Atribut Guest activities sebagai Daya Tarik Taman Simalem Resort

Penulis

  • Liyushiana Politeknik Pariwisata Medan
  • Bahagia Tondang
  • Elisabeth G. Sibarani
  • Gianny Sri Rejeki Sihombing
  • Ersya Permata Sari
  • Winda Azzahra Siregar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.49754

Kata Kunci:

Daya Tarik, Guest Activities, Hotel, Resort

Abstrak

Industri perhotelan saat ini telah berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat untuk memenuhi aktivitasnya yang mana hal ini didukung dengan semakin kondusifnya kondisi saat ini. Hal ini tentunya memberikan kesempatan besar bagi para pengelola usaha di bidang ini untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan memberikan variasi kegiatan kepada tamu selain dari produk utama yang dimiliki Hotel yang tentunya akan memberikan daya tarik tersendiri pada pengunjung dan dapat mempertahankan eksistensi di tengah persaingan. Taman Simalem Resort merupakan salah satu Hotel yang menawarkan berbagai variasi kegiatan (Guest Activities) kepada tamu yang menjadi produk tambahan bagi tamu hotel selain dari pada kamar serta produk makanan dan minuman. Sebagai salah satu penginapan dengan lokasi yang sangat strategis dengan luas areal sekitar 206 hektare dan berada di kawasan perbukitan, Taman Simalem Resort ini tidak hanya berpotensi sebagai tempat untuk menginap tetapi juga berpotensi sebagai destinasi wisata yang mewah dengan kawasan yang sangat asri, nyaman dan sejuk serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh manajemen Taman Simalem Resort sehingga terdapat beberapa Guest Activities yang dapat dinikmati di Taman Simalem Resort seperti sport and adventure, Green experience, Explore, dan Just for kids. Belum tersosialisasi dengan baik dan belum optimalnya partisipasi tamu menjadi latar belakang penelitian ini sehingga dalam penelitian ini akan dibahas mengenai peranan Guest Activities sebagai daya tarik pengunjung pada Taman Simalem Resort. Adapun metode penelitian ini adalah kualitatif dengan proses pengumpulan data observasi. Hasil dari penelitian ialah Guest Activities adalah produk kegiatan yang bersifat rekreasi yang dapat menambah daya tarik dan jumlah kunjungan hotel.

Referensi

Brey, E. T. (2011). A taxonomy for resorts. Cornell Hospitality Quarterly, 52(3), 283–290.

Claudia, H. (2018). Motivasi wisatawan mancanegara dalam kegiatan trekking di Bukit Lawang, Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(2). https://doi.org/10.31294/khi.v9i2.5225

Costa, G., Glinia, E., Goudas, M., & Antoniou, P. (2004). Recreational services in resort hotels: Customer satisfaction aspects. Journal of Sport & Tourism, 9(2), 117–126.

Creswell, J. W. (2018). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih di antara lima pendekatan (diterjemahkan dari Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approach, third edition). In Pustaka Pelajar (3rd ed., Vol. 3, Issue 1). Pustaka Pelajar.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Inbakaran, R., & Jackson, M. (2005). Understanding resort visitors through segmentation. Tourism and Hospitality Research, 6(1), 53–71.

Lingga, Simarmata, & Sinurat, Y. W. B. (2015). Eksistensi warisan budaya (cultural heritage)sebagaiobjek wisata budaya di desa Lingga Kabupaten Karo. JurnalAntropologi Sosial Dan Budaya, 1(2), 148–157.

Liyushiana, Rizkiyah, P., & Herman. (2019). Daya tarik wisata pascabencana erupsi gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(2), 421–432.

Mauludin, R. (2017). Pengaruh atraksi wisata terhadap minat berkunjung wisatawan ke daya tarik wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(2), 57–68.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A method sourcebook (edition 3). SAGE Publications, Inc.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya Offset.

Murphy, P. (2009). The business of resort management. Routledge.

Neuman, W. L. (2013). Metode penelitian sosial: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif (Edisi ke-7). PT. Indeks.

Rahayu, S., Dewi, U., & Fitriana, K. N. (2016). Strategi pengembangan community based tourism sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kulon Progo. Natapraja, 4(1). https://doi.org/10.21831/jnp.v4i1.12615

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (22nd ed.). Alfabeta.

Voigt, C., Brown, G., & Howat, G. (2011). Wellness tourists: In search of transformation. Tourism Review, 66(1/2), 16–30. https://doi.org/10.1108/16605371111127206

Diterbitkan

2023-08-01

Terbitan

Bagian

Articles