PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION MELALUI E-COMMERCE SHOPEE

Penulis

  • Wayan Eka Puspita Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Suci Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.37170

Kata Kunci:

Lifestyle, Reference Group, Purchase Decision

Abstrak

This study aims to examine the effect of lifestyle and reference groups on purchasing decisions of fashion products on e-commerce Shopee. The research design used in this study is causal quantitative. The subjects of this research are Shopee application users in the community in the city of Singaraja, Buleleng sub-district, and the objects of this research are lifestyle, reference groups and purchasing decisions. The population used is 100 respondents. Data were collected by questionnaire and then analyzed by multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) there is an influence of lifestyle on purchasing decisions of fashion products through e-commerce Shopee, (2) there is an influence of reference groups on purchasing decisions of fashion products through e-commerce Shopee, and (3) there is an influence of lifestyle and reference group on purchasing decisions for fashion products through Shopee e-commerce.

Referensi

Ajiwibani, M. P., & Edwar, M. (2015). Pengaruh faktor internal dan eksternal gaya hidup terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen D’Goda Coffee Pazkul Sidoarjo). Unesa, 1. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/viewFile/ 12033/11217

Al Cassany, S. (2019). Pengaruh kelompok referensi dan gaya hidup terhadap keputusan menggunakan bahan bakar Pertamax di Kota di Banda Aceh. Bisnis Net, 2(3).

Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh lifestyle dan kualitas produk terhadap keputusan impulse buying konsumen Shopee generasi Z. Jurnal Ekobis: Ekonomi, 10(2), 248–262.

Apriyandani. (2017). Pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian (Survei mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 dan 2015 Universitas Brawijaya Malang yang membeli dan menggunakan smartphone iPhone). Jurnal Administrasi Bisnis, 50(2).

Faidah, & Harti. (2020). Pengaruh iintensitas browsing dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian sabun pencuci wajah (Studi pada mahasiwa Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen pemasaran.14th Edition. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nabila, M. (2020). Sederet aplikasi belanja online terpopuler selama pandemi. Www.Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/post/sederet-aplikasi-belanja-online-terpopuler-selama-pandemi

Novia Faadhilah, F. (2018). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan beauty vlogger sebagai kelompok referensi terhadap keputusan pembelian kosmetik (Studi pada remaja perempuan pengguna kosmetik Korea Di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 133–142.

Nugroho, S. J. (2010). Perilaku konsumen. Jakarta: Alfabeta.

Oktavianingsih, I., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh kelompok acuan, gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian helm merek INK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(4), 619–630. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i4.616

Rahmadika, & Kristianingsih. (2019). Pengaruh brand image dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian jeans Levi’s (Studi pada mahasiswa aktif DIV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang tahun akademik 2017/2018). Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2).

Saputri, D. A., & Setyawati, H. A. (2020). Analisis pengaruh beauty vlogger sebagai reference group, lifestyle dan brand image terhadap keputusan pembelian lipstik Pixy. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(5), 788–801. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i5.621

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Suryani, T. (2012). Perilaku konsumen: Implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zahra, & Yulianto. (2016). Pengaruh kelompok acuan terhadap sikap dan niat pembelian serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei pada konsumen di rumah makan Kimbap Rina, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(2).

Diterbitkan

2022-08-04

Terbitan

Bagian

Articles