Pengaruh Kualitas Produk dan Social Media Marketing melalui Marketplace Facebook terhadap Volume Penjualan Buah Desa Bulian

Penulis

  • Ni Komang Intan Sritini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.59057

Kata Kunci:

Kualitas Produk, Social Media Marketing, Umkm, Volume Penjualan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan social media marketing terhadap volume penjualan, baik secara simultan maupun parsial. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kota Singaraja dengan umur 17-45 tahun, yang pernah membeli atau mengkonsumsi produk buah Desa Bulian. Objek penelitian ini adalah kualitas produk, social media marketing dan volume penjualan. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 97 responden. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, (2) social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, (3) kualitas produk dan social media marketing berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan produk pertanian buah desa Bulian.

Biografi Penulis

Ni Komang Intan Sritini , Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

Ni Nyoman Yulianthini, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

Referensi

Apriansyah, R. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Prioritas Rengat. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(2), 37-45. https://doi.org/10.34006/jmbi.v7i2.48

As'ad, H. A. I. R & Alhadid, A. Y. 2014. The impact of social media marketing on brand equality: An empericial study on mobile service providers in Jordon. Review of Integratif Business & Economics Reaserch, 3(1), 315-326.

Baihaqi, M. A. (2018). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap volume penjualan kartu Halo Telkomsel Graha Merah Putih di kota Medan. [Skripsi, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia]

Budiarti, N. (2021). Pengaruh sosial media marketing dan layanan food delivery terhadap volume penjualan usaha kuliner pada masa pandemi covid-19 di Kota Pangkalpinang. [Doctoral dissertation, Universitas Bangka Belitung].

Efendi, M. A. 2017. The power of corporate govermance: Teori dan implementasi. Salemba Empat.

Khotimah, S, Jayusman, H., & Kurniawati, I. D. (2019). Analisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap volume penjualan laptop pada CV. Gunung Madu Pangkala Bun. Magenta, 8(1), 9-18.

Kinanti, N. (2021). Pengaruh media sosial instagram, kualitas produk, dan promosi terhadap peningkatan volume penjualan. [Doctoral dissertation, Universitas Ciputra Surabaya]

Kotler, P. & Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran, Jilid 1. Erlangga

Mowen, J. C. & Minor, M. 2002. Prilaku Konsumen ( Jilid 1), Edisi Kelima. Erlangga, 2002.

Marbun, M., Yona, M., & Ariyati, Y. (2016). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap volume penjualan pada PT Cipta Group Kota Batam (Studi kasus pada perumahan Buana Bukit Permata di Batam). BENING, 3(2). https://doi.org/10.33373/bening.v3i2.756

Mahendra, A. (2018). Pengaruh promosi penjualan (sales promotion) terhadap volume penjualan pada PT. La Genius International Group Cabang Medan. [Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan]

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Pengaruh kualitas produk, promosi terhadap penjualan pada usaha mikro pengrajin sepatu di Kecamatan Medan Denai. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 7(1), 60-70.

Nur, B. O.-J. (2020). Pengaruh sales promotion terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Post Makasar 9000. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 10(8).

Puryono, M. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap volume penjualan produk aluminium sulfate di PT. Liku Telaga. [Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik]

Pratiwi, W. A., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh inovasi produk dan social media marketing terhadap sales performance pada IKM Batik Gedog Kabupaten Tuban, 8(1)

Diterbitkan

2023-08-01

Terbitan

Bagian

Articles