Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pasir Putih di Kabupaten Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.76850Kata Kunci:
Daya Tarik Wisata, Kepuasan Wisatawan, Pantai Pasir PutihAbstrak
Pantai Pasir Putih merupakan ikon wisata di Kota Situbondo yang berlokasi di Kecamatan Bungatan. Daya tarik wisata ini berupa atraksi wisata air yang snagat popular di kalangan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Pasir Putih Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Metode yang digunakan meliputi: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji regresi linear sederhana, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik wisata memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan wisatawan. Hal ini, dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05. Koefisien Determinasi menunjukkan nilai 0,586 artinya 58,6% kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh daya tarik wisata sedangkan sisanya 41,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Referensi
Baharuddin, A., Kasmita, M., & Salam, R. (2017). Analisis Kepuasan Wisatawan Terhadap Daya Tarik Wisata Malioboro Kota Yogyakarta. Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 107.
Darojat, I. (2021). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Citra Raya Water World). Dynamic Management Journal, 5(1), 23-37.
Gani, M. A. A. (2020). Analisis Kepuasan Wisatawan terhadap Objek Wisata Bahari di Kota Makassar. Journal of Management Science (JMS), 1(2), 309-324.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisi Multivariate. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Masjhoer, J. M., & Dzulkifli, M. (2019). Analisis Kepuasan Wisatawan Di Desa Ekowisata Pancoh, Kabupaten Sleman. Jurnal Pariwisata Pesona, 4(2), 105-115.
Middleton Victor, T. C., & Jackie, C. (2009). Marketing in travel and tourism.
Oktaviani, G. (2019). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jasa PT. Gita Rifa Express (studi Kasus Pengiriman Barang Daerah Batusangkar) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuntitati, Kualitatif dan R&D (Alfabeta (ed.)).