ANALISIS FAKTOR KEPUASAN TAMU DIKYRIAD HOTEL BUMIMINANG PADANG

Penulis

  • Dwi Yulia Hardiyanti Universitas Negeri Padang
  • Nidia Wulansari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.68473

Kata Kunci:

Analisis Faktor, Kepuasan Tamu , Hotel

Abstrak

Kepuasan tamu hotel salah satu faktor terpenting dalam berjalannya perkembangan hotel. Jika kepuasan tamu terpenuhi maka tujuan dari perusahaan akan tercapai. Oleh sebab itu kepuasan tamu sangat penting pada suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor – faktor apa saja yang berpengaruh pada kepuasan tamu dan menganalisis faktor – faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan tamu pada Kyriad Hotel Bumiminang Padang. Penelitian ini memakai penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Total sampel sebanyak 127 orang yang direkrut memakai metode sampling jenuh. Teknik pengumpulan data memakai angket yang disusun berdasarkan skala likert. Pengujian hipotesis memakai uji analisis faktor yang mempergunakan SPSS versi 25. Nilai uji Kaiser Meyer Olkin (KMO) sebanyak 0.724 > 0,5 hingga dinyatakan analisis faktor tepat dipakai untuk menganalisis data yang didapat. Tapi dari hasil uji Barlett’s Test of Sphericity menyatakan hasil signifikansi pada 0,000 < 0.5 sehingga dapat disimpulkan adanya matrik korelasi yang signifikan dengan sejumlah faktor. Berdasarkan nilai total Variance Explained terdapat 6 faktor yang terbentuk dan punya nilai eigenvalues > 1 sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini terdapat 6 faktor yang terbentuk yang mempengaruhi kepuasan tamu di Kyriad Hotel Bumiminang Padang.

Referensi

Budi, A. P. (2013). Manajemen marketing perhotelan. Andi Offset.

Chair, I. M., & Pramudia, H. (2017). Hotel room division management. Kencana.

Fauziah, Q., & Putra, T. (2023). Standar operasional prosedur pelayanan wisatawan di Pandan View Mandeh, Sumatera Barat. Arzusin, 3(4), 538-551.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kkpuasan pelanggan. Unitomo Press.

Kotler dan Keller. (2014). Manajemen pemasaran. jilid I. edisi ke 13. Erlangga.

Ramadhan, M. Nur Ali (2013) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan servis berkala pada dealer Nissan Basuki Rahmat di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ryanda, R., & Wulansari, N. (2021). Pengaruh sarana dan prasarana wisata terhadap kepuasan wisatawan di Pulau Pasumpahan Padang. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(1), 1-6.

Sanusi, A. (2012). Metodologi penelitian bisnis, cetakan kedua. Salemba Empat.

Suherwan, E. (2008). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Telkomspeedy PT. Telkom di Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Sumarwan, U. & Djunaidi, A. (2009). Pemasaran strategik. edisi pertama. Inti Prima Promosindo.

Susanti, R. (2012). Product private labels brands sebagai alternatif meraih konsumen pada perusahaan ritel. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(1), 76-84.

Tjiptono, F. & Chandra, G. 2007. Service, Quality Satisfaction. Andi Ofset.

Tjiptono, F. (2016). Service, quality & satisfaction. Andi.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran pariwisata. Andi Offset.

Welasasih, A. P., & Suyuthie, H. (2020). Pengaruh servicescape terhadap kepuasan tamu di UNP Hotel and Convention Center. Jurnal Kajian Pariwisata dan Bisnis Perhotelan, 1(3), 119-123.

Diterbitkan

2023-12-09

Terbitan

Bagian

Articles