Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Luminor Hotel Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.76864Kata Kunci:
Bauran Pemasaran, Keputusan Menginap, HotelAbstrak
Latar belakang penelitian ini disebabkan karena adanya persaingan bisnis lingkup perhotelan khususnya di Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan unsur marketing mix (product, price, place, promotion, dan people) terhadap keputusan tamu menginap di Luminor Hotel Banyuwangi. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif. Data yang digunakan berasal dari 100 responden yang ditentukan secara purposive sampling (tamu yang sedang menginap atau pernah menginap) dengan menyebarkan kuesioner. Metode penelitian ini menggunakan teknik uji instrumen data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), serta uji hipotesis (uji regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t (parsial), dan uji f (simultan)). Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa variabel price dan place tidak berpengaruh terhadap keputusan tamu menginap sedangkan variabel product, promotion, dan people berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan tamu menginap. Kemudian diperoleh hasil dari kelima variabel yang berpengaruh terhadap keputusan tamu menginap.
Referensi
Abd. Gaffar, Jushermi, & Nursanti, A. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hotel Arrahman Tembilahan. Jurnal Online Mahasiswa, 4(1).
Adiwilaga, H., et al., U. U., Guna, R. P., Iskandar, P. F., Multiretno, D. F., Maharani, W., . . . Rosyidi, M. I. (2022). Pariwisata Indonesia : Bertahan di Masa Pandemi, Bersiap Bangkit Lebih Kuat. Jakarta: Bank Indonesia Institute.
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
Banyuwangi Tourism. (2023). kembali Kunjungi Banyuwangi, Menparekraf Optimistis Sektor Pariwisata Ngebut 2023. Retrieved November 30, 2023, from https://www.banyuwangitourism.com/news/kembali-kunjungi-banyuwangi-menparekraf-optimistis-sektor-pariwisata-ngebut-2023#:~:text=Pada%202022%20ini%2C%20pergerakan%20kunjungan,yang%20mencapai%203%2C6%20juta.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kavanillah, D., & Ridlwan, A. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Andita Syariah Surabaya. Iqtishoduna, 7(2).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). New Delhi: Pearson Education.
Nasution, A. P. (2014). Analisa Pengaruh Marketing Mix Pada Tingkat Hunian Hotel Berbintang Di Kota Batam. Jurnal Dimensi, 1(2).
Priyatno, D. (2018). SPSS : Panduan Mudah Olah Data Bagi Nahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi.
Sari, I. N. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Aston Jember Hotel & Conference Center. Perpustakaan Poliwangi.
Satria, A., Sitompul, P., & Zen, D. (2019). Analysis Of The Influence Of Marketing Mix On Decision To Stay At Grand Jamee Syariah Hotel. International Journal of Research and Review (IJRR), 6(7), 295-304.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Veva, D. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Resty Menara Pekanbaru. JOM FISIP, 2(2), 1-9.