ANALISIS PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN: STUDI KASUS PADA THE BODY SHOP INDONESIA

Penulis

  • Febryola Indra Universitas Pelita Harapan
  • Ira B. Hubner Universitas Pelita Harapan
  • Amanda Adi Universitas Pelita Harapan
  • Evelyn Himawan Universitas Pelita Harapan
  • Michelle Min Chen Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.81547

Kata Kunci:

Corporate Social Responsibility, Industri Kecantikan, Loyalitas Pelanggan, The Body Shop

Abstrak

Penelitian ini menganalisis dampak Corporate SocialResponsibility (CSR) terhadap loyalitas pelanggan di industri kecantikan, dengan fokus pada program-program CSR The Body Shop Indonesia seperti "Bring Back Our Bottle" (BBOB). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dari berbagai literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun CSR tidak selalu memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan, program-program tersebut meningkatkan citra merek yang pada akhirnya memperkuat loyalitas pelanggan. Penggunaan bahan-bahan alami, program perdagangan yang adil, dan inisiatif ramah lingkungan berkontribusi positif terhadap persepsi konsumen. Keberhasilan CSR dalam meningkatkan loyalitas pelanggan juga dipengaruhi oleh transparansi dan komunikasi yang efektif mengenai program-program CSR yang dijalankan oleh perusahaan.

Referensi

Adhimusandi, D., Sudirman, H. A., & Militina, T. (2020). The impact of green marketing and corporate social responsibility on brand image, purchase intention, and purchase decision (Study on The Body Shop in Samarinda). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(4), 987–999. https://doi.org/10.1007/978-3-031-28686-5_17

Anjarwati, S., Risdwiyanto, A., Deni, A., Hendrawan, L., Melati, Lusono, A., Flora, H. S., Christian, F., Lubis, D. S. W., & Iryanto, M. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif. CV. Rey Media Grafika. https://books.google.co.id/books?id=hw8IEQAAQBAJ

Ansar, A. D. A., Nurafifah, I. P., Sundari, S., & Madein, A. (2023). Peran corporate social responsibility dalam membangun citra perusahaan: sebuah literatur. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51903/jiab.v3i1.195

Azzahra, S., & Fachira, I. (2022). The influence of bring back our bottle program on the Body Shop Indonesia brand image, brand trust, brand love and brand loyalty. Asian Journal of Research in Business and Management, 4(3), 283–295. https://doi.org/10.55057/ajrbm.2022.4.3.26

Febriane, R. (2022). Analisis green marketing sebagai global strategi the Body Shop. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6 SE-Articles), 817–826. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.1020

Ilyasa, M. Z., & Darmastuti, I. (2022). Analisis pengaruh penghargaan terhadap retensi karyawan dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebagai variabel intervening. Diponegoro Journal of Management, 11(6), 1–15.

Kewakuma, A. S. V., Rofiaty, R., & Ratnawati, K. (2021). The effect of green marketing strategy on customer loyalty mediated by brand image. JBTI : Jurnal Bisnis : Teori Dan Implementasi, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.18196/jbti.v12i1.10691

Kiftiah, T., Tarigan, E. D. S. T., Sahir, S. H., & Siregar, D. (2022). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian (tupperware di jalan setia budi). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 3(2), 203–217. https://doi.org/10.31289/jimbi.v3i2.1283

Lisnawati, T., Hussaen, S., Nuridah, S., Pramanik, N. D., Warella, S. Y., & Bahtiar, M. Y. (2023). Manajemen risiko dalam bisnis E-commerce : mengidentifikasi, mengukur, dan mengelola risiko-risiko yang terkait. Jurnal Pendidikan Tambunsai, 7(2), 8252–8259. https://repository.bsi.ac.id/repo/files/372665/download/11.-Publikasi-Jurnal.pdf

Maharani, M. Z. (2024). Analisis sentimen positif terhadap Avoskin sebagai Eco Friendly Brand di media sosial X dan TikTok. Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(3), 124–140.

Nafi’a, I., Lailatul Nikmah Kholisna Putri, N., & Sekar Ananta, S. (2023). Corporate social responsibility dalam etika bisnis dengan sudut pandang nilai-nilai pancasila di tengah revolusi industri 4.0. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 4(2), 79–87. https://doi.org/10.34199/oh.v4i2.116

Patsy, E., Alfakihuddin, M. L. B., Butar, N. A. B., & Nethania, P. (2023). Corporate action on plastic pollution (The Body Shop case study). Jurnal Ekonomi, 12(02), 1350–1355.

Pramadhani, D., & Nugroho, R. (2024). Pengaruh green marketing, lifestyle, dan environmental awareness terhadap brand loyalty: studi pada pengguna produk The Body Shop di Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 3126–3138. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.1869

Sri Ardani, N. K., & Mahyuni, L. P. (2020). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan manfaatnya bagi perusahaan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 12. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i1.2339

Syailendra, M. R. P., & Laurencia, C. (2023). Tinjauan yuridis pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) sebagai kewajiban hukum di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 3197–3208. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6511

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Terbitan

Bagian

Articles