The EFFECT OF FOOD AND BEVERAGE SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION AT THE GRAND SAVERO BOGOR HOTEL

Penulis

  • Lefka Ainayya Universitas Nasional
  • Syifa Syaroh Ikhsani Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.50720

Kata Kunci:

Food and Beverage, Customer Satisfaction, Service Quality

Abstrak

Meningkatnya perkembangan hotel yang ada di Indonesia membuat persaingan dalam bidang perhotelan semakin tinggi. Setiap hotel dituntut harus mampu bersaing dalam pasar dan menyediakan jasa ataupun produk yang berkualitas sehingga konsumen merasa puas dengan jasa atau produk yang diberikan. Salah satu departement yang ada di hotel yang menghasilkan sebuah produk (makanan dan minuman) adalah food and beverage. Food and beverage dapat mengembangkan produk makanan dan minuman lebih menarik dan selalu dibuatkan menu pembaharuan untuk mendorong minat tamu yang menginap maupun yang tidak menginap dan tertarik untuk membeli produk yang dibuat oleh food and beverage. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dari food and beverage di Hotel Grand Savero Bogor terhadap kepuasan pelanggan.

Kata kunci: food and beverage, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

Referensi

Anita Sari, & Fareis Althalets. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan food and beverage department terhadap kepuasan konsumen di Mesra Business and Resort HotelSamarinda. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan, 2.

Desthiani, U., Suminar, R., & Cristiani, S. (2021). Peran dan tugas administrasi food & beverage service pada Hotel Santika Bsd City Serpong. Proceding Secretari Universitas Pamulang, Vol 1, No.1.

Efit Usvela, Nurul Qomariah, & Yohanes Gunawan Wibowo. (2019). Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5, 300–312.

Feni Maryati, & Nur Elfi Husda. (2020). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Holiday Hotel. Jurnal Magisma, Vol 8, No. 1. https://doi.org/10.35829/magisma.v8i1.128

Fera Kurniasari, & Eviatiwi Kusumaningtyas Sugiyanto. (2020). Dimensi kualitas pelayanan sebagai upaya peningkatan kepuasan pelanggan. Business Management Analysis Journal, 3.

Hendriyati, L., & Santoso, I. B. (2021a). Strategi pemasaran food and beverage untuk meningkatkan penjualan pada masa pandemi covid-19 di Cavinton Hotel Yogyakarta, Indonesia. Journal of Tourism and Economic, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.36594/jtec.v4i1.111

Herlina, & Lila Muliani. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan food and beverage department terhadap kepuasan konsumen Hotel Daily Inn Jakarta. Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1.

I Gede Witayasa, & I Nyoman Sudiarta. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan di f&b service departement Nusa Dua Beach Hotel Bali. Journal Ilmiah Hospitality Management, 10.

Juliana, J., Tanujaya, T., & Nathaniel, N. (2021). Analysis of the effect of hotel service quality and hotel facilities on customer satisfaction. JUDICIOUS, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.37010/jdc.v2i1.197.

Kurnia, H., Sriyogani, I. A., & Nuryati, N. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam food and beverage departemen di Restoran Hotel New Saphir Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(5), 4127–4137. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1473

Lucia Irene Sunyoto, & Yudhiet Fajar Dewantara. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang di Union Deli Grand Indonesia. Journal FAME, 4.

Muliani, L., Hospitaliti dan Pariwisata, P., & Stiami, I. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan food and beverage department terhadap kepuasan konsumen Hotel Daily Inn Jakarta. In Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata (Vol. 1, Issue 2). http://ojs.stiami.ac.id

Murdita Wulansari, D., & Fathurrahaman Nurul Hakim, M. (2019). Pelaksanaan operasional food and beverage department dalam pencapian excelent service di Crystal Lotus Hotel Yogyakarta. In Jurnal Khasanah Ilmu (Vol. 10, Issue 2). www.crystallotushotel.com.

Silfia Hastuti. (2019a). Pengaruh kualitas pelayanan food and beverage service terhadap kepuasan pelanggan Hotel Grand Dafam Rohan Syariah. Jurnal Ekobis Dewantara, 2.

Suharna, A., Eldine, A., & Sume, S. A. (2019). Citra merek dan fasilitas (tangible) terhadap kepuasan pelanggan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 2, Issue 1. http://dx.doi.org/10.32832/manager.v2i1.1869

Susepti, A., Hamid, D., & Kusumawati, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas tamu hotel (Studi tentang persepsi tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 50, Issue 5).

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Yogyakarta.

Sitorus, O. T. (2019). Pengaruh kualitas produk hotel terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Grand Inna Medan. JUMANT, Vol. 11, No. 2, p. 91-102, https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/695

Thungasal, C. E., & Siagian, I. H. (2019). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada Hotel Kasuari. AGORA, Vol. 7, Issue 1.

Tjandra, D. N., & Setiawati, M. (2014). Analisis pengaruh lingkungan kerja, kepemimpinan, dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan food and beverage “X” Hotel Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol.2, No. 1.

Ubaid, O., & Hana, A. (2018). Konsep hotel syariah dan implementasinya di Namira Hotel Surabaya. Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Yudhi Yanuar Fiqri. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, citra penginapan dan harga terhadap kepuasan konsumen di Wisma Balqis Kuala Tungkal. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1.

Yunus, O. & Maranatha, K. (2016). Pengaruh service quality (tangible, empathy, reliablitity, responsiveness dan assurance) terhadap customer satisfaction: Penelitan pada Hotel Serela Bandung. In Jurnal Manajemen, Vol. 15, Issue 2.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-14

Terbitan

Bagian

Articles