PERANAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DALAM MENINGKATKAN KINERJA COOK DI KITCHEN DEPARTMENT HOTEL HARPER PURWAKARTA BY ASTON

Authors

  • Willma Fauzzia Akpar BSI Bandung
  • Resma Rahmayani Akpar BSI Bandung
  • Rina Dwi Handayani Akpar BSI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.46858

Keywords:

Kitchen Department, Cook, SOP

Abstract

Hotel Harper Purwakarta By Aston merupakan salah satu hotel di kabupaten Purwakarta, salah satu bagian Hotel Harper Purwakarta yang memiliki peran besar yaitu kitchen department. Salah satu tugas pokoknya adalah mengolah, memproses, dan memasak makanan dari  bahan makanan mentah menjadi produk siap saji. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data-data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab cook di kitchen department Hotel Harper Purwakarta, peranan dan pengimplementasian SOP kitchen department Hotel Harper Purwakarta. Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa tugas dan tanggung jawab seorang cook di kitchen department Hotel Harper Purwakarta sangat dibutuhkan keberadaannya, yaitu melaksanakan pengolahan makanan di kitchen hotel. Di kitchen department terdapat beberapa peraturan yang harus dilaksanakan oleh seorang cook seperti melaksanakan SOP. Ada beberapa SOP yang belum dilaksanakan oleh seorang cook, seperti tidak memakai uniform yang sesuai dengan standard grooming dan mengolah makanan tidak sesuai dengan standard recipe.

References

Alamsyah, D. K. (2018). Penerapan standar operasional prosedur pada Food & Beverage Product khususnya di Section Breakfast Di Hotel Sheraton Senggigi Beach Resort. Universitas Mataram, 2(January), 50.

Andi Prayogi, M., Taufik Lesmana, M., & Hakim Siregar, L. (n.d.). Pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai.

Anggraini, F. D., & Ika, S. (2021). Dampak standar operasional prosedur terhadap kinerja karyawan dalam meningkatkan kualitas produk ( makanan ) serta kepuasan tamu di Hotel Yellow Star Ambarukmo. Mabha Jurnal, 2(1), 59–69.

Firdaus, Rizky , Andriani, R. (2014). Peranan cook di event kitchen hotel hyatt regency bandung. Jurnal Pariwisata, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31294/PAR.V1I1.182

Hab, N. L. (2014). Manajemen pelayanan berbasis SOP (Standar Operasional Prosedur) pada Bank BNI Syariah cabang Tangerang.

Hermawan, I., & Achmad, S. H. (2015). Tinjauan tentang pemakaian Cutting Board berdasarkan FSMS yang berlaku di Aston Braga Hotel & Residence Bandung. EProceedings of Applied Science, 1(3), 2467–2473. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/4262/0

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Khotimah, A. H. (2015). Organization structure compiling, job description and job specification at Cibiuk Restaurant, Depok. Desember, 8(2), 163.

Pratiwi, K. S., Rahmawati, P. I., & Andiani, N. D. (2019). Strategi Chef De Partie Hot Kitchen dalam meningkatkan kualitas makanan di Discovery Kartika Plaza Hotel. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jmpp.v2i1.22080

Prayoga, M., Lesmana, M., & Siregar, L. (2018). Pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(2), 665–670. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i2.186

Wijaya, H. (2020). Hengki Wijaya Analisis Data. 1–10.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles