Penentuan Tarif Foto Prewedding untuk Keberlangsungan Puri Agung Singaraja sebagai Destinasi Wisata Bersejarah

Authors

  • Ngurah Bagus Sony Aditya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Yulianita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.58228

Keywords:

Penentuan Tarif, Prewedding, Puri Agung Singaraja, Destinasi Wisata Bersejarah

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penentuan tarif foto prewedding untuk keberlangsungan Puri Agung Singaraja sebagai destinasi wisata bersejarah, mengetahui manfaat diberlakukannya penentuan tarif dan mengetahui alasan masyarakat ingin melakukan foto prewedding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode wawancara langsung dengan beberapa narasumber. Hasil Penelitian menunjukan bahwa tidak terdapatnya pencatatan yang menerapkan metode akuntansi dalam menentukan tarif untuk foto prewedding pada Puri Agung Singaraja. Pencatatan dengan metode akuntansi perlu digunakan sebagai dasar dalam menentukan tarif dengan menilai biaya-biaya apa saja yang kemungkinan dikeluarkan untuk mengelola tempat prewedding. Tak hanya itu ketidakpahaman pengelola dalam menggunakan pencatatan dengan metode akuntansi akan menyebabkan ketidaksesuaian antara pemasukan serta pengeluaran yang ada serta menganggap bahwa pencatatan seperti itu tidak terlalu penting untuk digunakan. Oleh karena itu, tidak tersedianya pencatatan yang baik akan menghasilkan pengambilan keputusan yang tidak sesuai dengan keadaan serta akan berdampak dengan manfaat apa yang akan diterima oleh pengunjung sesuai dengan tarif yang ada. Pentingnya pencatatan tersebut sebagai informasi kepada pihak internal maupun eksternal tentang pengelolaan keuangan dan keberlangsungan usaha.

Author Biographies

Ngurah Bagus Sony Aditya, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

Ni Wayan Yulianita Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

References

Al-Furqoni, Rodifah (2020) Penentuan tarif sewa kamar hotel saat low season menggunakan metode cost plus pricing pendekatan full costing: Studi kasus pada Hotel Whiz Prime Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Surya Dinata, R., & Intan Pradnyanita, A. S. (2021). Foto prewedding bali dalam kategori wacana estetika postmodern. Senada (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 4, 123-129. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/588

Pangestuti, Dinik Fitri & Purbasari, Indah. (2019). Penentuan tarif layanan kesehatan gigi dan mulut dengan metode activity based cost system. Surya Medika: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. 14. 72. 10.32504/sm.v14i2.128.

Isnan, W. 2015. Teknik Perhitungan Tarif Masuk Kawasan Wisata Alam. Buletin Eboni. vol 12 no 1, 2015. https://doi.org/10.20886/buleboni.5055

Maksum, H. & Lambok, C. 2014. Biaya marginal tenaga listrik di wilayah Sumatera. Ketenagalistrikan dan Eneri Terbaharukan, vol 13, no 1, 2014. http://surl.li/frpnu.

Ajmi, D., & Iriyadi, I. (2018). Analisis penentuan tarif rawat inap dan perhitungan harga pokok pada klinik utama rawat inap dr. Yati Zarnudji. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 6(3), 227 - 238. https://doi.org/10.37641/jiakes.v6i3.303.

Sekaran dan Bougie. 2016. Penelitian kualitatif deskriptif. Tersedia pada http://repository.unpas.ac.id/37893/5/BAB%20III.pdf. Diunduh pada 16 Juli 2020.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Published

2023-03-24

Issue

Section

Articles