Pengaruh Iklan dan Citra Merek serta Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Produk Kopi Siap Minum dalam Kemasan Merek Nescafe
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.39647Kata Kunci:
citra merek, iklan, kepercayaan merek, minat beliAbstrak
Penelitian ini dilaksanakan untuk menguji pengaruh dari iklan dan citra merek serta kepercayaan merek secara simultan ataupun parsial terhadap minat beli produk kopi siap minum dalam kemasan merek Nescafe di Singaraja, dengan menggunakan rancangan penelitian kuantitatif kausal. Menggunakan teknik accidental sampling dalam penentuan sampel, dengan Jumlah sampel 100 orang responden. Instrumen dalam mengumpulkan data menggunakan kusioner dengan Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Iklan dan citra merek serta kepercayaan merek memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli kopi siap minum dalam kemasan merek Nescafe di Singaraja. (2) Iklan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli kopi siap minum dalam kemasan merek Nescafe. (3) Citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk kopi siap minum dalam kemasan merek Nescafe. (4) Kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli kopi siap minum dalam kemasan merek Nescafe.
Referensi
Achmad, H, S., & Hidayat, R. (2018). The effect of video advertisement by beauty vlogger on buying intention. International Journal of Accounting, Finance, and Economics, 1(1), (STKIP) SIngkawang. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/IJAFE/article/view/558
Aydin, G., Ar, A. A., & Taskin, Ç. (2014). The role of brand trust on parents’ purchase intentions of baby-care products. Doğuş Üniversitesi Dergisi, 15(2), 165–180. http://oaji.net/articles/2016/670-1459508064.pdf
Citranuari, S. J. (2015). Pengaruh kepercayaan merek, kesadaran merek dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian ulang. 129. https://core.ac.uk/download/pdf/33529171.pdf
Delgado, B. E., Alema, Munuera, L. J., & Yague Guillen, J. M. (2003). Development and validation of a brand trust scale. Journal of Market Research, 45(1), 18. https://www.researchgate.net/publication/264550157_Development_and_validation_of_a_trust_scale
Desi Arista, E., & Triastuti, S. R. (2011). Analisis pengaruh iklan, kepercayaan merek, dan citra merek terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi ASET, 13(1), 36604. http://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/71/45
Fandy, T. (2001). Srategi pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi Ofset.
Ferdinand, A. (2000). Structural equation modeling dalam penelitian manajemen: aplikasi model-model rumit dalam penelitian untuk Tesis S-2 dan Disertasi S-3. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferinadewi, E. (2008). Merek dan psikologi konsumen implikasi pada strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Henry, A. (2004). Consumen behavior : a strategic approach. USA: Houghton Miffin Company.
Huang, C.-C., Yen, S.-W., Liu, C.-Y., & Chang, T.-P. (2014). The relationship among brand equity, customer satisfaction and brand resonance to repurchase intention of cultural and creative industries in Taiwan. International Journal of Organizational Innovation, 6(3), 106–120. https://www.sbc.org.pl/dlibra/publication/291332/edition/275329/content?ref=desc
Keller, K. L. (1987). Memory factors in advertising: the effect of advertising retrieval cues on brand evaluations. Journal of Consumer Research, 14, 18.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (ed 12). Jakarta: Jakarta Indeks.
Kotler, P., & Kevin Lane, K. (2016). Marketing manajemen (Global version) (15th ed.). England: Pearson Education. Inc.
Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers’ trust in a brand and the link to brand loyalty. Journal of Market-Focused Management, 4, 341–370. https://link.springer.com/article/10.1023/A:1009886520142
Maleka, safiyya. (2014). Pengaruh iklan, brand trust, dan brand image terhadap minat beli konsumen studi kasus mie instan merek Indomie. Universitas Kristen Maranath, 109–110. http://repository.maranatha.edu/9671/
Putra, A. (2017). Pengaruh iklan dan kepercayaan merek terhadap minat beli. https://www.neliti.com/id/publications/133492/pengaruh-iklan-dan-kepercayaan-merek-terhadap-minat-beli-konsumen-studi-pada-tex
Rahma, E. S. (2007). Analisis pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap minat beli dan dampaknya pada keputusan pembelian. 1–84. http://eprints.undip.ac.id/17265/
Ratri, L. E. (2007). Strategi memenangkan persaingan pasar. Jakarta: Salemba Empat.
Rizky, M. F., & Hanifa, Y. (2014). Pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli perumahan obama pt. Nailah adi kurnia sei mencirim Medan. Tetrahedron Letters, 14(02), 143. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/182/126
Romadhona, R. N. N., Sudapet, I. N., & Subagio, H. D. (2018). Influence of packaging design, promotion and brand image on consumer buying interest (study case of consumers glek-glek tea nganjuk). IJIEEB : International Journal of Integrated Education, Engineering and Business, 1(2), 68–78. https://doi.org/10.29138/ijieeb.v1i2.762
Setiawaty, N. A. (2017). Pengaruh iklan, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap minat beli konsumen smartphone samsung galaxy series (studi kasus mahasiswa/i universitas gunadarma, depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(1), 96601. file:///C:/Users/putua/AppData/Local/Temp/1509-3480-1-SM.pdf
Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi & aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu (1st ed.). Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2001). Metode penelitian administrasi. Bandung: Cv. Alfabeta.
Sugiyono. (2006). Statistik untuk penelitian. Bandung: Cv. Alfabeta.
Sugiyono. (2007). Metode penelitian bisnis. Bandung: Cv. Alfabeta.
Swastha, B. (2009). Manajemen penjualan produk. Jakarta: Erlangga.
Tanoni, R. V. (2014). Pengaruh iklan terhadap niat beli konsumen melalui citra mereK dan sikap pada minuman isotonic Mizone di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1(2), 1–7. http://journal.wima.ac.id/index.php/KAMMA/article/view/311/284
Veronika. (2016). Pengaruh iklan dan brand image terhadap minat beli konsumen, dengan brand image sebagai variabel mediasi. https://repository.usd.ac.id/5929/2/122214064_full.pdf