Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Jerawat Merek Acnes di Kota Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.45147Kata Kunci:
celebrity endorser, keputusan pembelian, kualitas produkAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk obat jerawat merek Acnes di Kota Singaraja. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif yang bersifat kausal, dimana konsumen yang menggunakan obat jerawat merek Acnes di Singaraja sebagai subjek penelitian. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuesioner. Untuk metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini yaitu : 1) celebrity endorser dan kualitas produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian obat jerawat merek Acnes di Kota Singaraja. (2) celebrity endorser memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian obat jerawat merek Acnes di Kota Singaraja. (3) kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian obat jerawat merek Acnes di Kota Singaraja.
Referensi
Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh gaya hidup konsumtif dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisma dan Manajemen Islam, 8(1), 17-27.
Amron, A. (2018). The influence of brand image, brand trust, product quality, and price on the concumer's buying decision of MPV cars. European Scientific Journal, 14(13), 228-239.
Bramantya, Y. B., & Jatra, M. (2016). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian Yamaha Jupiter MX di kota Denpasar. Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 1746-1771.
Darojat, T. A. (2020). Effect of product quality, brand image and life style against buying decision. Journal of Management Science, 3(2), 51-57.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas di Ponegoro.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip- prinsip pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, L. (2012). Manajemenp pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Laila, E. J., & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian jilbab rabbani di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 6(1), 1-9.
Markplus.inc. (2020, Agustus). ZAP beauty index . Retrieved September 10, 2021, from www.zapclinic.com: https://zapclinic.com/zapbeautyindex/2020
Munandar, & Chadafi. (2016). Pengaruh harga, celebrity endorse, kepercayaan, dan psikologi terhadap keputusan pembelian online shop di media sosial Instagram. Jurnal Visioner dan Strategis, 5(2), 1-8.
NapoleonCat. (2021, September). Instagram user in Indonesia. Retrieved Oktober 2, 2021, from www.napoleoncat.com: https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2021/09
Nurlitasanti, F., & Yoestini, Y. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk, saluran distribusi, dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada pengguna masker wajah Mustika Ratu di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1-10.
Pangastuti, J., Sudjiono, & Prastiti, E. (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadaap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah pada counter Wardah di Borobudur Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 69-84.
Salere, S., Munir, A. R., & Hamid, N. (2019). The effect of celebrity endorser and halal brand image on customers’ purchasing decisions of Wardah Cosmetics. Advances in Economics, Business and Management Research, 92, 454-464.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi aspek tambahan komunikasi pemasaran (5 ed.). Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian bisnis (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta CV.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran (2 ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Utami, A. T., & Ellyawati, J. (2021). Peran citra merek, celebrity endorser, kualitas produk dalam keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 22(1), 140-150.