Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Zodiac Coffee & Co Cabang Karangasem
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.59132Kata Kunci:
kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, kualitas produkAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan di Zodiac Coffee & Co Cabang Karangasem. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Penentuan sampel dengan purposive sampling, sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini adalah (1) Kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan (3) Kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Referensi
Daga, R. 2017. Citra, kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Gobal Research and Consulting Institute.
Diarto, D., & Chaerudin, C. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 86-98. https://doi.org/10.5281/zenodo.7069790
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode penelitian manajemen. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran produk dan merek (planning & strategy). CV. Penerbit Qiara Media.
Gaman, P.M., & Sherrington, K.B. (1996). The Science of food: 4th edition. Butterworth-Heinemann.
Hastuti, I. N. D., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Bakso Tukul Arwana cabang Season City Jakarta Barat. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(1), 124-133
Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2)
khoiri, S. Z. & Efianis, E. (2022). Pengaruh kualitas produk kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di restoran Asia Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1740–1746. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2499
Kotler, P. & Amstrong, G. 2014. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L. 2016. Marketing management, 15th Edition. Pearson Education, Inc.
Laksana, F. 2008. Manajemen pemasaran. Graha Ilmu.
Laetitia, S. I., Alexandrina, E., & Ardianto, S. F. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Tanamera Coffee Pacific Place. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 1699-1721. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.1403
Lupiyoadi, R. 2014. Manajemen pemasaran jasa. Edisi 3. Salemba Empat.
Nurramaadhanti, H. D. & Yulia, A. Y. 2021. Efek Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Sha’ring Karanganyar. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 8(2), 161-167
Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.
Widiantara, I. W. dan Trianasari. 2021. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Toyota Avanza di Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(1), 122-131
Yu, H., & Fang, W. (2009). Relative impacts from product quality, service quality, and experience quality on customer perceived value and intention to shop for the coffee shop market. Journal Total Quality Management and Business Excellence 1273-1285. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/14783360802351587.