Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Reserve Dewata

Penulis

  • Kadek Intan Dwi Cahyani Dhyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Krisna Heryanda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.59168

Kata Kunci:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Kepuasan pelanggan yakni tanggapan pelanggan berupa perasaan puas seusai mengkomparasikan produk yang diekspektasikan dengan yang diterima. Harga dan kualitas pelayanan yakni faktor yang memimbasi kepuasan pelanggan dan punya kontribusi krusiak dalam membangun kepuasan pelanggan. Riset ini punya sasaran guna membuktikan imbas dari harga dan kualitas pelayanan baik dengan simultan dan parsial pada kepuasan pelanggan. Desain riset yang diaplikasikan yakni kuantitatif kausal dengan subjek pelanggan yang datang dan berbelanja produk pada Starbucks Reserve Dewata dengan objek riset yakni harga, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Teknik Sampel yang diaplikasikan yakni teknik purposive sampling. Sampel sebesar 130 responden. Data dihimpun dengan kuesioner lantas memanfaatkan analisis regresi linear berganda untuk menganalisisnya. Impak riset ini yakni: (1) harga dan kualitas pelayanan berimbas bermakna pada kepuasan pelanggan Starbucks Reserve Dewata, (2) harga berimbas positif dan bermakna pada kepuasan pelanggan Starbucks Reserve Dewata (3) kualitas pelayanan berimbas positif dan bermakna pada kepuasan pelanggan Starbucks Reserve Dewata.

Biografi Penulis

Komang Krisna Heryanda, Universitas Pendidikan Ganesha

 

 

Referensi

Amrita, A. & Naryono, E. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada UKM Ms Bakery Karang Tengah Cibadak. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 1(1). 66-82.

Andalusi, R. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan instrumen penunjang laboratorium (Studi kasus pada PT. Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora. 1(2). 305-322. https://doi.org/10.33753/madani.v1i2.16

Fahmi, F. (2012). Kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada toko buku Gramedia Lembuswana di Samarinda. [Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Mulawarman]

Ferdinand, Augusty. (2006). Metode penelitian manajemen pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis dan disertasi ilmu manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryoko, U. B. & Pasaribu, V. L. D. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Firman Dekorasi (wedding organizer). Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 2(1). 1-17. https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566

Indra, D., Regita, & Purba, J. T. (2019). Pengukuran kualitas pelayanan, harga, dan customer value terhadap kepuasan pelanggan transportasi online bagi kaum milenial. Journal of Accounting and Management Innovation. 3(1), 14-31.

Irawan, H. 2015. Sepuluh prinsip kepuasan pelanggan. PT. Elex Media Komputindo.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Prenhalindo.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran. Edisi 13. Erlangga.

Kresnamurti, A. & Febrilia, I. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra merek terhadap kepuasan konsumen pengguna transportasi ojek online Grab. Jurnal Riset Manajemen Riset Sains Indonesia. 10(1), 204-225.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management. 4(4).

Mahmudan, Ali. (2022). “Konsumsi kopi di Indonesia”. Tersedia pada https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021. (diakses tanggal 22 November 2022).

Mandasari, I. C. S., & Sumartini, A. R. (2019). Peran kepuasan dalam memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas (Studi pada pengguna aplikasi Grab di kota Denpasar). Jurnal Lingkungan dan Pembangunan. 3(1), 24-30.

Rufliansah, F. F. & Seno, A. H. D. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus pada Rainbow Creative Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis. 9(4), 389-401. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28226

Satriani, M. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadao kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa pengiriman barang Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) cabang Jambi. [Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi].

Setiawati, R., Utami, S., & Rochani, S. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Alfamart Jl. Jaksa Agung Suprapto No.11 Mojokerto-Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi. 1(2), 285-298. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.316

Starbucks Reserve Dewata Ulasan (2022). Starbucks Dewata Coffee Sanctuary. Tersedia pada https://dewata.starbucks.co.id/ (diakses tanggal 23 November 2022).

Sugiyono. (2007). Metodologi penelitian bisnis. Edisi X. CV Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.

Susanti, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di Coffee RR Pekanbaru. [Skripsi, Fakultas Ekonomi, Manajemen, Universitas Islam Riau, Pekanbaru].

Tjiptono, F. (2014). Service, quality & satisfaction. Edisi 3. Andi.

Diterbitkan

2023-08-01

Terbitan

Bagian

Articles