Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Groen Kopi

indonesia

Penulis

  • Joseph Matthew Halim Student at Bunda Mulia University
  • Vishnuvardhana Sahishnu Soeprapto Universitas Bunda Mulia
  • Eric Julianto Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61975

Kata Kunci:

store exterior, general interior, store layout, interior display, keputusan pembelian

Abstrak

Kedai kopi di Indonesia saat ini tengah mengalami jumlah kenaikan yang drastis, dalam jumlah kenaikan tersebut mewajibkan pemilik usaha kedai kopi untuk dapat menciptakan strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen, dalam pembahasan kali ini ialah terkait pengaplikasian strategi store atmosphere dari suatu kedai kopi. Store atmosphere merupakan sebuah ciri khas yang wajib dimiliki sebuah toko, yang dimana hal tersebut mampu membangun citra di benak pelanggan. Adapun tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dari masing-masing dimensi secara parsial dan simultan. Target populasi pada penelitian ini merupakan sejumlah pengunjung yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian di Groen Kopi. Dalam pengambilan sample peneliti menggunakan purposive sampling dengan total sample sebanyak 106 orang responden. Berdasarkan hasil uji t didapati hasil bahwa store exterior, general interior, dan interior display memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan store layout tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Biografi Penulis

Joseph Matthew Halim, Student at Bunda Mulia University

 

 

Vishnuvardhana Sahishnu Soeprapto, Universitas Bunda Mulia

 

 

Eric Julianto, Universitas Bunda Mulia

 

 

Referensi

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Barlian, E. (2019). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif. (Vol. 4, Issue 1). Sukabina Press.

Berman, B., & Evans, J. R. (2010). Retailing management (11th ed.). Pearson.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management (Global Edi). Pearson Educational Limited.

Rafliatha, M., Suharyati, & Aryani, L. (2021). Analisis keputusan pembelian online kopi kenangan ditinjau dari pengaruh marketing mix. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1415–1427. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1228

Sembiring, P. W. (2021). The effect of store atmosphere on purchase decisions at Chirurgie Cafe and Books Medan. Inspirasi & Strategi (INSPIRAT): Jurnal Kebijakan Publik & Bisnis, 12(1), 24–30. https://doi.org/10.35335/inspirat.v12i1.55

Toffin, & Mix, M. (2020). 2020 brewing in Indonesia: Insight for successful coffee shop business. In Toffin. https://doi.org/10.1162/99608f92.34d1d59e

Utami, A., & Widya, C. (2010). Manajemen ritel (2nd ed.). Salemba Empat.

Diterbitkan

2023-08-01

Terbitan

Bagian

Articles