PERAN MOTIVASI SEBAGAI PEMEDIASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA PURA MENGENING TAMPAKSIRING

Authors

  • Putu Diah Candraswari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Denok Lestari Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • I Made Darsana Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i3.84391

Keywords:

Electonic Word of Mouth, Daya Tarik Wisata, Motivasi Wisatawan, Keputusan Berkunjung, Pura Mengening Tampaksiring

Abstract

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, selain dengan meningkatkan kualitas daya tarik yang dimiliki, pemasaran melalui internet dan media sosial juga sangat perlu untuk dilakukan. Unggahan di sosial media baik berupa foto maupun video dan testimoni wisatawan diyakini dapat mempengaruhi motivasi serta keputusan berkunjung wisatawan lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran motivasi wisatawan sebagai pemediasi hubungan Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Pura Mengening Tampaksiring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi wisatawan.

References

Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis (Ed.1). ANDI.

Andreas, W. (2019). Metode penelitian menggunakan Smart PLS 03. Innosain.

Andrian, I. C., Jumawan, & Nursal, F. (2022). Perilaku konsumen. Rena Cipta Mandiri, 3(1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Ardiansyah, I., & Iskandar, H. (2023). Pengaruh motivasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Jakarta. Journal of Tourism and Education, 7(2), 1–12. https://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/eduturisma/article/view/1303

Ardiyanto, N. S., & Hari, S. (2016). Pengaruh produk wisata dan electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung (Studi pada pengunjung objek wisata Pantai Bondo Jepara). E-Journal Undip, 1–9.

Arida, N. S., & Adikampana, M. (2016). Pengembangan potensi wisata purbakala (heritage tourism) berbasis masyarakat di Das Pakerisan, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Analisis Pariwisata, 16, 1–7.

Bataineh, A. Q. (2015). The impact of perceived e-WOM on purchase intention: The mediating role of corporate image. International Journal of Marketing Studies, 7(1), 126–137. https://doi.org/10.5539/ijms.v7n1p126

Bulan, T. P. L., Erni, J., & Maitama, M. H. (2021). Daya tarik wisata, motivasi dan keputusan berkunjung di objek wisata Pantai Berawe. Jurnal Akuntansi Audit Dan Perpajakan Indonesia (Jaapi), 2(1), 115–123. https://doi.org/10.32696/jaapi.v2i1.733

Butarbutar, R. R., Wiratanaya, G. N., Rachmarwi, W., & Ganika, G. (2021). Pengantar pariwisata (W. B. PERSADA (Ed.); 1st ed., Issue June). https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=KfqZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pariwisata&ots=P4434At-pQ&sig=YzRh5Zjjba7QGT8MjglwO48XKCg

Cangur, S., & Ercan, I. (2015). Comparison of model fit indices used in structural equation modeling under multivariate normality. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 14(1), 152–167.

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2006). Business research methods (Ninth Edition). McGraw-Hill.

Fahmi, I. (2016). Perilaku konsumen, teori dan aplikasi. Alfabeta.

Fitriah, H., Ramdan, A. M., & Danial, R. D. D. M. (2022). Analysis of tourist attraction and motivation for visiting decision during pandemic. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(2), 628–633. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Fitroh, S. K. A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh atraksi wisata dan motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung (Survei pada pengunjung wisata alam Kawah Ijen). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 42(2), 18–25.

Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of Marketing Research, 18(1), 39–50.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep teknik dan aplikasi dengan program Smart PLS 3.0. Universitas Diponegoro Semarang.

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM scale: Word-of-mouth measurement scale for e-services context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23.

Hair, J. F., Anderson, R. E., Babin, B. J., & Black, W. C. (2010). Multivariate data analysis: A global perspective (Vol. 7). Pearson.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., Sarstedt, M., Danks, N., & Ray, S. (2021). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: A workbook. Springer.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073

Ismagilova, E., et al. (2017). Electronic word of mouth (e-WOM) in marketing context. Springer.

Indratno, D. L., Supardin, L., & Wiranto, E. (2022). Pengaruh electronic word of mouth, citra merek dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian di Matahari. Leli Indratno, 06(01).

Ismail, F. F., & Iriani, S. S. (2021). Pengaruh event pariwisata dan physical evidence terhadap keputusan berkunjung. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1360–1368. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1360-1368

Kartika, T., Yapari, S., Nengtiting, B., Septy Indrianty, Yahoocoid, Putri Yuliani, S., & Stiepar Yapari, A. (2017). The attractiveness effect on the motivation of tourist to visit Gandoriah Beach. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 2(2), 287–299.

Kotler, P. (2013). Manajemen pemasaran. Indeks-Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, P., & Armstrong. (2018). Prinsip-prinsip marketing (Edisi ke tujuh). Penerbit Salemba Empat.

Litvin, S. W., Goldsmith, R. E., & Pan, B. (2008). Electronic word-of-mouth in hospitality and tourism management. Tourism Management, 29(3), 458–468. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.05.011

Maulida, N., Normelani, E., & Adyatma, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi wisatawan berkunjung ke Museum Wasaka Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Geografi, 5, 37–39.

Nuraeni, B. S., Ferdinand, A. T., & Sufian, S. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjung ulang wisatawan museum Ranggawarsita Semarang (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Nursalam. (2016). Metodologi penelitian ilmu keperawatan. Selemba Medika.

Oktaviani, I., & Hanafia, F. (2022). Pengaruh e-WOM, lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian Kedai Kopi Jevera Coffee and Eatery. Jurnal Dimensi, 11(2), 282–297. https://doi.org/10.33373/dms.v11i2.4122

Priyanto, R., Widiartono, & Listyorini, S. (2016). Pengaruh produk wisata, destination image, dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 217–226.

Purwanto, H., Kadi, D. C. A., & Rismawati, G. (2021). Pengaruh daya tarik dan e-WOM terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung sebagai variabel intervening. Management and Business Review, 5(2), 251–264.

Putri, K. A. R., Mulyati, A., & Mulyati, E. (2023). Pengaruh motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada destinasi wisata Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 21(2), 139–148. https://doi.org/10.32697/jimb.v21n2.2397

Setiyorini, P., Yuliana, N. M., & Widyastuti, N. (2018). Pengaruh motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung dengan electronic word of mouth sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(1), 68–82.

Widyastuti, T., Mardiana, & Cahyono, E. (2017). Pengaruh motivasi dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 6(1), 55–68. https://doi.org/10.21831/jish.v6i1.13053

Yolanda, A. R., Subagiyo, E., & Hadi, S. (2021). Peran e-WOM dan motivasi dalam keputusan berkunjung wisatawan ke objek wisata Bukit Jaddih Bangkalan Madura. Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 91–100.

Zhang, Z., Ye, Y., & Zhang, G. (2021). The influence of e-WOM on destination image and tourist loyalty. Journal of Destination Marketing & Management, 19, 100535. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2021.100535

Published

2024-11-30