Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Singaraja Hotel
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i3.75571Keywords:
Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk menguji pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan di Singaraja Hotel, serta pengaruh kualitas layanan secara khusus terhadap kepuasan pelanggan di hotel Singaraja Hotel, dan pengaruh citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan di Singaraja Hotel. Metode penelitian yang pergunakan ialah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Subyek penelitian ini adalah pelanggan yang telah menginap di Singaraja Hotel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 130 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner dan metode pencatatan dokumen, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas layanan dan citra perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Singaraja Hotel, (2) kualitas layanan secara positif dan signifikan memengaruhi kepuasan pelanggan di Singaraja Hotel, dan (3) citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Singaraja Hotel.
References
Aswati, T., dkk. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Perusahaan Jasa Pengiriman di Kota Bandung). Acman: Accounting and Management Journal, 2(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.55208/Aj
Atmanegara, S. Y., dkk. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jsmbi (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia )9, 9(1), 79–89. Www.Budpar.Go.Id
Boone, L. E., & Kurtz, D. L. (2010). Contemporary Marketing 14th Edition. Canada: South Western.
Dewi, K. M., & Ariana, I. K. A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Bpd Bali Cabang Tohpati. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 556–567. Http://Pkm.Uika-Bogor.Ac.Id/Index.Php/Abdidos/Issue/Archive
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Spss. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm (9 Ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendrison, & Elfi Husda, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah pada Pt Asuransi Reliance Indonesia. Jurnal Magisma, 8(1), 34–42.
Jayananda, I. M. W., & Suarmanayasa, I. N. (2022). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam Dharma Sari Bumi Pagutan. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), 53–62.
Kotler, P., & Keller, L. (2009). Manajemen Pemasaran (13 Ed., Vol. 2). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, L. (2012). Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa: Benyamin Molan (Vol. 2). Jakarta: Erlangga.
Kurnia, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pt Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. Management And Business, 1(1). 1-10.
Lutfiyani, V., & Soliha, E. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan (Studi pada Kspps Bondho Ben Tumoto Semarang). Madic, 1(1), 62–69.
Meilani, L. A. (2019). The Effect of Service Quality and Corporate Image to Customer Satisfaction. Maro; Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 2(2), 143–152.
Partha, I. P. A. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Citra Perusahaan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah Lembaga Perkreditan Desa. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(4), 1151–1158.
Prayoga, D. W. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Layanan Bpjs Ketenagakerjaan Purwakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 69–77.
Puspasari, A., dkk. (2022). The Effect of Service Quality Perception and Company Image on Customer Satisfaction and Their Impact on Customer Loyalty Indihome. International Journal of Social and Management Studies (Ijosmas), 3(2), 220–233.
Rachmawati, S. A., & Noor, S. (2022). The Effect of Service Quality and Company Image on Tb Consumer Satisfaction in Maju City of Bandung. Costing: Journal Of Economic, Business and Accounting, 6(1), 732–738. www.alamatelpon.Com.
Subagiyo, R., & Budiman, A. (2019). Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan dan Saluran Distribusi terhadap Kepuasan Nasabah. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 5(2), 280–295. Http://Jurnal.Iain-Padangsidimpuan.Ac.Id/Index.Php/Attijaroh
Subantoro, B., & Wahyuati, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Citra Perusahaan terhadap Kepuasaan Pelanggan Grab di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(6), 1–19.
Sudarso, A. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta: Budi Utama.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhadang, K. (2010). Manajemen, Kiat Dan Strategi Periklanan. Bandung: Penerbit Nuansa.
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa, Indikator Kepuasan Pelanggan. Malang: Bayumedia.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction (4 Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ariyani, N. W. P., dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Handling Complaint, dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi di Pt. Sun Star Motors Mitsubishi Denpasar). Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1170–1178.
Yuvanda, M., & Satyakristi, N. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grabbike ( Studi Kasus pada Mahasiswa Stiesia ) Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(9), 1–18.
Zusmawati., dkk. (2023). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menabung. Economics And Digital Business Review, 4(1), 470–482.