STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PRAMUSAJI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI FIRE RESTAURANT W BALI - SEMINYAK

Penulis

  • Susi Purniasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dini Andiani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.46717

Kata Kunci:

Strategy, Service Quality, Waiter

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan strategi apa saja yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pramusaji di masa pandemi Covid-19 di Fire Restaurant W Bali, Seminyak. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai instrumen pengambilan data. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa kendala seperti sistem operasional, masalah keuangan, dan keterbatasan kemampuan berbahasa asing. Untuk mengatasi kendala tersebut, maka dilakukan beberapa strategi yaitu, Dry eight night service training, penerapan SOP, menangani tamu complaint, dan pemberian penghargaan.

 

Kata kunci: Strategi, Kualitas Pelayanan, Pramusaji

Referensi

Abdul, Halim. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol.9 No.2, Desember 2012.

Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen pemasaran (1st ed). Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

David, Fred R. (2006). Manajemen strategis: Konsep. Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Dunnette. (1976). Keterampilan pembukuan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Endar, S. dan Sulartiningrum, S. (1996). Pengantar industri akomodasi dan restoran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, F. (2017). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Gordon, D.B. (1994). Management system information. Jakarta: PT. Midas Surya Grafindo

Johnson, G., Scholes, K., & Whittington, R. (2005). Exploring Corporate Strategy (7nd ed.). London: Prentice Hall.

Kasmira, K., Alyas, A., & Sudarmi, S. (2020). Strategi pemerintah dalam pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 1(3), 818-833.

Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif RI. (2021). Tren pariwisata Indonesia di tengah pandemi. Di akses pada tanggal 15 April 2022 di https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi

Kotler, P. T. (2019). Marketing management, 4th european edition. UK: Pearson

Marsum W A. (2005). Restoran dan segala permasalahanya. Yogyakarta: Andi Offset.

Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia No.11 Tahun 2014 Tentang Standar Restoran.

Rangkuti, F. (2016). Teknis membedah kasus bisnis analisis SWOT: Cara perhitungan bobot, rating dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rumekso. (2004). Housekeeping hotel. Yogyakarta: Yogyakarta Andi Offset.

Soekresno. (2001). Manajemen food & beverage service hotel. Jakarta: Gramedia

Arikunto, S. (2006). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sulistyowati, E. (2018). Meningkatkan keterampilan dan hasil belajar bahasa Indonesia tentang menulis surat resmi melalui contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas VI SD 6 Getassrabi. Ino Pendas Jurnal Ilmiah Kependidikan 2 (1).

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic management and business policy. New York: Pearson.

Wibisono, D. (2006). Manajemen kinerja. Erlangga

Wikantini, I. A., & Andiani, N. D. (2020). Strategi peningkatan keterampilan pramusaji di makase restaurant. JMPP, Vol. 3, No. 2. https://doi.org/10.23887/jmpp.v3i2.28992

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-14

Terbitan

Bagian

Articles