PENGARUH HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP REPURCHASE INTENTION DI COFFEE SHOP KOPI OZ OUTLET SITEBA KOTA PADANG

Authors

  • Indah Ayuni Universitas Negeri Padang
  • Pasaribu Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i3.86196

Keywords:

Harga, Store Atmosphere, Repurchase Intention, Coffee Shop

Abstract

Industri coffee shop adalah salah satu sektor makan dan minuman Indonesia yang terus berkembang setiap tahun. Dari banyaknya coffee shop yang mulai bermunculan di kota padang coffee shop Kopi Oz adalah satu yang terus berkembang. Dalam tiga tahun terakhir, mereka telah membuka lima cabang di kota Padang. Karena kedai kopi ini menjadi lebih populer, saya ingin mengetahui apakah faktor yang mempengaruhi keinginan untuk membeli kembali di kedai kopi ini. Oleh karena itu, saya melakukan penelitian dengan metode kuantitatif dengan judul pengaruh harga dan store atmosphere terhadap repurchase intention di coffee shop Kopi Oz outlet Siteba Kota Padang. Semua konsumen yang sudah pernah berkunjung dan melakukan pembelian di coffee shop kopi Oz outlet siteba adalah populasi pada penelitian, dan 120 konsumen yang dianggap telah memenuhi syarat akan dijadikan sampel penelitian. Dari penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil bahwa harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat membeli kembali sebanyak 11,7%, store atmosphere mempengaruhi niat membeli kembali sebanyak 18,6%, dan harga dan store atmosphere mempengaruhi niat membeli kembali sebanyak 24,2%.

References

Angie, A., Fahlevi, R., & Sinambela, F. A. (2023). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan terhadap coffee shop di kota batam. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(6), 1452-1462. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i6.26284

Suryani, C. D. and Kristiyani, D. N. (2021). Gaya hidup baru kaum muda gemar mengunjungi coffee shop (studi fenomenologi pada anak muda pengunjung coffee shop di kota salatiga). PRecious: Public Relations Journal, 1(2), 177-201. https://doi.org/10.24246/precious.v1i2.4769

Hatnaningtiyas, A. P. and Subari, S. (2022). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dine in di “mana kopi” sidoarjo. Agriscience, 3(2), 361-384. https://doi.org/10.21107/agriscience.v3i2.15536e

Alvianna, S., Husnita, I., Hidayatullah, S., Lasarudin, A., & Estikowati, E. (2021). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan panderman coffeee shop di masa pandemi covid-19. Journal of Management and Business Review, 18(2), 380-392. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.286

Rizal Hermawan, M. and Hadibrata, B. (2023). Pengaruh harga, promosi, suasana toko, kualitas layanan, citra merek terhadap keputusan pembelian coffee shop dengan sikap intervening. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(8), 780-795. https://doi.org/10.58344/locus.v2i8.1579

Putri, A. D., Prabawani, B., & Widayanto, W. (2023). Pengaruh store atmosphere terhadap revisit intention melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada coffee shop pijar: studi pada coffee shop pijar di tembalang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 70-80. https://doi.org/10.14710/jiab.2023.36949

Safitri, D., Nurikhsan, F., & indrianie, w. s. (2019). Fenomena coffe shop di kalangan konsumen remaja. Widya Komunika, 9(2), 137. https://doi.org/10.20884/1.wk.2019.9.2.1962

Simamora, V. and Sulistianingsih, I. (2022). The role of innovation and information technology capabilities in increasing the competitive advantage of msmes coffee shops in jakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal). https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5530

Prasetio Utomo, Fatasya Aulya Ngindana Zulfa, Fitriyah, & Sudarmawan, B. N. (2023). Influence of digital marketing and service quality on consumer preferences for coffee shops in malang city. Peradaban Journal of Economic and Business, 2(2), 190-206. https://doi.org/10.59001/pjeb.v2i2.107

Wang, T. and Ghalih, M. (2017). Evaluation of grey forecasting method of total domestic coffee consumption in indonesia. International Journal of Business and Economics Research, 6(4), 67. https://doi.org/10.11648/j.ijber.20170604.15

Published

2024-11-30