Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Loyalitas Karyawan Front Office Grand Hyatt Jakarta

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.50839

Kata Kunci:

Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Loyalitas Karyawan , Front Office, Hotel

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhdap loyalitas karyawan (2) Loyalitas Karyawan Grand Hyatt Jakarta.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif . Objek penelitian ini adalah Gaya Kepemimpinan dari pada Front Office Leader serta Budaya Organisasi Grand Hyatt Jakarta sedangkan Subjek penelitaina adalah Karyawan Front Office Grand Hyatt Jakarta untuk mengetahui bentuk dari loyalitas terhadap perusahaan dengan mengambil sample junuh dimana menyebarkan kuesioner keseluruh karyawan Front Office. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis desktirif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya dari korelasi dari Gaya Kepemimpinan serta Budaya Organisasi memiliki hubungan terhadap loyalitas karyawan sebesar 0,849 menunjukan bahwa hubungan yang dimiliki  oleh Gaya Kepemimpinan serta Budaya Organisasi terhdap loyalitas karyawan dapat dikategorikan dalam tingkat hubungan yang kuat dan memiliki hubungan yang nyata atau signifikan (2) tersebut memiliki nilai 70,9%.Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa variabel bebas berpengaruh sebesar 70% dan 30% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak dibahas oleh penulis (3) regresi linear  berganda dari Gaya Kepemimpian dan Budaya Organisasi terhdap Loyalitas Karaywan sebagai adalah :Y = 2.699 + 0.057 +1.277  dari persamaan diatas, dapat dijelaskan bahwa nilai regresi berganda dari Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Loyalitas Karyawan sebesar 1.277 dapat diartikan bahwa setiap penilaian dari responden terhadap variable loyalitas karyawan meningkatkan rasa kesetianj terhadap hotel. 

Referensi

Hasibuan, M. S. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.

Kusumo, B. (2006). Hubungan antara persepsi terhadap iklim organisasi dan kepuasan imbalan kerja dengan loyalitas kerja pada karyawan. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mas’ud, F. (2004). Survey diagnosis organisasional konsep dan aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Rivai, R. V. (2014). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan,Edisi ke-6. Depok : PT. Raja Grafindo Persada,.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (Mix methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017 ). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutriniasih, K. S. (2017). Analisis faktorfaktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan pada PT. Plasa Telkom Group Singaraja.

Thoha, M. (2013). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wan, H. L. (2012). . Employee loyalty at the workplace: The impact of Japanese style of human resources management . International Journal of Applied HRM, 1-17.

Zuki, K. (2016). Sumber daya manusia dalam organisasi dan manajemen. Yogyakarta.

Diterbitkan

2022-08-04

Terbitan

Bagian

Articles