Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Denny’s

Penulis

  • Daffa Altauriq Universitas Asa Indonesia
  • Hariadi Hadisuwarno Universitas Asa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.76103

Kata Kunci:

Restoran, Promosi, Kualitas Produk, kualitas pelayanan, keputusan pembelian

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Denny’s Kota Kasablanka. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah menggunakan SPSS Versi 24 sehingga diperoleh populasi seluruh konsumen yang mengunjungi Denny’s Kota Kasablanka. Sampel berjumlah 120 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis regresi linier berganda dilakukan dalam penelitian ini. Uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas digunakan untuk menghitung data. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara individual promosi, kualitas produk, dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara bersamaan promosi, kualitas produk, dan kualitas pelayanan juga mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Referensi

Aji, H. M. (2019). Manajemen pemasaran syariah teori dan praktik. UPP STIM YKPN.

Alma. (2016). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.pdf.

Anim, A., & Indiani, N. L. P. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kembali (Studi Kasus Pada Start Up Coffee Renon Denpasar). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 99–108. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2432

Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.2664

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Global Research and Consulting Institute.

Dinata, M. S., & Khasanah, I. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Eden International Daily Food, Semarang. 11, 1. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index

Gunawan, D., Pratiwi, A. D., Arfah, Y., & Hartanto, B. (2021). keputusan pembelian skincare safi berbasis media marketing. PT inovasi pratama internasional.

Gustiawati, D., & Paludi, S. (2023). Analisis Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Membeli Bakso Mukidi. 6.

Hapsari, N. T. (2017). seluk-beluk promosi & bisnis. A Plus Books.

Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelangga. Pt. Elex Media Komputindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). prinsip prinsip pemasaran (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (eds.); 12th ed.). Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.

Latief, F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Catering Rumahan di Makassar Melalui Promosi di Instagram, Harga dan Ragam Menu. Jesya, 5(2), 1095–1105. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.724

Maksum, R. B. (2018). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Wingstop.

Morissan. (2010). periklanan komunikasi pemasaran terpadu (I. Fahmi (ed.)). PRENADAMEDIA GROUP.

Oktarini, R., Kencana, P. N., & Wahidah, N. R. (2022). The Influence Of Service Quality and Price On Purchashing Decisions At Mr. Fox Restaurant, South Jakarta Branch. International Journal Of Economy, Education, And Entrepreneurship, 2(2), 477–484. https://doi.org/https://doi.org/10.53067/ije3.v2i2

Parasuraman A Parsu, A. Zeithaml, V., & L Berry, L. (1988). SERVQUAL A Multiple-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). perilaku konsumen pendekatan praktis (NIKOEMUS (ed.)). CV ANDI OFFSET. https://etd.umy.ac.id/id/eprint/25438/2/Bab I.pdf

Santosa, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan E-Wom Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Zenbu-House of Mozaru Paris Van Java, Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 148–158. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1613

Sianto, F. M., Thehumury, C. F., Holiwono, M. R., & Putra, S. (2023). the Influence of Innovation and Promotion on Consumer Purchase Decisions on Pangsit Mie Palu. Review of Management and Entrepreneurship, 7(1), 111–129. https://doi.org/10.37715/rme.v7i1.3686

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suleman, D., Febriyantoro, M. T., Fadly, R., Napitupulu, R. L., Safria, D., & Hasibuan, R. rahmadi. (2022). Perceptions On Halal Labels Impact On Purchase Decisions With Brand Image As Intervening Variables: A Consumer Study Of Solaria Restaurants In Jakarta. 3. https://doi.org/https://doi.org/10.5555/ijosmas.v3i6.257

Sunartono. (2023). Kemenperin: Industri Makan dan Minum Tumbuh 5,35 Persen di Kuartal Pertama 2023. Harian Jogja. https://ekbis.harianjogja.com/read/2023/08/10/502/1144683/kemenperin-industri-makan-dan-minum-tumbuh-535-persen-di-kuartal-pertama-2023

Suryanto, M. H. (2019). manajemen pengambilan keputusan saluran distribusi (H. Rahmadhani (ed.)). CV BUDI UTAMA.

Susilo, T. D. S., & Rizqi, F. A. (2023). Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Restoran Fastfood Menurut Harga, Kualitas Produk, Promosi,dan Citra Merk (Studi Kasus Pada Konsumen Restaurant Fastfood KFC). Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.31537/jembe.v2i2.1557

Sutrisno, et al. (2022). Analysis Of Product Quality, Price And Brand Awareness On The Purchase Decision Of Coffee Products At Mccafe Fast Food Restaurant. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 4121–4128. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Swastha, B., & Irawan. (2008). Menejemen Pemasaran Modern.

Udayalakshmi, & Sridevi. (2023). Service quality models: A review with respect to fast food restaurants. BOHR International Journal of Social Science and Humanities Research, 2(1), 92–96. https://doi.org/10.54646/bijsshr.2023.30

Vaclavik, V. A., & Christian, E. W. (2008). Essentials Of Food Science.

Wibowo, A. E., & Gunawan, A. A. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Restoran Sederhana Di Harbout Bay Batam. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9(1), 57–67. https://doi.org/10.32477/jrm.v9i1.364

Widjaja, Y. R., & Rahmat, F. D. J. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumh Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Ekspansi, 9(1), 71–95.

Widjoyo, S. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern ( robby andika Kusumajaya (ed.)). yayasan prima agus teknik.

Diterbitkan

2024-04-30