Pemetaan Kepuasan Kerja Karyawan Berbasis Customer Window Pada PT XYZ

Penulis

  • Trisky Febrian Zallsa Billah Billah Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Jemi Cahya Adi Wijaya Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Esa Riandy Cardias Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.77111

Kata Kunci:

Kepuasan Kerja, Customer Window, Turnover

Abstrak

Penelitian ini menganalisis tentang kepuasan kerja karyawan di PT XYZ, sebuah perusahaan startup pariwisata. Perusahaan menghadapi fenomena tingginya turnover dan presentase ketidakhadiran karyawan dalam beberapa bulan terakhir. Dalam upaya memahami permasalahan ini, penelitian menggunakan pendekatan Customer Window dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pendekatan Customer Window memperlakukan karyawan sebagai pelanggan internal, dengan memetakan kebutuhan dan keinginan pelanggan internal. Melalui pendekatan Customer Window, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman organisasi terhadap kebutuhan pelanggan internal dan memotivasi perbaikan berkelanjutan. Dengan meningkatnya kepuasan kerja, diharapkan dapat mengurangi tingkat turnover karyawan. Penelitian ini memberikan wawasan yang bermanfaat bagi manajemen sumber daya manusia PT XYZ, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas kehidupan kerja karyawan dan kepuasan kerja yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indikator yang masuk pada kuadran A (Attention) adalah gaji, pengakuan, supervisi pimpinan, kondisi kerja dan pelatihan, untuk kuadran B (Bravo) adalah kebijakan perusahaan, pekerjaan itu sendiri, rekan kerja, dan jaminan sosial. Sedangkan indikator yang masuk pada kuadran C (Communicate) dan kuadran D (Don’t Worry Be Happy) tidak ada.

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Customer Window, Turnover

Referensi

Abdullah, J. 2018. Bentuk-bentuk jaminan sosial dan manfaatnya bagi tenaga kerja dalam hukum ketenagakerjaan indonesia. Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam, 9(9), 127–134. http://dx.doi.org/10.21043/yudisia.v9i1.3676

Aisy, R., Arrohimi Rahmah, A., Jannah, M., & Hidayat, W. 2023. Pengaruh kepuasan kerja terhadap intensi turnover karyawan di indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 3(3), 99–121. https://doi.org/10.56910/gemilang.v3i2.620

Barton, G. M. 2002. Recognition at work. World at Work.

Bill G. Rotinsulu, Paulus Kindangen, & Jessy J. Pondaag. 2021. Total quality management (perspektif karyawan terhadap pelaksanaan TQM) pada PT. PLN (Persero) unit induk wilayah suluttenggo. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3), 458–467. https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26521

Damanik, E. 2021. Kebijakan perusahaan dalam menangani kinerja karyawan selama pandemi covid-19 pada PT Astra Internasional tbk-isuzumedan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 1(2), 61–65. https://jurnal.yappsu.org/index.php/skylandsea/article/view/18

Gasperz. (2013). Integrated Total Quality Talent Management. Baranangsiang Indah.

Latifah, Z., Muhammad, S., & Al-Banjari, A. 2021. Pentingnya kepemimpinan dalam organisasi. Jurnal Magister Managemen Pendidikan, 1(1), 234–243. http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4722

Liem, C. 2019. Pengaruh kepuasan pada gaji dan loyalitas karyawan pada kinerja karyawan PT Remaja Service di kupang. Jurnal Manajemen Bisnis Universitas Kristen Petra, 7(2). https://media.neliti.com/media/publications/287294-pengaruh-kepuasan-pada-gaji-dan-loyalita-b6617e30.pdf

Luthans, F. 2021. The need for and meaning of positive organizational behavior. Journal of Organizational Behavior, 23(1), 695-706.

Paparang, N., Areros, W., & Tatimu, V. 2021. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai kantor PT. Post indonesia di manado. Journal Productivity Universitas Sam Ratulangi, 2(2), 119–123. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/productivity/article/view/33793

Purnamasari, S. M. C., Tewal, B., & Lumintang, G. G. 2019. Analisis komparatif kepuasan kerja pegawai badan pendapatan daerah provinsi sulawesi utara ditinjau berdasarkan karakteristik individu. Jurnal EMBA, 7(4), 6057–6065. https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26644

Sari, J., & Fuadati, R. 2022. Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja: kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 1(1), 39–59. https://doi.org/10.24034/jimbis.v1i1.5133

Sedarmayanti. 2001. Manajemen Perkantoran Modern. Mandar Maju.

Soehardi. 2001. Esensi Teori Perilaku Organisasi. Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Stephen P. Robbins, & Timothy A. Judge. 2013. Organizational behavior (15th ed.). New Jersey.

Sutanti, W., & Widayati, N. 2022. Pengaruh efikasi diri, motivasi kerja, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. E-Jurnal Manajemen TSM , 2(2), 317–328. http://jurnaltsm.id/index.php/EJMTSM

Tahol, O., Farizi, A., Muafi, A., & Ismail, I. 2023. Peran rekan kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan di rumah makan presmanan padepokan. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 3(3), 333–341. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1905

Untari, D., Muliadi, W., & Kridatama. 2019. Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di TKQ Al Ukhuwwah Bandung. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 9(1), 39–46. http://:ejournal.unp.ac.id/index.php/jipe

Wirawan, E., Bagia, I., & Susila, J. 2019. Pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Bisma, 5(1), 60–67. https://doi.org/10.23887/bjm.v5i1.21991

Zulkarnaen. 2020. Pengaruh kepuasan kerja, komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior (ocb) pada kementerian direktorat jenderal 7 perhubungan darat (bptd) wilayah ii sumatera utara satuan pelayanan uppkb sibolangit [Skripsi]. Sumatera Utara: Universitas Pembangunan Panca Budi

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30