Pengaruh Strategi Pemasaran Digital Terhadap Tingkat Hunian Hotel Semarang
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran Digital, Tingkat Hunian, Hotel BerbintangAbstrak
Industri perhotelan di Semarang menghadapi tantangan dalam mempertahankan tingkat hunian di tengah persaingan ketat dan perubahan perilaku konsumen menuju teknologi digital. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh strategi pemasaran digital terhadap tingkat hunian hotel dan mengidentifikasi strategi yang paling signifikan. Pendekatan kuantitatif dengan desain survei cross-sectional digunakan, mengumpulkan data dari manajer atau staf pemasaran 100 hotel di Semarang. Analisis regresi linear berganda menunjukkan semua indikator strategi pemasaran digital memiliki pengaruh positif signifikan terhadap tingkat hunian. Content marketing dan social media marketing memberikan pengaruh terbesar, diikuti oleh SEO, PPC advertising, email marketing, affiliate marketing, dan analytics and reporting. Koefisien determinasi ganda (R^2) sebesar 0,539 menunjukkan bahwa 53,9% variasi tingkat hunian dapat dijelaskan oleh strategi pemasaran digital. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran digital dan menyarankan hotel mengoptimalkan penggunaan content marketing, social media marketing, SEO, dan PPC advertising untuk meningkatkan tingkat hunian.
Referensi
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, N., Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In N. Saputra (Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
Anwari Masatip, Ita Maemunah, Dina Rosari, C. A. (2020). Marketing Strategy Analysis of the Inna Parapat Hotel in a Covid-19 Pandemic Situation. 8(2).
Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769
Baker, S., Bradley, P., & Huyton, J. (2001). Principles of Hotel Front Office Operations.
Herawati, T., Setyawan, H., & Syah, F. (2022). Strategi Pemasaran Hotel Kollektiv Bandung Pada Masa Pandemi Covid-19. EPIGRAM (e-Journal), 19(1), 90–97. https://doi.org/10.32722/epi.v19i1.4329
Jeri Mahrobi, M., Bambang Riono, S., Syaifulloh, M., Harini, D., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Jeri Mahrobi, M. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Mutu Layanan terhadap Tingkat Hunian Kamar (Studi Kasus di King Royal Hotel Brebes) The Effect of Marketing Strategy and Service Quality on Room Occupancy Rate (Case Study at King Royal Hotel Brebes). JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(4), 60–69. https://jurnal.eraliterasi.com/index.php/jecmer/index
Kesumawatie, M. I., Yulfajar, A., & Hamdiyah, N. (2018). Strategi Pemasaran Hotel-Budget Dalam Meningkatkan Occupancy Rate Sebagai Hotel Start-Up Di Kota Surabaya (Studi Kasus pada Hotel Oriza Surabaya). Media Mahardhika, 16(2), 254–263.
Laksana, D., & Dharmayanti, D. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intelectualcapital dan Perceived Intervening Pada Industri Hotel Bintang Empat di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 11. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.10
Masatip, A., Maemunah, I., Rosari, D., & Anggreani, C. (2020). Analisis Strategi Pemasaran pada Hotel Inna Parapat dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(2), 150–159. https://doi.org/10.36983/japm.v8i2.85
Remanicka, Intan & Andriwati. 2023. Strategi Pemasaran Wisma Handayani. Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship. Vol 5(2).
Rutherford, D. G., & O’Fallon, M. J. (2007). Hotel management and operations (fourth edi). John Wiley & Sons, Inc.
Sutama. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Fairuz Media