Pengaruh E-Wom, Citra Destinasi, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Berkunjung di Taman Mini Indonesia Indah

Penulis

  • Muhammad Rizky Wibisono Universitas Asa Indonesia
  • Rully Arifiansyah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.76082

Kata Kunci:

e-wom, citra destinasi, persepsi harga, keputusan berkunjung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh e-WOM, citra destinasi, dan persepsi harga terhadap keputusan berkunjung di Taman Mini Indonesia Indah, Sebanyak 100 pernyataan disebarkan oleh penulis untuk dijadikan sampel responden yang akan diolah data nya dengan memanfaatkan software SPSS 27 for Mac. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda. Hasil analisis data ditunjukan dari uji t yang hasil nya menunjukan bahwa e-WOM berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung dengan nilai sig sebesar 0.023, citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai sig sebesar 0.013, sedangkan variabel persepsi harga terhadap keputusan berkunjung berpengaruh positif dengan nilai sig sebesar 0.000. Deskripsi hubungan yang jujur dan akurat antara fenomena yang diteliti disajikan dengan metodologi kuantitatif deskriptif dan populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Taman Mini Indonesia Indah. Penulis menggunakan Teknik Aksidental Sampliing yang berfungsi untuk mengidentifikasi bahwa variabel e-WOM, citra destinasi dan persepsi harga terhadap keputusan berkunjung.

Referensi

Agapito, D., Oom do Valle, P., & da Costa Mendes, J. (2013). The Cognitive-Affective-Conative Model of Destination Image: A Confirmatory Analysis. Journal of Travel and Tourism Marketing, 30(5), 471–481. https://doi.org/10.1080/10548408.2013.803393

Andreani, D., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata , Sosial Media dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Berkunjung. Journal Of Tourism and Education, 7(1), 1–12.

Anggraini, R. P., Sulistyowati, L. N., & Purwanto, H. (2019). Pengaruh Fasilitas, Harga Tiket Dan Daya Tarik Terhadap Keputusan Berkunjung Di Obyek Wisata Telaga Ngebel. SIMBA (Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi I), 1, 987–999.

Arifiansyah, R., & Saragih, D. R. U. (2020). The Role of social media And Destination Image on Visiting Decision : A Case Study in Taman Mini Indonesia Indah. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 12745–12763.

Armstrong, G. (2015). Marketing an introductiom (6th ed.).

Ati Mustikasari, S. W. (2016). The Influence of e-WOM on the Decision Comes To The Tourism in Bandung. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 95–103.

Chi, C. G., & Qu, H. (2008). Examining the structural relationships of destination image , tourist satisfaction and destination loyalty : An integrated approach. 29, 624–636. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2007.06.007

Çoban, S. (2012). The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyalty: The case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29(2), 222–232.

Eugenio-Martin, J. L. (2003). Modelling Determinants of Tourism Demand as a Five-Stage Process: A Discrete Choice Methodological Approach. Tourism and Hospitality Research, 4(4), 341–354. https://doi.org/10.1177/146735840300400407

Firmansyah, D. M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Perilaku konsumen). Jurnal Agora, 5 No.(september), 5–299. https://www.academia.edu/37610166/PERILAKU_KONSUMEN_PERILAKU_KONSUMEN_MAKALAH_PERILAKU_KONSUMEN

Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). Word-of-mouth measurement scale for eservice context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23.

