Strategi Penerapan Metaverse Tourism pada Pameran Ruang ImersifA di Museum Nasional Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61115Kata Kunci:
Pariwisata , Strategi , Metaverse , Metaverse TourismAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diterapkan dalam konsep Metaverse Tourism pada pameran ImersifA, dan menganalisis dampak terhadap daya tarik wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mengelompokkan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi dengan konsep Metaverse Tourism dalam pameran ImersifA di Museum Nasional Jakarta dilakukan melalui konten yang disajikan berupa simulasi video mapping 3D 3600 yang berbasis VR dan AR. Konten tersebut dirancang agar mampu menarik perhatian wisatawan dan pengunjung museum, sehingga mereka tertarik untuk kembali melihat konten dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Kesimpulannya, dampak strategi yang diterapkan mampu meningkatkan daya tarik wisata dan memberikan pengalaman yang imersif dan interaktif bagi pengunjung museum dan wisatawan. Hasil penelitian ini dapat menciptakan pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia, khususnya dalam penerapan teknologi dalam industri pariwisata.
Referensi
Atania, C., Rahardjo, P., & Wipranata, B. I. (2020). Strategi pengelolaan dan promosi museum (Objek study: museum seni rupa dan keramik, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat). Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(2), 2507. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8872
Alvin, S. (2022). Pariwisata metaverse Indonesia dalam kacamata gen-Z. Ruang Pariwisata, 89-108.
Arifiani, L., & Furinto, A. (2022). Transformasi model bisnis konsep, strategi, dan antisipasi menyongsong era metaverse. Scopindo media pustaka.
Bramantyo, B. D., & Ismail, P. (2021). Digital tourism museum nasional indonesia melalui virtual tour di masa pandemi covid-19. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 184–196. https://doi.org/10.32509/wacana.v20i2.1616
Demolingo, R. H. (2015). Strategi pengembangan destinasi wisata Desa Bongo, Kabupaten Gorontalo. Jurnal Manajemen Pariwisata, 1(2). https://doi.org/10.24843/JUMPA.2015.v01.i02.p06
Demolingo, R. H., Emelia, R., & Digdowiseiso, K. (2022). Analysis of twitter social media framing in the new normal era: Case study of Malang city tourism promotion. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 11784-11798. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5010
Demolingo, R. H., Lanya, I., Paturusi, S. A., Sunarta, I. N., & Wiweka, K. (2022). Strategy for ICM-based geotourism development: Case study of the Olele marine protected area, Indonesia. Journal of Southwest Jiaotong University, 57(5). http://dx.doi.org/10.35741/issn.0258-2724.57.5.35
Dewi, L., & Istiqomah, A. N. (2022). Strategi promosi Museum Basoeki Abdullah di era new normal. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2785-2793. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3.6562
Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis potensi implementasi metaverse pada media edukasi interaktif. BARIK, 4(1), 37-51.
Freddy Rangkuti, 2016. Teknik membedakan kasus bisnis analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia
Genia Krishbie, B. (2021). Tantangan museum seni di tengah pandemi Covid-19 Kajian: pameran imersif Affandi di GNI, 2020. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 9(2). https://doi.org/10.36806/jsrw.v9i2.119
Go, H., & Kang, M. (2022). Metaverse tourism for sustainable tourism development: Tourism agenda 2030. Tourism Review. https://doi.org/10.1108/TR-02-2022-0102
Hardianto, R. H., Wiza, F., & Ohara, R. (2022). PKM pengenalan metaverse kepada siswa SMK. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 45-50. https://doi.org/10.52622/mejuajuajabdimas.v2i1.48
Haryati, T., Hidayat, A. G., Taman, S., Bima, S., & Kunci, K. (2019). Konsep wisata dari perspektif ekonomi masyarakat. Jurnal Pendidikan IPS, 9(2). https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.170
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615
Lourdes Palagiang, C. (2021b). Augmented dan virtual reality sebagai media promosi interaktif museum perumusan naskah proklamasi. Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 3 (1). http://ojs.stiami.ac.id
Nugraha, R. N., Rosa, P. D., & Ivanka, M. (2023). Metaverse tourism sebagai strategi promosi wisata Museum Bank Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 731-744. https://doi.org/10.5281/zenodo.7901659
Nugraha, R. N., & Nurani, N. W. C. (2022). Implementation of the pentahelix model as a foundation for developing tourism potential in majalengka regency. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6179-6190. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2058
Mayang, A., Astuti, I., & Ratnawati, S. (n.d.). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran (Studi kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 17, Issue 2). http://dx.doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175
Pradini, G., Kusumaningrum, A. P., Agustiani, F., & Dari, I. T. (2022). Business marketing strategies of tour and travel agency to survive in the covid-19 pandemic. International Journal of Economics, Management, Business, and Social Science (IJEMBIS), 2(2), 242-248. https://doi.org/10.59889/ijembis.v2i2.64
Pangestu, D. M., & Rahmi, A. (2022). Metaverse: Media pembelajaran di era society 5.0 untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1, 52–61. https://doi.org/10.24036/jpol.v1i2.17
Rizqi, Z. U., Purba, R. D. A., & Nugroho, R. R. (2019). Penentuan strategi pengembangan bisnis menggunakan Analisis Swot dan business model canvas. IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019.
Sari, D. P. & Oktafianto, A.(2017). Penentuan strategi bisnis menggunakan analisis SWOT dan matriks IFAS – EFAS pada CV. Dinasty. Seminar Nasional IENACO-2017.
Skarbez, R. (2019). Immersive Analytics: Theory and Research Agenda. Frontiers in Robotics and AI, 6. https://doi.org/10.3389/frobt.2019.00082
Sutanto, S. (2022). Efektivitas metaverse tourism sebagai sarana promosi wisata alam hiu paus di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3