PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN WARUNG NYOMAN LOVINA

Penulis

  • I Kadek Nova Adi Permana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Cipta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.46602

Kata Kunci:

direct marketing, keputusan pembelian, dan kualitas pelayanan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Direct Marketing terhadap keputusan pembelian secara simultan dan secara parsial pada Restoran Warung Nyoman Lovina. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Sampel yang digunakan adalah konsumen Restoran Warung Nyoman Lovina yang berjumlah 125 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dan dianalisis dengan analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) kualitas pelayanan dan direct marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) direct marketingberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian

Referensi

Adillia Nur Fadillah, H. K. (2021). Pengaruh direct marketing terhadap keputusan pembelian impulsif Pizza Hut Deliver. Jurnal Manajemen, Vol. 13 (1) 2021, 1-6.

Algifari. (2016). Mengukur kualitas layanan dengan indeks kepuasan, metode Importance Performance Analysis (IPA) dan model Kano. Yogyakarta: BPFE.

Anna Fitria, I. H. (2017). Pengaruh bauran pemasaran, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Kupunya Rumah Mode . Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 4, April 2017, 1-17.

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Australia:

Pearson. Jakarta: Erlangga.

Dhamesta & Handoko, Manajemen pemasaran: Analisis prilaku konsumen. Yogyakarta: BPFE

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasibuan, C. F. (2020). The Measurement Of Customer Satisfaction Towards The Service Quality At Xyz Wholesale By Using Fuzzy Service Quality Method. IOP Conf. Series: Materials Science And Engineering (2020) , 1-6.

Indriantoro, (2013). Metode penelitian bisnis untuk akuntasi & manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Julian Aryandi, O. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB) Volume1, Nomor 1, 117-127.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller, K. L. (2007). A framework for marketing management. Jakarta: Erlangga

Regina Ramadani Yalanda, A. H. (2019). Pengaruh direct marketing terhadap keputusan pembelian kopi arabika Malabar Mountain Coffee. Performance. Volume 26, Nomor 1, 27-38.

Santika, (2020). Pengaruh persepsi harga, direct marketing promosi dan kualitas pelayanan terhadap niat beli paket wisata Bali di biro tour dan travel Pt. U & I Holidays. Values, Volume 1, Nomer 3, 28-37.

Schiffman Dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Sofjan, A. (2012). Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Value. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suri Amilia, M. O. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.6, No.1, 660-669.

Swasta, Basu, Sukotjo, Ibnu W. 2000. Pengantar bisnis modern. Yogyakarta: BPFE

Swastha, B.D.H. (2007). Azas-azas marketing. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategi (2nd Ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tjiptono. 2008. Strategi bisnis pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Ukaj, F. (2016). Direct marketing: An imperative in building effective comunication in hospitality enterprises. European Scientific Journal, 12(10), 240–248

Yolamita, J. S. (2018). Pengaruh kualitas produk dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian di Galeri Aska Tulungagung. Jurnal Aplikasi Bisnis, Volume 4, Nomor 2, 313-317.

Zoë T. Plakias, I. D. (2019). Direct marketing channel choices among US farmers: Evidence from the local food marketing practices survey. Renewable Agriculture And Food Systems, 475-589.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-14

Terbitan

Bagian

Articles