PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ULAN CAKE SERIRIT

Authors

  • Maulida Amerseliya Rosa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.40037

Keywords:

harga, keputusan pembelian, promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Ulan Cake Seririt, menguji pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada Ulan Cake Seririt, serta pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada Ulan Cake Seririt. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 120 responden dan subjek penelitian ini yaitu Ulan Cake Seririt. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner online melalui google form dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Harga dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Ulan Cake Seririt. (2) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Ulan Cake Seririt. (3) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Ulan Cake Seririt

References

Alma, Buchari. 2014. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta: Bandung.

Daud, Zikriatul. 2018. Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7 (2).

Engel, James. 1994. Consumer behavior, Alih Bahasa: Budiyanto, Jilid l dan ll, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Febriana, P. 2020. Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Lazizaa Chicken and pizza di Jambangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1).

Ferdinand, Agusty. 2006. Metode penelitian manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fitriana, dkk. 2018. Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 3 (1).

Hardani, dkk. 2020. Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

Kompas.com. 2020. Kebutuhan manusia: primer, sekunder, tersier. Diakses pada 1 Juni 2020, dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/23/080000469/kebutuhan-manusia--primer-sekunder-tersier?page=all

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Mowen, John, C dan Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jilid I. jakarta: Salemba Empat.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. 2019, October. Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 Mart di Kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 165-173).

Pompayo, dkk. 2017. Pengaruh promosi penjualan dan harga terhadap keputusan pembelian produk Indomie Goreng pada PT Indomarco Adi Prima Manado. Jurnal EMBA, 5 (3).

Rares, dkk. 2015. “The effect of the price, promotion, location, brand image and quality products towards the purchase decision of consumers at Bengkel Gaoel Store Manado Town Square.”. Jurnal EMBA, 3 (2).

Sodik, M. A., & Siyoti, S, (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudaryono, Fl, Sigit(Ed), 2016, Manajemen pemasaran teori dan implementasi, Andi Offset: Yogyakarta.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tambunan, W., Amelia, T., & Priyana, F. P. 2019. Perencanaan strategi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah Manis Bakery. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 5(1), 23-34.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: CV Andi Offset

Yulizar, dkk. 2017. Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian laptop merek Acer (Studi kasus pada mahasiswa FISIP UNDIP Semarang). Jurnal Ilmu raresAdministrasi Bisnis, 6 (2).

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles