PERAN EVENT HOTEL PENDIDIKAN POLIWANGI JINGGO DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MAHASISWA PARIWISATA SEBAGAI CALON SDM PERHOTELAN

Penulis

  • Reni Nur Jannah Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Adetiya Prananda Putra Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Dwi Rahmayana Putri Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.83975

Kata Kunci:

Hotel Pendidikan, Teaching Factory, Keterampilan Mahasiswa

Abstrak

Perkembangan pariwisata Banyuwangi meningkat diikuti dengan perkembangan industri penginapan tidak diimbangi dengan perkembangan SDM perhotelan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Politeknik Negeri Banyuwangi hadir dengan Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata yang menggunakan konsep pembelajaran teaching factory melalui keterlibatan mahasiswa dalam layanan Event Meeting yang ditawarkan kepada konsumen. SDM layanan event meeting oleh Hotel Pendidikan Politeknik Negeri Banyuwangi Jinggo adalah berasal dari Mahasiswa. Harapannya, konsep ini, akan memberikan pengalaman serta pengembangan kompetensi mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan industri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengatahui bagaimana peran event meeting dapat mengembangkan keterampilan mahasiswa. Dengan metode analisis data miles and huberman dan uji validasi data menggunakan model triangulasi data, maka hasil yang didapat adalah layanan event meeting Hotel Pendidikan Politeknik Negeri Banyuwangi Jinggo dapat memberikan pengalaman bagi mahasiswa yang berperan sebagai sumber daya manusia di hotel layaknya hotel komersil pada umumnya. Selai itu, meningkatkan keterampilan manajerial, meningkatkan softskill mahasiswa serta meningkatkan keterampilan khusus dalam bisang perhotelan.

Referensi

Antaranews. 19 Juni 2024. Kemenparekraf Sorotu Banyuwangi Jadi Destinasi Wisata Favorit pada Idul Adha, hlm.2

BPS Provinsi Jatim. 2024. Jumlah Akomodasi Menurut Klasifikasi Hotel dan Kabupaten/Kota 2019-2021.

Dewi, S. S., Sudira, P., Yogyakarta, U. N., Teknik, F., & Yogyakarta, U. N. (2018). The Contribution of Teaching Factory Program Implementation on Work Readiness of Vocational High School Students In Makassar. 4(2), 126–131.

Febrian, A. W., Jannah, R. N., Rozab, F., & Gofar, A. (2024). Perancangan Identitas Visual Hotel Pendidikan Politeknik Negeri Banyuwangi Jinggo. 5(3), 720–728.

Gultom, L. K. (2023). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia pada Penyelenggaraan MICE. 6(1), 158–164.

Gultom, L.K & Nurbaeti. 2023. Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia pada Penyelenggara MICE. Jurnal Perhotelan dan Pariwisataa. Vol 6 No. 2

Noviyanti, E., Sudirtha, I. G., & Widiartini, N. K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Teaching Factory ( Tefa ) Berbasis Model Project Based Learning ( Pjbl ) Untuk Meningkatkan Inovasi Produk Cake Dan Kue Indonesia ( Pcki ) Melalui Kreativitas Peserta Didik Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 13(1), 77–89.

Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan Model Teaching Factory Di Sekolah Kejuruan. 447–454.

Perwiranegara, A. A. (2022). Teaching Factory Management in the Industrial Era 4 . 0 in Indonesia. 4(3), 151–162.

Vidiastuti, Y., & Purwanto, N. A. (2022). Teaching factory management during the Covid-19 pandemic. 11(3), 294–304.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Terbitan

Bagian

Articles