PENGARUH BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP TAMU DI HOTEL PULLMAN JAKARTA CENTRAL PARK

Penulis

  • Ruben Universitas Bunda Mulia
  • Dewanta Facrureza Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61774

Kata Kunci:

citra merek, keputusan menginap, tingkat hunian

Abstrak

Hotel merupakan industri yang selalu berkembang, dalam perkembangan yang berjalan secara konsisten ini tentu hotel harus memformulasikan strategi yang dimana ditujukan untuk meningkatkan tingkat occupancy yang mereka miliki, untuk kasus ini adalah branding dari hotel. Branding adalah upaya untuk komunikasi, mengembangkan, dan mempertahankan merek yang dimiliki oleh sebuah produk. Dalam hal ini branding memiliki lima dimensi yang meliputi kejujuran brand, semangat brand, kemampuan brand, keduniawian brand, ketahanan brand, tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk memahami arah pengaruh branding dari masing-masing dimensi secara individu dan secara simultan, Sumber data penelitian ini adalah data primer yang berasal dari sampel yaitu tamu hotel yang minimal pernah menginap di hotel Pullman Jakarta Central Park yang berjumlah 240 sampel, metode yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, disertai uji hipotesis T dan F yang hasilnya menunjukan dimensi secara individu maupun simultan memberikan arah pengaruh yang positif terhadap keputusan menginap tamu

Biografi Penulis

Ruben, Universitas Bunda Mulia

 

 

Dewanta Facrureza, Universitas Bunda Mulia

 

 

Referensi

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Arianty, N., & Arinda, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4, 39–50. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i10.p07

Barlian, E. (2019). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif. Padang: Sukabina Press

Baştuğ, S., Şakar, G. D., & Gülmez, S. (2020). An application of brand personality dimensions to container ports: A place branding perspective. Journal of Transport Geography, 82(August), 102552. https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2019.102552

Darma, B., & Wulansari, K. Y. (2021). Pengaruh jumlah penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Batang Hari tahun 2010-2020. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 444. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i2.309

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing. New Jersey: Pearson Education

Mantovani, R. (2021). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap tingkat kemiskinan di kota Makassar. [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/13094-Full_Text.pdf

Maulana, M. H. (2023). Analisis Dampak Pengembangan Pariwisata Pantai Pink Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. [undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram]. https://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6573

Oscar, Y., & Keni, K. (2019). Pengaruh brand image, persepi harga, dan service quality terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300

Purba, D., & Purba, M. (2022). Aplikasi analisis korelasi dan regresi menggunakan pearson product moment dan simple linear regression. Citra Sains Teknologi, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.2421/cisat.v1i2.54

Purba, R. P. (2017). Pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan. Jom Fisip, 4(1), 1–13.

Youn, S., & Dodoo, N. A. (2021). The power of brand nostalgia: Contrasting brand personality dimensions and consumer-brand relationships of nostalgic and non-nostalgic brands. Journal of Consumer Behaviour, 20(6), 1373–1387. https://doi.org/10.1002/cb.1941

Zafri, A. M. F., & Yoestini. (2022). Pengaruh Citra perusahaan terhadap intensi beli konsumen generasi Z: Studi pada perusahaan belanja online Tokopedia. Journal of Management, 11(5), 1–12.

Diterbitkan

2023-08-01

Terbitan

Bagian

Articles