PENGARUH STRATEGI PROMOSI BERBASIS STUDY TOUR CAMPUS TERHADAP JUMLAH PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI DIVISI KAMAR REGULER

Authors

  • Ayu Dara Tista Politeknik Pariwisata Batam
  • Andri Wibowo Politeknik Pariwisata Batam
  • Arina Luthfini Lubis Politeknik Pariwisata Batam

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i3.85232

Keywords:

Promosi, Study Tour Campus, Penerimaan Mahasiswa Baru

Abstract

Pariwisata Batam memainkan peran strategis dalam mendukung dan mengembangkan sektor pariwisata Batam. Institusi ini memainkan peran penting dalam strategi promosi dengan memprogramkan Study tour campus sebagai kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulannya untuk menarik minat bagi calon mahasiswa baru reguler. Namun dalam 3 tahun terakhir, Jumlah mahasiswa baru semakin turun . penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Karena jenis data ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai wadah bagi responden. Strategi promosi berbasis study tour campus mempengaruhi jumlah penerimaan mahasiswa baru program studi divisi kamar reguler dengan hasil kontribusi variabel (X) strategi   promosi 75,3 % terhadap jumlah penerimaan mahasiswa baru (Y).

References

Abidin, Z., & Hamzah, A. (2024). Implementasi Strategi Marketing Mix di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tihamah Cirebon. Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 105–119. https://doi.org/10.38073/jimpi.v3i1.1629

Asikin, N., Pristiwasa, I. W. T. K., & Lubis, A. L. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Kamar di Beverly Hotel Batam. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 9(1), 101–116.

Danurdara, A. B., Siahaan, R. P., Karsuki, L., Choirudin, N. I., & Wanti, W. A. (2022). Strategi Promosi untuk Homestay di Desa Wisata Pager Harjo Kecamatan Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tourism Scientific Journal, 8(1), 114–118. https://doi.org/10.32659/tsj.v8i1.234

Google. (2024a). Batam Tourism Polytechnic. https://kfmap.asia/university/batam-tourism-polytechnic-15376

Google. (2024b). Batam Tourism Polytechnic. Google Map. https://www.google.com/maps/place/Batam+Tourism+Polytechnic/@1.108675,103.9761222,17z/data=!3m1!4b1!4m6!3m5!1s0x31d98b8c3000d93f:0xb494abfbba326192!8m2!3d1.108675!4d103.9786971!16s%2Fg%2F11b7vdx5px?entry=ttu&g_ep=EgoyMDI0MDkxOC4xIKXMDSoASAFQAw%3D%3D

Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882–897. https://doi.org/10.21512/bbr.v3i2.1271

Lubis, A. L., Supardi, Fatimah, Z., & Wibowo, A. (2024). Sosialisasi Ilmu Pengetahuan Hospitality Agar Menjadi Hotelier Profesional di SMAN 19 Batam. Jurnal Keker Wisata, 2(2), 224–236. https://doi.org/https://doi.org/10.59193/jkw.v1i1.93x

Mabruroh, S. K., Supardi, & Lubis, A. L. (2023). Pengaruh Instagram Terhadap Keputusan Pengunjung Untuk Berwisata ke Mega Wisata Ocarina Kota Batam. Jurnal Sistem Informasi & Manajemen, 11(3), 388–398.

Muhajir, A., & Bilgies, A. F. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Sinar Terang Gresik. ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari’ah, 5(2), 36–50. https://doi.org/10.52166/adilla.v5i2.3197

Parhusip, F. A., Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2023). Kinerja Karyawan Departemen Housekeeping Di Swiss-Belhotel Harbor Bay Batam Hasil Pelatihan Kerja. Jurnal Mekar, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.59193/jmr.v2i1.153

Rahman, A., Ariandi, F., & Octaviani, N. (2020). Pelaksanaan Strategi Promosi pada Yamaha Yefta 3 Motor Cabang Jati Asih Bekasi Pendahuluan. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(2), 1–8. https://jurnal.feb-umi.id/index.php/PARADOKS/article/view/198/121

Riau, P. P. K. (2022). Tentang Kepri. Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau. https://kepriprov.go.id/laman/tentang-kepri

Setiawan, S. K. I., Lubis, A. L., & Supardi, S. (2023). The Influence of 3A (Attractions, Accessibility, and Amenities) on Tourists’ Decisions to Visit Ciptaland Beach, Batam City. E-Journal of Tourism, 10(2), 287. https://doi.org/10.24922/eot.v10i2.108066

Sugiyono. (2018). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (A. Husnu Abadi, A.Md. (ed.); Issue March). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakart.

Sutabri, T. (2007). Sistem Informasi Manajemen (1st ed.). Penerbit ANDI.

Triyono, Dasmadi, & Ariestanto TNK, A. F. (2021). Pengaruh Promosi, Biaya, Fasilitas, Akreditasi, Dan Lokasi Universitas Boyolali Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 9(2), 220–229. https://doi.org/10.36596/ekobis.v9i2.460

Winny, Wibowo, A. E., & Lubis, A. L. (2024). The Influence of Location on the Decision To Stay at Swiss-Belhotel Harbor Bay. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 08(01), 302–318. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37484/jmph.080118 The

Wulanda, O. D., Wibowo, A., Lubis, A. L., & Fatimah, Z. (2023). Peran Komunikasi Interpersonal Front Office dalam Meningkatkan Pengalaman Tamu di Asialink Hotel By Prasanthy Batam. Jurnal Mekar, 3(1), 19–24. https://doi.org/https://doi.org/10.59193/jmr.v3i1.287

Published

2024-11-30