PENGARUH FASILITAS SERTA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DOMESTIK OBJEK WISATA TAMAN AIR TIRTAGANGGA

Penulis

  • Ni Luh Sintya Jayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.37309

Kata Kunci:

fasilitas, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan.

Abstrak

Abstrak

Studi ini bertujuan menguji pengaruh fasilitas serta kualitas pelayanan baik secara simultan ataupun parsial terhadap kepuasan pelanggan pada kalangan wisatwan domestik objek wisata Taman Air Tirtagangga. Teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Jumlah sampel dalam riset ini ialah 150 orang, metode sampel yang digunakan ialah metode purposive sampling dengan didasarkan pada kriteria tertentu. Hasil dari studi ini ialah (1) Fasilitas serta kualitas pelayanan memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan objek wisata Taman Air Tirtagangga pada kalangan wisatawan domestik, (2) Fasilitas memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan pelanggan pelanggan objek wisata Taman Air Tirtagangga pada kalangan wisatawan domestik (3) Kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan pelanggan pelanggan objek wisata Taman Air Tirtagangga pada kalangan wisatawan domestik .

Referensi

Aswad, S., Realize, & Wangdra, R. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pengguna air bersih masyarakat Kampung Air Batam Center. Jurnal Ilmiah Manajemen, 6(2), 77–85.

Ellitan, L., & Anatan, L. (2009). Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Praktis. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (13 ed.; B. Sabran, ed.). Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2013). Manajemen pemasaran jasa berbasis kompetensi (3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Mahmud, A., Jusoff, K., & Hadijah, S. (2013). The effect of service quality and price on satisfaction and loyalty of customer of commercial flight service industry. World Applied Sciences Journal, 23(3), 354–359.

Maryati, F., & Husda, N. E. (2020). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Holiday Hotel Di Kota Batam. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 19–26.

Maydiana, L. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada jasa cuci motor mandiri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2).

Michelle, & Siagian, H. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan Cafe Zybrick Coffee & Cantina. Agora, 7(1).

Oetama, S., & Sari, D. H. (2017). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, 3(1)

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung (The influence of service quality on customer satisfaction at JNE Branch in Bandung). Derema Jurnal Manajemen, 11(2).

Rutjuhan, A., & Ismunandar, I. (2020). Pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan: Studi kasus Mahfoed Life Gym. Pamator Journal, 13(1), 105–109.

Sammeng, A. M. (2001). Cakrawala pariwisata. Jakarta: Balai Pustaka.

Srijani, N., & Hidayat, A. S. (2017). Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di Aston Madiun Hotel & Conference Center. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1), 31–38.

Tjiptono, F. (2011). Service, quality and satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2013). Pemasaran jasa. Bandung: Bayumedia Publishing.

Tresiya, D., Djunaidi, D., & Subagyo, H. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kenyamanaan terhadap kepuasan konsumen (Studi pada perusahaan jasa ojek online Go-Jek di Kota Kediri). JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 208–224.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. , (2009).

Yoeti, O. A. (2003). Manajemen pemasaran hotel. Jakarta: Perea.

Yunita, M. (2018). Pengaruh pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Kopicie Jalan Gatot Subroto Kota Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(1), 13–21.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-14

Terbitan

Bagian

Articles