Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Hotel Santika

-

Authors

  • Rangga Anggara Multimedia Nusantara Polytechnic
  • Rahmat Ingkadijaya Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57987

Keywords:

Kompensasi, Motivasi, Kepuasan Kerja

Abstract

Karyawan merupakan aset penting yang harus dikelola dengan baik agar dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan. Salah satu hal yang menjadi perhatian khusus adalah kepuasan kerja karyawan. Terdapat beberapa fenomena yang menarik dalam penelitian ini yaitu terkait indikasi turnover karyawan yang tinggi, kompensasi yang rendah dan tingkat kehadiran karyawan yang fluktuatif sehingga berdampak pada kepuasan kerja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kompensasi, motivasi terhadap kepuasan kerja. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang berasal dari sampel yaitu karyawan hotel. Data menggunakan sampel jenuh dengan menyebarkan kuesioner kepada 130 responden. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa; kompensasi dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kompensasi dan motivasi berpengaruh positif dan simultan terhadap kepuasan kerja karyawan. Saran dari peneliti untuk manajemen agar meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan memberikan fasilitas kerja, inovasi, penghargaan dan penyesuaian jumlah karyawan yang ideal.

Author Biographies

Rangga Anggara, Multimedia Nusantara Polytechnic

 

 

Rahmat Ingkadijaya, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

 

 

References

Amri, U. M. (2017). Pengaruh kepuasan kerja, stres kerja, dan komitmen organisasi terhadap turnover intention pada head office PT. Thamrin Brothers Palembang. . Jurnal Kompetitif, 6(1), , 109–128.

Firdaus, Y. S. (2019). Pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja pegawai. . Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 1(1), 1–14.

Hamali, A. (2018). Pemahaman manajemen sumber daya manusia strategi mengelola karyawan (1st ed.).

Hehahia, G. E. (2017). Kepuasan kerja karyawan di PT . Citra Maharlika Nusantara Corpora , Tbk . Cabang Bandung. . E-Proceeding of Management, 4(2), 1494–1502.

Kusumah, M. S. (2015). Pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Ampel Jaya di Surabaya . Jurnal Bisnis Indonesia, 6(2), , 149–162.

Marasigan, N. V. (2019). Employees satisfaction toward compensation and rewards. . International Journal of Recent Innovation in Academic Research, 3(9), 99–104.

Priansa, D. (2017). Manajemen Kinerja kepegawaian (dalam pengelolaan SDM) (1st edision). CV Pustaka Setia.

Rozzaid, Y. H. (2015). Rozzaid, Y., Herlambang, T., & Devi, A. M. (2015). Pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan (Studi kasus pada PT. Nusapro Telemedia Persada Cabang Banyuwangi). . Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2), , 201–220.

Sudarno, S. P. (2016). Effect of compensation, motivation and organizational climate on employee satisfaction: Study on PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. in Gedangan-Sidoarjo. . International Journal of Business and Management, 11(2), 212.

Sugiarto, T. H., & Sudibyo, J. (2015). Metodologi penelitian hospitality dan pariwisata. PT. Matana Publishing Utama. PT. Matana Publishing Utama.

Sugiyono. ((2017)). Metode penelitian kebijakan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian evaluasi) (1st ed.). CV Alfabeta. CV Alfabeta.

Tegar, N. (2019). Manajemen SDM dan karyawan (Strategi pengelolaan SDM dan karyawan dengan pendekatan teoritis dan praktis) (1st ed.). Quadrant. Quadrant.

Wangsa, R. (2016). Kepuasan kerja karyawan serta dampaknya pada kinerja karyawan ( Studi kasus pada PT . Daun Kencana Sakti ). . AGORA, 4(1), 710–719.

Downloads

Published

2023-03-24

Issue

Section

Articles