Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Daya Tarik Wisata Lereng Green View Tanjung Alai X Koto Singkarak

Penulis

  • M. Ihsan Nurizki Universitas Negeri Padang
  • Feri Ferdian Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.66991

Kata Kunci:

Atribut Produk, Kepuasan Pengunjung, Daya Tarik

Abstrak

Peneliti melakukan penelitian ini untuk mengidentifikasi isu-isu dengan karakteristik objek wisata yang mempengaruhi kepuasan pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa puas pengunjung dengan pengalamannya di Green Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed causal dan bersifat deskriptif dan kuantitatif. Untuk mengevaluasi validitas dan reliabilitas, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 29, dan hasilnya disajikan dalam bentuk tabel. Nilai koefisien regresi sebesar 0,93 pada tingkat signifikansi sebesar 0,000 0,05 yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik produk pariwisata berpengaruh signifikan terhadap kebahagiaan pengunjung. Nilai Sig variabel atribut produk pariwisata setelah regresi linier berganda dan uji T adalah 0,000; 0,05. Nilai penyesuaian R-squared (R2) sebesar 0,454, menunjukkan bahwa kepuasan wisatawan (Y) dipengaruhi oleh variabel atribut produk pariwisata (X) sebesar 45,4%, dengan faktor lain mempengaruhi sisanya sebesar 54,6%. The result of multiple linear regression with T test obtained Sig value of tourism product attribute variable is 0.000 <; 0.05. Adjusted value of R-squared (R2) is 0.454 which means that the influence of tourism product attribute variable (X) on visitor satisfaction (Y) is 45.4%, while the remaining 54.6% is influenced by other factors.

Referensi

Hasan, A. (2015), Marketing Tourism. (CAPS) Center for AcademicPublishing Service.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1 (13th edition). Terjemahan Bob Sabran. Erlangga

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing manajemen (15th edition). Person Education, Inc

Muljadi, A.J. (2013). Kepariwisataan dan perjalanan. Raja Grafindo Perkasa.

Mayasari, W. M. & Budiatmo, A. (2017). Pengaruh atribut produk wisata dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Taman Margasatwa Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 501-509. https://doi.org/10.14710/jiab.2016.13596

Mutmainnah. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 10(2). http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v10i2.2344

Permana. (2013). Manajemen pemasaran jasa teori dan praktek. Salemba Empat.

Ryana Meutia Putri. (2015). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian wisatawan di Objek Wisata Kampung Gajah Wonderland Bandung. [Skripsi, Universitas Widyatama]. https://repository.widyatama.ac.id/items/f569992e-c7c0-4c51-a6de-c5a21e9103ba

Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Suryadana, M. L. & Octavia, V. (2015). Pengantar pemasaran pariwisata. Alfabeta

Somad, R. & Priansa, D. J. (2014). Manajemen komunikasi mengembangkan bisnis berorientasi pelanggan. Alfabeta.

Tjiptono, F. & Chandra, G. 2017. Pemasaran strategik (3rd edition). Andi offset.

Diterbitkan

2023-08-25

Terbitan

Bagian

Articles