Wellness Tourism : Profil dan karakteristik Spa di Kawasan Wisata Ubud, Gianyar

Penulis

  • Dewa Kiskenda Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Agus Trimandala Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Wahyu Wiradinata Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.82789

Kata Kunci:

Wisata Wellness, Karakteristik Produk, Karakteristik Wisatawan, Ubud

Abstrak

Ubud salah satu destinasi wisata yang ikut aktif menyediakan sarana Spa, namun belum teridentifikasi secara empiris profil produk Spa. Profil ini diukur dengan mengidentifikasi karakteristik produk Spa dan mengidentifikasi karakteristik wisatawan yang menggunakan Spa. Menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 42 informan serta 30 sampel responden wisatawan yang diambil secara Accidental dan purposive Sampling. 96 usaha Spa yaitu 73 Day Spa dan 23 Spa Hotel/Resort yang tersebar di (1) Kelurahan Ubud, (2) Desa Campuan, (3) Desa Kedewatan. Produk Spa di Ubud masih didominasi oleh produk spa tradisional Bali dan produk Spa yang dikolaborasikan dengan konsep spa tradisional lainnya dengan kemasan produk sederhana yang disesuaikan kebutuhan/permintaan wisatawan. Profil wisatawan didominasi oleh wisatawan berusia lanjut dan usia baby boomber dengan berbagai jenis profesi, jenis kelamin, status, daerah asal dan latar belakang pendidikan dengan pendapatan $500 – $5000 per bulan, wisatawan yang mempunyai pengalaman dan mengenal produk spa, serta ingin memanjakan diri dengan relaksasi, mengatasi stress dengan ketertarikan terhadap produk Spa Ubud khas Bali tradisional

Referensi

Gilbert, Elizabeth, 2007. Eat, Pray & Love. New york : Penguin

Pramono, J., & Dhyana, U. 2013. Strategi pengembangan health and wellness di Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 7(66), 1- 10

Putra, D. P. K. E., Suardana, I. W., & Dewi, L. G. L. K. 2015. Peran Pengalaman Sebagai Pemoderasi Pada Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Wisatawan Mancanegara Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wellness Tourism Di Kawasan Wisata Ubud, Kabupaten Gianyar. Jurnal IPTA ISSN, 2338, 8633.

Sugianto, S., Sendra, I. M., & Negara, I. M. K. 2018. Preferensi Wisatawan Cina terhadap Cultural Tourism di Bali. Jurnal IPTA p-ISSN, 6(2), 2338, 8633

Susanti, H. 2022. Wellness tourism sebagai bentuk adaptasi terhadap dinamika pariwisata Bali di era new normal. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 16(1), 1-11.

Yanthy, P. S., Dewi, L. G. L. K., & Juwitasari, W. C. 2015. Quality of Life (QOL) of Balinese Women Working in Spa Tourism Industry. Journal of Business on Hospitality and Tourism, 1(1), 13.

Yoga, I. M. S., Sari, P. R. J., & Wisudawati, N. N. S. 2018. Clustering Rata-Rata Tingkat Spending Money Berdasarkan Profil Geografis dan Preferensi Konsumsi Wisatawan Mancanegara di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 3(1), 45-59.

Yuniati, N. 2018. Profil dan karakteristik wisatawan nusantara (studi kasus di Yogyakarta). Jurnal Pariwisata Pesona, 3(2), 175-190.

Sumber Website :

________,The Jakarta Post. 2003. Bali voted ‘best island’. dengan alamat http:/ /www.thejakartapost.com/ news/2003/07/29/Balivoted-039best-island039.html. diakses pada 5 April 2024

________,http://travel.kompas.com/read/2014/03/10/07594051/10.Aktivitas.Wisata.di.Ubud. diakses pada 14 maret 2024

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Terbitan

Bagian

Articles