Strategi Promosi Pesona Alam Desa Lemukih Berbasis Media Digitalisasi

Pesona alam Desa Lemukih, Kendala Promosi, Strategi promosi berbasis media digitalisasi

Penulis

  • Gede Nanda Afrivania Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Putra Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Ary Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.46732

Kata Kunci:

Pesona Alam, Strategi Promosi, Digitalisasi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Dengan membahas rumusan masalah tentang pesona alam yang terdapat di desa lemukih, kemudian untuk mengetahui kendala dalam promosinya, serta yang terakhir adalah strategi promosi pesona alam yang terdapat di Desa Lemukih dengan menggunakan media digitalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana akan menghasilkan data berupa penjelasan terperinci secara deskripsi. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara untuk mengetahui pesona alam Desa Lemukih, Kendala promosinya, serta Strategi promosi berbasis media digitalisasi, observasi guna mengetahui potensi pesona wisata alam untuk mendukung data yang diperoleh dari narasumber, dan dokumentasi untuk mendukung data secara visual. Narasumber yang diambil pada saat wawancara adalah kepala desa Desa Lemukih dan juga ketua unsur pariwisata (Pokdarwis) Desa Lemukih juga didukung dengan observasi dan dokumentasi sehingga dapat menghasilkan data yang aktual dan faktual. Hasil dari penelitian ini adalah yang pertama yaitu dijabarkannya pesona wisata alam yang ada di Desa Lemukih, kedua yaitu diketahui kendala dalam promosinya, dan ketiga strategi promosi pesona alam berbasis media digitalisasi.

Kata Kunci:  Pesona Alam, Strategi Promosi, Digitalisasi

Referensi

Ariyani, Ratu Sanny. 2013. Studi deskriptif kinerja di masing-masing bagian di lembaga penjaminan mutu pendidikan Provinsi Jawa Barat. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. diakses pada tanggal 28 Februari 2022.

Budio, Sesra. 2019. “Strategi manajemen sekolah. Jurnal Menata, Vol 2 No 2. tersedia pada https://123dok.com/document/q27vk5ry-jurnal-menata-volume-desember-strategi-manajemen-sekolah-sesra.html. diakses pada tanggal 14 Februari 2022

Buditiawan, Kristian dan Harmono. 2020. Strategi pengembangan destinasi pariwisata kabupaten Jember. Jurnal Kebijakan Pembangunan, Vol 15, No 1. tersedia pada https://jkpjournal.kalselprov.go.id/index.php/menu/article/view/50. Diakses pada tanggal 19 Februari 2022.

Devy, Angga H. dan Soemanto, R.B. 2017. Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar. DILEMA, vol 32, no 1. Tersedia pada https://web.archive.org/web/20180520094214id_/https://jurnal.uns.ac.id/dilema/article/viewFile/11194/pdf. Diakses pada tanggal 19 Februari 2022.

Ekayani, N. P. H., Rideng, I W., dan Lemes, I N. 2014. Peranan desa pakraman Lemukih dalam pengelolaan pariwisata di Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Kertha Widya, Vol 2 No 2. tersedia pada https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/KW/article/view/439/364 diakses pada tanggal 10 April 2022.

Fajar, N. M. A. P. ., Diasa, I. W., & Adiandari, A. M. (2021). Pengembangan Desa Wisata Taro berbasis digital marketing sosial media. Penamas: Journal of Community Service, 1(2), 116–124. https://doi.org/10.53088/penamas.v1i2.241

Farida, Lea Emilia and Isnawati, Isnawati. 2018. Strategi pengembangan potensi wisata pulau Bokori Provinsi Sulawesi Tenggara. In: Seminar Nasional ASBIS 2018, 7 November 2018, Banjarmasin, Indonesia

Farida, Nugrahani. 2014. Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Solo: Cakra Books.

Iryana. 2020. Teknik Pengambilan Data metode kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/2myn7

Madubun, R., & Latupapua, Y. 2021. Potensi daya tarik dan strategi pengembangan Pulau Baer sebagai objek wisata alam di Desa Dullah Laut Kota Tual. Jurnal hutan pulau-pulau kecil, 5(2), 152-162. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jhppk/article/view/4589

Maysita, Fanny dan Sudharhono, Arief. 2020. Strategi Pengembangan potensi wisata alam Gunung Teletubis di Desa Gililana Kabupaten Morowali Utara. Jurnal Ilmiah Kehutanan, Vol 8, No 4. Tersedia pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/WartaRimba/article/view/18227/12513. Diakses pada tanggal 21 Februari 2022.

Muliani, Cica. 2018 Pelaksanaan strategi pengembangan objek wisata alam Citumang oleh Perum Perhutanan Kesatuan Pemangkuan Hutan Ciamis. http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i2.1417

Osin, Rosvita Flaviana dan Purwaningsih, Ni Komang. 2020. Peran generasi millenial dalam pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal. JIMB: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol 5 No 2. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2690. Diakses pada tanggal 22 Februario 2022.

Puspawati, Putu Henny & Ristanto, R. (2018). Strategi promosi digital untuk pengembangan pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1-20. Retrieved from http://jurnal.magelangkota.go.id/index.php/cendelainovasi/article/view/14.

Puspita, Nanda. 2019. Strategi Pengembangan Kawasan Wisata di Kabupaten Nias Selatan. Kajian, Vol 24 No 2, http://dx.doi.org/10.22212/kajian.v24i2.1864.

Sudiksa, Nyoman, Ariani, Risa Panti, dan Suriani, Ni Made. 2017. Pengembangan paket wisata alam di Desa Lemukih Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Jurnal Bosaparis, Vol 8 No 2, https://doi.org/10.23887/jjpkk.v8i2.13130.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Suryani, Ade I. 2016. Strategi pengembangan pariwisata lokal. Jurnal Spasial: Penelitian, Terapan Ilmu Geografi, dan Pendidikan Geografi, vol. 5, no. 1, doi:10.22202/jsl.2016.v%25.i1.1595

Diterbitkan

2022-08-04

Terbitan

Bagian

Articles