Gustiani, M. (2019). Peran Electronic Word of Mouth Dalam Membangun Citra Destinasi Guna Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Suatu Destinasi Pariwisata. Competence : Journal of Management Studies, 12(2). https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4962

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073

Högström, C., Rosner, M., & Gustafsson, A. (2010). How to create attractive and unique customer experiences: An application of Kano’s theory of attractive quality to recreational tourism. Marketing Intelligence & Planning, 28(4), 385–402. https://doi.org/10.1108/02634501011053531

Humaira, A., & Wibowo, L. A. (2017). Analisis Faktor Elektronik Word of Mouth (Ewom) Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(2), 1049. https://doi.org/10.17509/thej.v6i2.5515

Hung, H. H., Cheng, Y. H., Chuang, S. C., Yu, A. P. I., & Lin, Y. T. (2021). Consistent price endings increase consumers perceptions of cheapness. Journal of Retailing and Consumer Services, 61(April), 102590. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102590

Illah, A. N., Sularso, R. A., & Irawan, B. (2019). Pengaruh Citra Destinasi dan E-WOM di Media Sosial Instagram serta Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata B29 di Kabupaten Lumajang. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 164. https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i2.11163

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context. In SpringerBriefs in Business. Springer.

Jhou Wu, L. (2012). The effects of visual information in eWOM communication. Journal of Research in Interactive Marketing, 6(1), 7–26. https://doi.org/10.1108/17505931211241341

Khwaja, M. G., & Zaman, U. (2020). Configuring the evolving role of ewom on the consumers information adoption. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 1–13. https://doi.org/10.3390/joitmc6040125

Kim, J., & Sung, Y. (2009). Dimensions of purchase-decision involvement: Affective and cognitive involvement in product and brand. Journal of Brand Management, 16(8), 504–519. https://doi.org/10.1057/bm.2008.39

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management, Thirteenth Edition (1st ed.). Erlangga.

Kottler, P., & Armstrong, ,Gary. (2018). Principles of Marketing.

Lebu, C. F. K., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2019). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Linow. Jurnal EMBA, 7(4), 5505–5513.

Lin, C., Management, I., & Cheng, N. (2013). ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH : THE MODERATING ROLES OF PRODUCT INVOLVEMENT AND BRAND IMAGE. Technology Innovation and Industrial Management, May 2013, 29–47.

Mardiyani, Y. (2015). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(1), 65–75.

Mareta, R. K., Farida, N., & Dewi, R. S. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Produk Wisata terhadap Keputusan Berkunjung melalui Electronic Word Of Mouth (Studi pada Pengunjung Wisata Eling Bening). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 33–40. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33569

Pamungkas, A., Arifin, R., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Citra Destinasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Batu Flower Garden Coban Rais. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 3, 16–26. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/download/1323/1321

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Salemba.

Prasad, S., Gupta, I. C., & Totala, N. K. (2017). Social media usage, electronic word of mouth and purchase-decision involvement. In Asia-Pacific Journal of Business Administration (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.1108/APJBA-06-2016-0063

Qiana, D. A., & Lego, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masker Sensi Di Tangerang. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 649. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13137

Ramkissoon, H., Uysal, M., & Brown, K. (2011). Relationship between destination image and behavioral intentions of tourists to consume cultural attractions. Journal of Hospitality Marketing and Management, 20(5), 575–595. https://doi.org/10.1080/19368623.2011.570648

Safitri, I., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 734. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p734-741

Schiffman, & Kanuk. (2018). Perilaku Kosumen (Schiffman, Kanuk 2018).pdf. Indeks.

Sharpley, R. (2000). Tourism and sustainable development: Exploring the theoretical divide. Journal of Sustainable Tourism, 8(1), 1–19. https://doi.org/10.1080/09669580008667346

Sirakaya, E., & Woodside, A. G. (2005). Building and testing theories of decision making by travellers. Tourism Management, 26(6), 815–832. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2004.05.004

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. In Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Surgawi, I. (2016). Analisis Pengaruh Produk Wisata, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Wisatawan Dalam Mengunjungi Objek Wisata (Studi Pada Objek Wisata Puri Maerokoco Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(4), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management

Susilawati, H. (2017). Jurnal Khasanah Ilmu – Volume 8 No. 2 September 2017 – khasanah.bsi.ac.id. Jurnal Khasanah Ilmu, 8(2). https://doi.org/10.31294/khi.v8i2.2297

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). ANDI.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30