Pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online pada Tokopedia di Bali

Penulis

  • Ni Luh Putu Budhiartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.39650

Kata Kunci:

kepercayaan konsumen, keputusan pembelian, viral marketing

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari viral marketing dan kepercayaan konsumen baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja online pada Tokopedia di Bali. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik quota sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 120 responden. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Viral marketing dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; (2) Viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; (3) Kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja online pada Tokopedia di Bali.

Referensi

Ananda, S. (2019). Pengaruh viral marketing dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian online shop berbasis aplikasi pada mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Sumatra Utara.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. (n.d.). Beberapa karakteristik penduduk menurut kabupaten/kota di Bali: Hasil sensus penduduk 2020. Retrieved March 23, 2021, from https://bali.bps.go.id/statictable/2021/04/12/173/beberapa-karakteristik-penduduk-provinsi-bali-menurut-kabupaten-kota-hasil-sensus-penduduk-2020.html

Ferdinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi,. tesis, dan disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, H., & Ayuningtiyas, K. (2018). Pengaruh kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian daring di aplikasi Bukalapak pada mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165.

Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh viral marketing, online consumer riviews dan harga terhadap keputusan pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).

Iprice.co.id. (n.d.). Peta e‑commerce Indonesia. Retrieved November 29, 2020, from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Irwansyah, M. R., Devi, S., & Dewi, L. G. K. (2019). The influence of viral marketing on online purchasing decisions of students. International Conference on Tourism, Economics, Accounting, Management, and Social Science (TEAMS 19), 111–116.

Jannah, A. N., & Widiyono, W. (2021). Pengaruh viral marketing dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian melalui media online Instagram (Studi Kasus pada Karyawan PT. Suryagita Nusaraya Di Jakarta). JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 103–108.

Jatiwinoto, J. (2018). Pengaruh viral marketing terhadap keputusan membeli melalui kepercayaan konsumen Swiwings Chicken Jember.

Jayani, D. H. (2019). Tren pengguna e-commerce terus tumbuh. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023

Kemp, S. (2020). Digital 2020 October global statshot report. We Are Social. https://wearesocial.com

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran. In Jakarta: Erlangga. Erlangga.

Kotler, Philipp, & Amstrong, G. (2012). Prinsip–prinsip pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga.

Lusito, R. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The influence of consumer trust and perceived value on consumer purchase decision of e-commerce in social media (study case in Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).

Lustono, & Cahyani, F. L. (2020). Pengaruh media promosi digital atau online dan viral marketing terhadap keputusan pembelian pada Belanjadolo Online Shop di Kecamatan Banjarnegara. Medikonis, 20(1), 11–24.

Martínez, P., & Del Bosque, I. R. (2013). CSR and customer loyalty: The Roles of trust, customer identification with the company and satisfaction. International Journal of Hospitality Management, 35, 89–99.

Maulana, T., & Susandy, G. (2019). The influence of viral marketing and price discounts through social media Instagram to purchase decision on marketplace Shopee. DIMENSIA (Diskursus Ilmu Manajemen STIESA), 16(2), 8.

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jilid 1. Edisi Kelima. In Jakarta: Erlangga (Vol. 90).

Priyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Zipatama Publishing.

Rayport, J. F. (1996). The virus of marketing. Fast Company. https://www.fastcompany.com/27701/virus-marketing

Safitri, Y. (2020). Pengaruh viral marketing dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada Bejos Milk Cafe di Kota Metro. Universitas Muhammadiyah Metro.

Sandi, K., Thoyib, S., & Christianingrum, C. (2020). Pengaruh viral marketing dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian online melalui media sosial Instagram pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung angkatan 2016-2018. Holistic Journal of Management Research, 1(1), 17–26.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Costumer behavior. International Edition. Prentice Hall.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku konsumen edisi revisi. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.

Situmorang, J. R. (2010). Pemasaran viral: Viral marketing. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. In Bogor: Ghalia Indonesia.

Taan, H. (2017). Perilaku konsumen dalam berbelanja. In Yogyakarta: Zahir Publishing. Zahir Publishing.

Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis pengaruh persepsi risiko, kualitas situs web, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce Shopee di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 1–11.

Diterbitkan

2022-08-04

Terbitan

Bagian

Articles