Analisis Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Remaja Kuring Serpong
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v4i2.43909Kata Kunci:
Kualitas Produk, Restoran, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian di restoran Remaja Kuring Serpong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asositif kausual dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner dengan responden sebanyak 400 responden. Penelitian ini menggunakan pengujian analisis seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji T, uji F, regresi linear berganda dan koefisien determinasi. Hasil uji Validitas dan Reliabilitas, untuk masing-masing indikator pernyataan adalah valid dan reliabel. Sedangkan untuk hasil Uji T (secara parsial) dan dan Uji F (secara simultan) bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian Kemudian untuk Uji Koefisien determinasi (R2) berdasarkan hasil untuk variabel kualitas produk memiliki hubungan terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 0.705 atau 70.5% yang berarti adanya pengaruh yang sangat kuat antara variabel Kualitas Produk (X) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Saran yang diberikan dalam penelitian ini meskipun kualitas produk yang di miliki restoran Remaja Kuring Serpong memiliki nilai yang baik namun peneliti menyarankan agar restoran Remaja Kuring Serpong kedepannya dapat mempertahankan bahkan meningkatkan lebih lagi kualitas produk yang dimiliki agar semakin banyak konsumen yang melakukan pembelian produk makanan di restoran Remaja Kuring Serpong.
Referensi
Abdullah, D., Hamir, N., Nor, N., Mardhiah, A., & Rostum, M. (2018). Kualitas Makanan , Kualitas Pelayanan , Keadilan Harga dan Restoran Kualitas Pangan , Kualitas Pelayanan , Keadilan Harga dan Restoran Re-Patronage Maksud : Mediasi Peran Kepuasan Pelanggan. 8(17), 211–226.
Adiningsih, Isworo, S., & Sumarni. (2005). Hubungan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Telaah Bisnis, 6, 1–18.
Afriyanti, S., & Rasmikayati, E. (2017). Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen Dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi Di Jatinangor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 3(3), 480–497. https://doi.org/10.25157/jimag.v4i3.818
Andriani, R., & Permana, D. (2017). Prosedur Standar Operasional Pelayanan Dinner Di Gardenia Restaurant Amaroossa Hotel Bandung. Jurnal Kajian Ilmiah, 17(3), 119–126.
Atmojo, M. W. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. Andi.
BPS, & BI. (2020). Dataindustri Research. https://www.dataindustri.com/produk/tren-data-pertumbuhan-industri-penyediaan-makanan-minuman-restoran-dan-sejenisnya/
Djimantoro, J., & Gunawan, V. C. (2020). Pengaruh E-Wom, Kualitas Makanan Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Makan Kakkk Ayam Geprek. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, X(X), 187–196.
Fakhrudin, A. (2019). Pengaruh Kewajaran Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Penumpang Maskapai Citilink Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 55–72. https://doi.org/10.18196/mb.10168
Gaman, P. M., & Sherrington, K. B. (1996). The Science Food (4th ed.). Butterworth-Heinemann.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, & Penangsang, P. (2017). Analisis Pengaruh Sektor Perdagangan, Hotel, dan Restoran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2(2), 317–334. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jeb17.v2i01.1101
Hanaysha, J. (2016). Testing the effects of food quality, price fairness, and physical environment on customer satisfaction in fast food restaurant industry. Journal of Asian Business Strategy, 6(2), 31–40. https://doi.org/10.18488/journal.1006/2016.6.2/1006.2.31.40
Hungu. (2007). Demografi Kesehatan Indonesia. Grasindo.
John, N., & Antony, H. (1998). Customer expectations versus perceptions of service performance in the foodservice industry. International Journal of Service Industry Management, 9(3), 248–265.
Kivela, J., Reece, J., & Inbakaran, R. (1999). Consumer research in the restaurant environment. Part 2: Research design and analytical methods. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 11(6), 269–286. https://doi.org/10.1108/09596119910281766
Kotler, P. (2000). Prinsip-prinsip Pemasaran Manajemen. Prenhalindo.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid (12th ed.). Erlangga.
Kurnianingsih, W., & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Skripsi Respositari, 1(1), 510–524.
Lestari, W. S., & Yusuf, A. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak Jongkok Karawang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 1–8.
Munandar. (2001). Industrial and Organizational Psychology. Universitas Indonesia.
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (2009). Undang-undang No. 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 11 Tahun 2014 tentang Standar Usaha Restoran.
Namkung, Y., & Jang, S. C. (2007). Apakah Kualitas Makanan Penting di Restoran? Dampaknya Pada Pelanggan Kepuasan dan Niat Perilaku. Jurnal Penelitian Perhotelan & Pariwisata, 31, 387. https://doi.org/10.1177/1096348007299924
Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Nurmada, R. A., Komariah, K., & Ramdan, A. M. (2021). Keputusan Pembelian Berdasarkan Promosi dan Citra Merek. BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, 2(2), 510–517. https://doi.org/10.31539/budgeting.v2i2.1748
Peter, P. J., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Terjemahan Oleh Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat.
Popesku, J. (2016). Menadžment turističke destinacije. Univerzitet Singidunum.
Pratama, D. F., & Chaniago, H. (2017). Pengaruh Gender Terhadap Pengambilan Keputusan di Lingkungan Kerja. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(3), 57. https://doi.org/10.35697/jrbi.v3i3.945
Purwaningdyah, S. W. S. (2019). Pengaruh electronic word of mouth dan food quality terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73–80. https://doi.org/10.28932/jmm.v19i1.1849
Qin, H., Prybutok, V. R., & Zhao, Q. (2009). Perceived service quality in fast-food restaurants: Empirical evidence from China. International Journal of Quality and Reliability Management, 27(4), 424–437. https://doi.org/10.1108/02656711011035129
Ramadhan, H., & Maulana, A. I. (2019). Effect of Lifestyle, Quality Products, Price, and Halal Labelling to Buying Decisions. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3312178
Sekaran, Uma, & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian (6th ed.). Salemba Empat.
Soekresno. (2000). Management Food and Beverage, Service Hotel. PT Gramedia Pustaka.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulek, J. M., & Hensley, R. L. (2004). The relative importance of food, atmosphere, and fairness of wait: The case of a full-service restaurant. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, 45(3), 235–247. https://doi.org/10.1177/0010880404265345
Suprayitno, A., Rochaeni, S., & Purnomowati, R. (2015). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Gado-Gado Boplo (Studi Kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan). Agribusiness Journal, 9(2), 177–214. https://doi.org/10.15408/aj.v9i2.5293
Susanto, V. Y. (2020). Sepanjang 2019, devisa sektor pariwisata mencapai Rp 280 triliun. Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/sepanjang-2019-devisa-sektor-pariwisata-mencapai-rp-280-triliun
Sutrisna, Tria. (2020). UMK Tangsel 2021 Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Kecewa Lebih Rendah dari Usulan. Kompas.com. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/11/22/06005951/umk-tangsel-2021-naik-jadi-rp-42-juta-buruh-kecewa-lebih-rendah-dari?page=all
Wijaya, W. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. October 2017. https://doi.org/10.5281/zenodo.1484658
Yulianti, Y., & Deliana, Y. (2018). Gaya Hidup Kaitannya dengan Keputusan Konsumen dalam Membeli Minuman Kopi. Jurnal AGRISEP, 17(1), 39–50. https://doi.org/10.31186/jagrisep.17.1.39-50