Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Zodiac Coffee & Co Cabang Karangasem

Penulis

  • I Ketut Widiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Dwi Ariani Mayasari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.59132

Kata Kunci:

kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, kualitas produk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan di Zodiac Coffee & Co Cabang Karangasem. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Penentuan sampel dengan purposive sampling, sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini adalah (1) Kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan (3) Kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Biografi Penulis

Ni Made Dwi Ariani Mayasari, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

Referensi

Daga, R. 2017. Citra, kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Gobal Research and Consulting Institute.

Diarto, D., & Chaerudin, C. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 86-98. https://doi.org/10.5281/zenodo.7069790

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode penelitian manajemen. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran produk dan merek (planning & strategy). CV. Penerbit Qiara Media.

Gaman, P.M., & Sherrington, K.B. (1996). The Science of food: 4th edition. Butterworth-Heinemann.

Hastuti, I. N. D., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Bakso Tukul Arwana cabang Season City Jakarta Barat. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(1), 124-133

Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2)

khoiri, S. Z. & Efianis, E. (2022). Pengaruh kualitas produk kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di restoran Asia Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1740–1746. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2499

Kotler, P. & Amstrong, G. 2014. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. 2016. Marketing management, 15th Edition. Pearson Education, Inc.

Laksana, F. 2008. Manajemen pemasaran. Graha Ilmu.

Laetitia, S. I., Alexandrina, E., & Ardianto, S. F. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Tanamera Coffee Pacific Place. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 1699-1721. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.1403

Lupiyoadi, R. 2014. Manajemen pemasaran jasa. Edisi 3. Salemba Empat.

Nurramaadhanti, H. D. & Yulia, A. Y. 2021. Efek Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Sha’ring Karanganyar. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 8(2), 161-167

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.

Widiantara, I. W. dan Trianasari. 2021. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Toyota Avanza di Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(1), 122-131

Yu, H., & Fang, W. (2009). Relative impacts from product quality, service quality, and experience quality on customer perceived value and intention to shop for the coffee shop market. Journal Total Quality Management and Business Excellence 1273-1285. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/14783360802351587.

Diterbitkan

2023-08-01

Terbitan

Bagian

Articles