Eksistensi Taksu Sebagai Nilai Kearifan Lokal Terhadap Strategi Pemasaran Produk LPD Patas Saat Pandemi Covid 19

Penulis

  • I Gede Aranu Damar Ageng Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suarmanayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.39648

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran Produk, Taksu

Abstrak

The purpose of this study is to understand how to implement product marketing strategies at LPD Patas during the Corona Virus pandemic and The concept of Taksu affects the LPD Patas business before and during the pandemic of Corona Virus. The method used in this study is a qualitative research method. The research data was obtained through several procedures, namely by conducting in-depth interviews, observations and document studies. Then after that the data was collected and analyzed through 3 stages of procedures, namely data reduction, data presentation, and data analysis and drawing conclusions. The results of this study indicate that the product marketing strategy has been well integrated considering that the internal control system implemented by LPD Patas is very good and the Head of LPD Patas supervises and optimizes the vision and mission of the LPD that has been implemented optimally. In general, with interesting innovations and products packaged, the Patas LPD has been structured neatly, starting from the rational use of the product and the advantages of the product so that the LPD still exists despite the Covid 19 pandemic.

Referensi

Ardhana and Sudharta. 1990. Keserasian transformasi nilai dan pembangunan berwawasan budaya dalam masyarakat Bali. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Keserasian Transformasi Nilai dan Pembangunan Berwawasan Budaya. Denpasar: Fakultas Sastra.

Bandem. 1995. Balinese dance in transition: Kaja and Kelod. Oxford: OUP.

Candrasari, L. 2020. Penerapan sanksi adat kajongkokang pada sistem pengendalain internal di Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Sekumpul (Studi kasus pada LPD Desa Adat Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng). Skripsi tidak diterbitkan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

David, F.2011. Strategi manajemen manajemen strategi konsep. Bandung: Salemba Empat.

Ferdinand, A. 2012. ‘Kualitas strategi pemasaran: Sebuah studi pendahuluan.’, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1, pp. 107–119.

Handoko, D. 2009. Perilaku konsumen. Jakarta: Harrison.

Koentjaraningrat. 2014. Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kotler, P. and Amstong, G. 2009. Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pemprov. 2017. ‘Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2017 Lembaga Perkreditan Desa’. Denpasar: Pemerintah Provinsi Bali.

Pitana, I. G. 1993. Subak sistem irigasi tradisional di Bali: Sebuah canangsari. Denpasar: Upada Sastra.

Sitiari, W. 2016. Peran orientasi kewirausahaan dalam memediasi pengaruh nilai-nilai budaya lokal Bali terhadap kinerja organisasi (Studi pada koperasi non-KUD di Bali). Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Sukardi. 2007. Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Supriyono. 2011. Akuntansi biaya pengumpulan biaya dan penentuan hargan pokok. Yogyakarta: BPFE.

Swarnadi, L. E. 2020. ‘Perbandingan kualitas produk dan minat menabung pada LPD Desa Adat Tajun

dengan Desa Adat Tegal’. Denpasar: Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

Wijayanti, I. 2008. Manajemen. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Diterbitkan

2022-08-04

Terbitan

Bagian

Articles