Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kain Tenun di Dusun Sade Lombok

Penulis

  • Linda Wardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Endrawan Sumadi Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.59058

Kata Kunci:

Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian, baik secara simultan maupun parsial. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli kain tenun di Dusun Sade Lombok dengan umur 20-50 tahun. Objek penelitian ini adalah Kualitas Produk, Harga dan Keputusan Pembelian. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 90 responden. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Biografi Penulis

Linda Wardani , Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

Komang Endrawan Sumadi Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

 

Referensi

Anggraini, E. I. (2019). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian (Survei pada pembeli yang juga menggunakan kosmetik Wardah di counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square). [Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya].

Armstrong, G. & Kotler, P. 2015. Marketing: An Introducing. Prentice Hall

Swastha, B. 2007. Manajemen pemasaran modern. Liberty Offset.

Erni, B. 2000. Islam Sasak: Wettu telu versus waktu lima. PT. LKIS Pelangi Aksara.

Setiawan, B., Nugroho, E., & Tanuwibowo, B. S. 1990. Ensiklopedi nasional Indonesia. PT Cipta Adi Pustaka.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Joshua, D., & Padmalia, M. 2017. Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 5(1), 27–32. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.384

Kotler, P. & Armstrong, G. 2015. Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga

Alam, Nur. 2013. Sade desa asli Suku Sasak. Tersedia pada https://alanmn.wordpress.com. (Diakses tanggal 3 Februari 2021).

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L (2010). Consumer behaviour. Pearson Prentice Hall.

Sejati, B. S. A., & Yahya, Y. (2016). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada Starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian bisnis. Alfabeta.

Wibisono, E. S. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen UD. Rizky Barokah di Balongbendo. [Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Surabaya]

Diterbitkan

2023-08-01

Terbitan

Bagian

Articles