Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Daya Tarik Wisata Lereng Green View Tanjung Alai X Koto Singkarak
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.66991Kata Kunci:
Atribut Produk, Kepuasan Pengunjung, Daya TarikAbstrak
Peneliti melakukan penelitian ini untuk mengidentifikasi isu-isu dengan karakteristik objek wisata yang mempengaruhi kepuasan pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa puas pengunjung dengan pengalamannya di Green Tanjung Alai Kecamatan X Koto Singkarak. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed causal dan bersifat deskriptif dan kuantitatif. Untuk mengevaluasi validitas dan reliabilitas, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 29, dan hasilnya disajikan dalam bentuk tabel. Nilai koefisien regresi sebesar 0,93 pada tingkat signifikansi sebesar 0,000 0,05 yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik produk pariwisata berpengaruh signifikan terhadap kebahagiaan pengunjung. Nilai Sig variabel atribut produk pariwisata setelah regresi linier berganda dan uji T adalah 0,000; 0,05. Nilai penyesuaian R-squared (R2) sebesar 0,454, menunjukkan bahwa kepuasan wisatawan (Y) dipengaruhi oleh variabel atribut produk pariwisata (X) sebesar 45,4%, dengan faktor lain mempengaruhi sisanya sebesar 54,6%. The result of multiple linear regression with T test obtained Sig value of tourism product attribute variable is 0.000 <; 0.05. Adjusted value of R-squared (R2) is 0.454 which means that the influence of tourism product attribute variable (X) on visitor satisfaction (Y) is 45.4%, while the remaining 54.6% is influenced by other factors.
Referensi
Hasan, A. (2015), Marketing Tourism. (CAPS) Center for AcademicPublishing Service.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran jilid 1 (13th edition). Terjemahan Bob Sabran. Erlangga
Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing manajemen (15th edition). Person Education, Inc
Muljadi, A.J. (2013). Kepariwisataan dan perjalanan. Raja Grafindo Perkasa.
Mayasari, W. M. & Budiatmo, A. (2017). Pengaruh atribut produk wisata dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Taman Margasatwa Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 501-509. https://doi.org/10.14710/jiab.2016.13596
Mutmainnah. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 10(2). http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v10i2.2344
Permana. (2013). Manajemen pemasaran jasa teori dan praktek. Salemba Empat.
Ryana Meutia Putri. (2015). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian wisatawan di Objek Wisata Kampung Gajah Wonderland Bandung. [Skripsi, Universitas Widyatama]. https://repository.widyatama.ac.id/items/f569992e-c7c0-4c51-a6de-c5a21e9103ba
Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Suryadana, M. L. & Octavia, V. (2015). Pengantar pemasaran pariwisata. Alfabeta
Somad, R. & Priansa, D. J. (2014). Manajemen komunikasi mengembangkan bisnis berorientasi pelanggan. Alfabeta.
Tjiptono, F. & Chandra, G. 2017. Pemasaran strategik (3rd edition). Andi offset.