PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MIXUE DI KINTAMANI

Penulis

  • I Gede Alit Widiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.78216

Kata Kunci:

Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk menguji pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif kausal, dengan adanya pengaruh sebab akibat. Subjek yang dibahas pada penelitian yang diuji adalah citra merek, kualitas produk, dan keputusan pembelian konsumen, serta objek dalam penelitian ini adalah konsumen Mixue di Kintamani. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran ordinal. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mixue di Kintamani. (2) kualitas produk bepengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mixue di Kintamani. (3) citra merek dan kualitas produk meiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mixue di Kintamani.

Referensi

Alfian, B. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla. Universitas Hasannudin.

Amelfdi. (2021). Pengaruh Brand Awarness, Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 5(6), 473-483. https://doi.org/10.37715/jp.v5i6.1825

Andira, A. d. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 2623-2634. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Anggraeny, S. d. (2022). Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas. Journal of Sustainability Business Research, 3(3), 192-205. https://doi.org/10.36456/jsbr.v3i3.6247

Ardiyanti. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust DanProduct Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2(2), 100-108.

Asri, et al (2020). Pengaruh Etnosentrisme, Citra Merek, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 86-95. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.86-95

Budiharja, R. d. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk AQUA. Jurnal STIE Semarang, 8(2).

Databoks, 2022. Indonesia Pasar Minum Boba Terbesar di Asia Tenggara, https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/08/indonesia-pasar-minuman-boba-terbesar-di-asia-tenggara

Fathony, M.G. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian HP Samsung di Surakarta. JAMBURA: Jurnal Ilmiah dan Bisnis, 6(2). https://doi.org/10.37479/jimb.v6i2.19826

Hermansjaharuddin, A. B. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Vol. 3.

Huwae, K. M. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Avenue Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, 5(3). https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17459

Husna, Jabalul. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pt Mytrip Indonesia Wholesale Travel Agent Batam. Scientia Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1).

Indiani, D. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian AMDK AQUA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 87-96. http://dx.doi.org/10.24843/EEB.2022.v11.i01.p08

Kominfo, 2023, Siap Tampil di HM 2023, Industri Mamin Akan Pamerkan Teknologi Industri 4.0, https://www.kominfo.go.id/content/detail/48088/siap-tampil-di-hm-2023-industri-mamin-akan-pamerkan-teknologi-industri-40/0/artikel_gpr

Kompas, 2016, Fungsi Makanan Tak Lagi Sekedar Untuk Bertahan Hidup, https://pemilu.kompas.com/read/2016/04/18/071500223/Fungsi.Makanan.Tak.Lagi.Sekadar.untuk.Bertahan.Hidup

Murwartiningsih, K. N. (2015). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Pekalongan. Management Analysis Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/maj.v4i2.7813

Musyawarah, I. Y. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Pada Toko Rumah Jahit Akhwat. Journal of Economic, Management and Accounting, 2714-8645.

Oktavia Mulyani, N. H. (2023). The Influence of Digital Marketing and Brand Awareness on In Creasing Brand Image and its Impact on Purchasing Decisions. Prima Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 132-145.

Pahlevi, R. (2022, September 08). Indonesia Pasar Minuman Boba Terbesar di Asia Tenggara. Retrieved from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/08/indonesia-pasar-minuman-boba-terbesar-di-asia-tenggara

Palupi, D. L. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mixue di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Edunomica, Vol. 7.

Putro. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1-9.

Sari, V. A. (2017). Pengaruh Harga, Kulitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Teh Botol Sosro. Diponegoro University Journal Of Social And Politic, Business Administration.

Soekoko, N. d. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Xiaomi. Jurnal Of Management, 49-64.

Soetanto, S. d. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amoundeu. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Steven, W. (2021). How Product Quality, Brand Image and Price Perception Impact on Purchase Decision of Running Shoes? Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Supriyadi, Y. d. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen.

Tiningrum, P. R. (2020). Pengaruh Atmosfer Store, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen,Bisnisd dan Pendidikan, 143-152.

Wahyuningsih, N. d. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace. Prosiding Seminar Nasional Onimus, 2564 -3168.

Wikipedia. (2023, September 28). Mixue Ice Cream & Tea. Retrieved from id.Wikipedia.org: https://id.wikipedia.org/wiki/Mixue_Ice_Cream_%26_Tea

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Terbitan

Bagian

Articles