Analisis Persepsi Pengunjung Kebun Raya Bali menggunakan Importance-Performance Analysis
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v4i2.44022Kata Kunci:
Persepsi, Kebun Raya Bali, Importance Performance AnalysisAbstrak
Pandemi covid 19 memaksa daya tarik wisata untuk memberikan kualitas layanan yang dapat memuaskan pengunjung tidak terkecuali Kebun Raya Eka Karya Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan pengunjung Kebun Raya Berdasarkan 100 sampel yang dikumpulkan penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif, tingkat kepuasan pengunjung (CSI), gap analysis, dan analisis kepentingan-kinerja (IPA). Hasil penelitian membuktikan pengunjung merasa puas dengan kinerja pelayanan yang diberikan oleh pihak Kebun Raya Eka Karya Bali dengan nilai CSI 81,65%. Terdapat atribut dari kualitas pelayanan yang memerlukan perhatian untuk diperbaiki dan tingkatan. Hasil analisis gap dan diagram kartesius atribut area parkir roda dua dan empat, Tourist Information Centre, fasilitas toilet, fasilitas taman flora, tempat atau bak sampah dan harga paket wisata. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan prioritas utama yang perlu mendapatkan perhatian karena belum sesuai harapan adalah kemudahan mencapai lokasi serta perbaikan pada kualitas layanan sumber daya manusia.
Referensi
Adhayanti, H., & Aprilliyani, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung dii Agrowisata Loco Antik Pg Pangka Kabupaten Tegal. Jurnal Visi Manajemen (JVM), 3(2). Https://Doi.Org/95
Anggarani, N. P. D., & Arida, I. N. S. (2018). Implementasi Management Krisis Pariwisata Pada Kebun Raya Eka Karya Bali. JURNAL DESTINASI PARIWISATA, 6(1), 184. Https://Doi.Org/10.24843/Jdepar.2018.V06.I01.P28
Aryawan, I. M. P. (2021). Kunjungan Libur Lebaran Tembus 20 Ribu Wisatawan, Kebun Raya Bedugul Masih Jadi Primadona di Bali. Tribun-Bali.Com. Https://Bali.Tribunnews.Com/2021/05/16/Kunjungan-Libur-Lebaran-Tembus-20-Ribu-Wisatawan-Kebun-Raya-Bedugul-Masih-Jadi-Primadona-Di-Bali
Asih, N. P., Sudirga, I. G., & Tirta, I. G. (2021). The Diversity, Distribution And Conservation Of Bali’s Medinilla In Eka Karya Bali Botanical Garden. Jurnal Wasian, 8(2), 103–113. Https://Doi.Org/10.20886/Jwas.V8i2.6286
Azzahra, A., & Pujani, L. P. K. (2018). Strategi Promosi Bali Treetop Adventure Park Di Kebun Raya Eka Karya Bali, Bedugul, Kabupaten Tabanan. JURNAL DESTINASI PARIWISATA, 5(2), 362. Https://Doi.Org/10.24843/Jdepar.2017.V05.I02.P29
Baihaqi, M. H. (2019). Pengaruh Citra Destinasi, Pengalaman Berkunjung Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pengunjung (Studi Pada Pengunjung Objek Wisata Pantai Kartini Kabupaten Jepara). Http://Lib.Unnes.Ac.Id/39767/
Cahyono. (2020). Analisis Potensi Dan Pengembangan Objek Wisata Di Kabupaten Ngawi Tahun 2019. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/86277/
Haq, F. U. (2020). PENGGUNAAN GOOGLE REVIEW SEBAGAI PENILAIAN KEPUASAN PENGUNJUNG DALAM PARIWISATA. Tornare: Journal Of Sustainable And Research, 2(1), 10–12. Https://Doi.Org/10.24198/Tornare.V2i1.25826
Nasution, L., Aknuranda, I., & Rachmadi, A. (2018). Evaluasi Situs Web Pemerintah Menggunakan Metode Webqual Dan Importance-Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus: Situs Kecamatan Lowokwaru-Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(11), 4377-4384. Diambil Dari Https://J-Ptiik.Ub.Ac.Id/Index.Php/J-Ptiik/Article/View/2911
Oktaviani, R. W., & Suryana, R. N. (2016). Analisis Kepuasan Pengunjung Dan Pengembangan Fasilitas Wisata Agro (Studi Kasus Di Kebun Wisata Pasirmukti, Bogor). Jurnal Agro Ekonomi, 24(1), 41–58. Https://Doi.Org/4724
Padma, P. (2016). Strategic Quadrants And Service Quality: Tourist Satisfaction In Portugal. Quality Management Journal, 23(2), 57–70. Https://Doi.Org/10.1080/10686967.2016.11918471
Prabowo, H. (2019). Laporan Kinerja Tahun 2019 Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya “Eka Karya Bali.” 7(7), 1–5. Https://Drive.Google.Com/File/D/1rbg5e1spemqhp3xlfrkg_8g7da24tarq/ View
Redaksi. (2021). Terima Kunjungan Wisatawan, Kebun Raya Bali Masih Berlakukan Fase I. Bisnis Bali. Http://Bisnisbali.Com/Terima-Kunjungan-Wisatawan-Kebun-Raya-Bali-Masih-Berlakukan-Fase-I/
Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116–126. Https://Doi.Org/10.33653/Jkp.V6i2.317
Syukhri, S. (2018). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Laboratorium Jaringan Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 109–114. Https://Doi.Org/10.24036/Invotek.V18i2.417
Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business To Customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1). Https://Doi.Org/2224
Wirawan, I. G. N. P. D., & Pendit, I. M. R. (2017). Penerapan Tri Hita Karana Dalam Harmonisasi Konservasi Dan Budaya Di Daya Tarik Wisata Kebun Raya Bali. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 4(1), 18–32. Https://Doi.Org/10.24843/Jumpa.2017.V04.I02.P02
Https://Doi.Org/10.24843/Jumpa.2017.V04.I02.P02