Pengaruh Wacana Kenaikan Tarif Candi Borobudur Terhadap Minat Wisatawan dan Jumlah Pemesanan Jasa Travel

Penulis

  • Joko Triyono Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Dwi Yoso Nugroho Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.52463

Kata Kunci:

Candi Borobudur, Harga Tiket Masuk, Minat Kunjungan Wisatawan, Jasa Travel

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh wacana kenaikan tiket masuk Candi Borobudur terhadap minat berkunjung wisatawan  dan jumlah pemesanan jasa travel. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai bahan pengumpulan data, yang kemudian dianalisis dengan metode regresi linier berganda menggunakan menggunakan software SPSS 26. Variabel independen yang digunakan adalah wacana kenaikan tiket masuk kawasan wisata Candi Borobudur, serta minat berkunjung wisatawan dan pemesanan jasa travel sebagai variabel dependent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya wacana kenaikan tiket masuk Candi Borobudur memberikan pengaruh negatif terhadap minat berkunjung wisatawan dan jumlah pemesanan jasa travel. terbukti ada pengaruh yang positif juga signifikan di variabel wacana kenaikan harga tiket terhadap minat wisatawan berkunjung ke Candi Borobudur. Selain itu, terbukti ada pengaruh yang positif juga signifikan di variabel wacana kenaikan harga tiket terhadap pemesanan jasa travel.

Referensi

Amelia, V., & Prasetyo, D. (2022). Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environment) terhadap Objek Wisata sebagai Wujud Pemenuhan Hak Wisatawan. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 92–99.

Andri Warman, M. (2018). Kepariwisataan dan Perjalanan Edisi Revisi. RajaGrafindo Persada.

Aritonang, S. I. S., & Syamsuddin, A. (2019). Potensi Dan Pengembangan Ekowisata Di Provinsi Jambi. Osf.Io, 1–11. https://osf.io/vyq8r/download

Cresswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Edisi Ketiga. Terj. Achmad Fawaid. Pustaka Pelajar.

Febriana, M., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Konsumen Sepatu Merek Converse di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 32(2), 33–38.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.

Kaharuddin, K., Pudyatmoko, S., Fandeli, C., & Martani, W. (2020). Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pengembangan Ekowisata. Jurnal Ilmu Kehutanan, 14(1), 42. https://doi.org/10.22146/jik.57462

Klongthong, W., Thavorn, J., Thanabodypath, W., Dhammathattariya, P., & Chandrachai, A. (2020). The influence of entrepreneurial self-efficacy and innovation on firm performance: Evidence from thai startup firms. Humanities and Social Sciences Letters, 8(4), 450–463. https://doi.org/10.18488/JOURNAL.73.2020.84.450.463

Lail, M. (2019). Pengaruh brand image, brand trust, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Shafira Tour & Travel Sidoarjo. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36449

Limpo, L., Rahim, A., & Hamzah. (2018). Effect of Product Quality, Price, and Promotion to Purchase Decision. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion (IJoASER), 1(14), 63–65. https://doi.org/10.15900/j.cnki.zylf1995.2018.02.001

Masitah, I. (2019). Pengembangan Desa Wisata oleh Pemerintah Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 53(9), 1689–1699. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/2806

Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2018). Kualitas produk, Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado. Zeitschrift Fur Orthopadie Und Unfallchirurgie, 151(3), 257–263. https://doi.org/10.1055/s-0032-1328522

Mulyasari, D. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam Mengambangkan Sarana Prasarana Kawasan Desa Wisata Borobudur. Modul, 15(2), 133–140.

Parmana, P., Fahmi, I., & Nurrohmat, D. R. (2019). The Influence of Marketing Mix Factors in Purchasing Decision for Wooden Furniture Case of Furnimart Bogor. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 5(1), 54–64. https://doi.org/10.17358/ijbe.5.1.54

Rambe, N. (2018). Universitas Sumatera Utara Poliklinik Universitas Sumatera Utara. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-14

Terbitan

Bagian

Articles