Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Warung Ko-Vaitnam Singaraja

Authors

  • Ida Ayu Yulia Mardewi Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.48585

Keywords:

Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pelanggan , Loyalitas Pelanggan

Abstract

Motivasi di balik ulasan ini adalah untuk menguji adanya pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan simultan dan parsial pada Warung Ko-Vaitnam Singaraja. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif kausal melalui penentuan sampel dari pelanggan Warung Ko-Vaitnam Singaraja sebanyak 80 responden. Metode pengumpulan informasi menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil yang didapatkan melalui penelitian ini ialah: (1) Kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan dampak yang luar biasa pada loyalitas pelanggan di Warung Ko-Vaitnam Singaraja, (2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Warung Ko-Vaitnam Singaraja, (3) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Warung Ko-Vaitnam Singaraja.

Author Biography

Ni Nyoman Yulianthini, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

References

Agiesta, W. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan KA Lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1653.

Atmaja, P. D., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh relationship marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Indihome pada PT. Telkom Datel Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 258. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i2.28826

Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). Berita resmi statistik.

Cita, G. (2015). Studi tentang fungsi warung kopi bagi masyarakat di Kota Bagansiapiapi. In Jom FISIP (Vol. 2).

Doyle, R., & Conboy, K. (2020). The role of IS in the covid-19 pandemic: A liquid-modern perspective. International Journal of Information Management, 55(June), 102184.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Soldering & Surface Mount Technology (Vol. 13, Issue 3). https://doi.org/10.1108/ssmt.2001.21913cab.040

Mahfud, A., & Sasongko, T. (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada Sanger Warung Kopi Aceh Kota Malang. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 7(2), 130–136.

Megawati, I. (2017). Pengaruh faktor-faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan implikasinya terhadap loyalitas pelanggan di Green Cafe dan Resto Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 11(1), 13–26.

Nuraeni, R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Hypermart Bellanova Country Mall. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 488.

Oliver, R. L. (1999). Applications for hydrous ferric oxide mine water treatment sludge - A review. Reliable Mine Water Technology: Proceedings of the International Mine Water Association Annual Conference 2013, Vols I & Ii, 63(special issue 1999), 33–44.

Pradipta, I. G. M. (2021). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Kedai Yang Coffee Singaraja. Jurnal Manajemen & Bisnis, 1–7.

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening (Studi persepsi pada pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147

Rangkuti, F. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sa’adah, F. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan fitness center Kabupaten Sleman.

Saputra, F. I. (2013). Kualitas layanan, citra dan pengaruhnya terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan (Studi pada PT Bank BNI 46 Sentra Kredit Kecil Surabaya ). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3), 445–457.

Setiandini, M. (2010). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan Nani’s Butik. Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susnita, T. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Hotel Libra Kadipaten Kabupaten Majalengka. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 3(1), 73–84. https://doi.org/10.33395/juripol.v3i1.10485

Tjiptono. (2007). Manajemen pemasaran jilid 1. Jakarta: PT.Indeks Kelompok Gramedia.

Wijayanto, K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(1).

Yulianto, A. (2014). Pengaruh kepuasan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Pojok Kedai Satria Jagat Raya Asep Sunarya di Gonilan Sukoharjo.

Published

2023-03-24

Issue

Section

Articles