PENGARUH KEPERCAYAAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA KAMAR MENGGUNAKAN ONLINE TRAVEL AGENT DI HOTEL PANGERAN BEACH PADANG

Penulis

  • Putri Astri Rangkuti Universitas Negeri Padang
  • Pasaribu Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.84019

Kata Kunci:

Kepercayaan, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam proses pengambilan keputusan pembelian yang terkait dengan kepercayaan dan gaya hidup tamu di Hotel Pangeran Beach Padang. Dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal berbasis survei mengidentifikasi hubungan sebab akibat antara kedua variabel tersebut. Populasi penelitian mencakup tamu yang melakukan pemesanan kamar melalui online travel agent (OTA) di Hotel Pangeran Beach Padang di Hotel Pangeran Beach Padang. Sampel penelitian sebanyak 110 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling, bagian dari non-probability sampling.  Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji normalitas, heteroskedastisitas, dan multikolinearitas untuk memenuhi asumsi regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dan gaya hidup memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepercayaan berkontribusi 41,7% terhadap keputusan pembelian, sedangkan gaya hidup berkontribusi 33,4%. Adjusted R-squared sebesar 0,526 menunjukkan bahwa kepercayaan dan gaya hidup bersama-sama menjelaskan 52,6% variasi keputusan pembelian, sementara 47,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kepercayaan, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Referensi

Astuti, W. S., Reny, A., Tandiono, D., & Calvin, C. (2023). Harga, Promosi, Ulasan dan Foto Produk terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 159–176. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5246

Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100

Bugis, S. W., & Anggraini, T. (2023). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Sosialisasi Produk dan Literasi Nasabah terhadap Eksistensi Bank Syariah Indonesia (BSI) di Tapanuli Tengah. Available at Https://Jurnal.Stie-Aas.Ac.Id/Index.Php/Jie Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(01), 2023, 841-846 Pengaruh, 9(01), 841–846. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.8509

Hair, Joseph, Black, W., Babin, Anderson, R., & T. (2010). Multivariate Data Analysis. In A Global Perspective (Vol. 12, Issue 12, pp. 1–18). https://doi.org/10.3390/polym12123016

Juniarta, P. P., Sari, R. J., Wira, K., Saputra, A., Nengah, I., & Astawa, D. (2023). Analisis Electronic Word of Mouth (e-WOM) dalam Keputusan Menginap: Study Kasus Pengaruh e-WOM Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Richland Glamping Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 2023. www.booking.com,

Mulyadi, A., Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di toko online Lazada. Jembatan, 15(2), 87–94. https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i2.6656

Prakosa, Y. B., & Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh kualitas produk, gaya hidup, dan pengetahuan produk terhadap proses keputusan pembelian sepeda lipat di Kota Semarang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 361–374. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i3.189

Rahayu, L. P., & Susanti, A. (2022). Pengaruh faktor harga, keamanan, kemudahan, dan kepercayaan terhadap perilaku belanja online di masa pandemi Covid-19. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 538–544. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i3.1279

S, R. F., & Jalaludin, J. (2023). Pengaruh word of mouth, citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk motor Honda di Jakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 1089. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1086

Sahata Sitanggang, A., Septiana Yusuf, D., Ali Aridho, M., Stivo Wijaya, P., Tristan Bimantara, R. S., & Yuda Nurhidayat, dan. (2022). Penggunaan E-Tourism Sebagai Strategi Mempromosikan Pariwisata di Majalengka. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 4(2), 52–60.

Saparso, S. (2022). The Effect of Customer Trust, Lifestyle, and Attitude on the Online Buying Decision. Quantitative Economics and Management Studies, 3(1), 84–91. https://doi.org/10.35877/454ri.qems891

Soetanto, F. P. (2022). Pengaruh promo, loyalty point, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Burger King. Jurnal Cita Ekonomika, 16(1), 1–17. https://doi.org/10.51125/citaekonomika.v16i1.5576

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Jurnal MANAJERIAL, 19(2), 198–209. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i2.24275

Yusuf, A. (2021). The influence of product innovation and brand image on customer purchase decision on Oppo smartphone products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 472–481.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Terbitan

Bagian

Articles