiwibani, M. P., & Edwar, M. (2015). Pengaruh faktor internal dan eksternal gaya hidup terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen D’Goda Coffee Pazkul Sidoarjo). Unesa, 1. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/viewFile/ 12033/11217

Al Cassany, S. (2019). Pengaruh kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan menggunakan bahan bakar Pertamax di Kota di Banda Aceh. Bisnis Net, 2(3).

Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh lifestyle dan kualitas produk terhadap keputusan impulse buying konsumen Shopee generasi Z. Jurnal Ekobis: Ekonomi, 10(2), 248–262.

Apriyandani. (2017). Pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian (Survei mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 dan 2015 Universitas Brawijaya Malang yang membeli dan menggunakan smartphone iPhone). Jurnal Administrasi Bisnis, 50(2).

Faidah, & Harti. (2020). Pengaruh iintensitas browsing dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sabun pencuci wajah (Studi pada mahasiwa Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen pemasaran.14th Edition. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nabila, M. (2020). Sederet aplikasi belanja online terpopuler selama pandemi. Www.Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/post/sederet-aplikasi-belanja-online-terpopuler-selama-pandemi

Novia Faadhilah, F. (2018). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan beauty vlogger sebagai kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kosmetik (Studi pada remaja perempuan pengguna kosmetik Korea Di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 133–142.

Nugroho, S. J. (2010). Perilaku konsumen. Jakarta: Alfabeta.

Oktavianingsih, I., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh kelompok acuan, gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian helm merek INK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 619–630. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.616

Rahmadika, & Kristianingsih. (2019). Pengaruh brand image dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian jeans Levi’s (Studi pada mahasiswa aktif DIV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang tahun akademik 2017/2018). Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2).

Saputri, D. A., & Setyawati, H. A. (2020). Analisis pengaruh beauty vlogger sebagai reference group, lifestyle dan brand image terhadap keputusan pembelian lipstik Pixy. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(5), 788–801. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i5.621

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Suryani, T. (2012). Perilaku konsumen: Implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zahra, & Yulianto. (2016). Pengaruh kelompok acuan terhadap sikap dan niat pembelian serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei pada konsumen di rumah makan Kimbap Rina, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2).

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles