EKSISTENSI TAKSU SEBAGAI NILAI KEARIFAN LOKAL TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK LPD PATAS SAAT PANDEMI COVID 19

Authors

  • I Gede Aranu Damar Ageng Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suarmanayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.39648

Keywords:

strategi pemasaran produk, taksu, kearifan lokal

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimanakah penerapan strategi pemasaran produk pada LPD Patas saat pandemi Covid 19 dan konsep Taksu yang berpengaruh  terhadap bisnis LPD Patas sebelum dan pada saat pandemi Covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui beberapa prosedur yakni dengan melakukan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Kemudian setelah itu data di kumpulkan dan dianalisis melalui 3 prosedur Tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan analisis data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk sudah terintegrasi dengan baik mengingat sistem pengendalian internal yang diterapkan oleh LPD Patas sangat  baik dan Kepala LPD Patas melakukan pengawasan dan pengoptimalan visi dan misi dari LPD sudah diterapkan secara maksimal. Secara umum dengan inovasi dan produk yang menarik yang dikemas LPD Patas sudah terstruktur dengan rapi yang dimulai dari rasional penggunaan produk dan kelebihan produk sehingga LPD masih tetap eksis walaupun terjadi pandemi Covid 19.

References

Ardhana and Sudharta. 1990. Keserasian transformasi nilai dan pembangunan berwawasan budaya dalam masyarakat Bali. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Keserasian Transformasi Nilai dan Pembangunan Berwawasan Budaya. Denpasar: Fakultas Sastra.

Bandem. 1995. Balinese dance in transition: Kaja and Kelod. Oxford: OUP.

Candrasari, L. 2020. Penerapan sanksi adat kajongkokang pada sistem pengendalain internal di Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Sekumpul (Studi kasus pada LPD Desa Adat Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng). Skripsi tidak diterbitkan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

David, F.2011. Strategi manajemen manajemen strategi konsep. Bandung: Salemba Empat.

Ferdinand, A. 2012. ‘Kualitas strategi pemasaran: Sebuah studi pendahuluan.’, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1, pp. 107–119.

Handoko, D. 2009. Perilaku konsumen. Jakarta: Harrison.

Koentjaraningrat. 2014. Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kotler, P. and Amstong, G. 2009. Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pemprov. 2017. ‘Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2017 Lembaga Perkreditan Desa’. Denpasar: Pemerintah Provinsi Bali.

Pitana, I. G. 1993. Subak sistem irigasi tradisional di Bali: Sebuah canangsari. Denpasar: Upada Sastra.

Sitiari, W. 2016. Peran orientasi kewirausahaan dalam memediasi pengaruh nilai-nilai budaya lokal Bali terhadap kinerja organisasi (Studi pada koperasi non-KUD di Bali). Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Sukardi. 2007. Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Supriyono. 2011. Akuntansi biaya pengumpulan biaya dan penentuan hargan pokok. Yogyakarta: BPFE.

Swarnadi, L. E. 2020. ‘Perbandingan kualitas produk dan minat menabung pada LPD Desa Adat Tajun

dengan Desa Adat Tegal’. Denpasar: Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Wijayanti, I. 2008. Manajemen. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles