PENGARUH KONSEP "NO PORK NO LARD" TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MUSLIM JAKARTA
STUDI KASUS PADA HAIDILAO GANDARIA CITY JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.84057Kata Kunci:
No Pork No Lard, Minat Beli Konsumen, Kuliner Tiongkok, Konsumen MuslimAbstrak
A B S T R A K
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan konsep "No Pork No Lard" dapat berpengaruh pada minat beli konsumen muslim di Jakarta serta menganalisis peran serta pengaruh tingkat religiusitas antar variabel yang diteliti dengan mengambil studi kasus pada restoran Haidilao cabang Mall Gandaria City, Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang menggunakan skala likert yang kemudian diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa konsep "No Pork No Lard" (X1 )mampu berpengaruh positif pada minat beli konsumen (Y), dan tingkat religiusitas (X2) berpengaruh negatif terhadap minat beli konsumen, selain itu variabel tingkat religiusitas mampu berperan sebagai variabel mediasi (M) antar variabel X1 dan Y yang membuat minat beli konsumen terhadap restoran berkonsep "No Pork No Lard" menjadi menurun.
Referensi
Aditya, T. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Institut Teknologi Sumatera) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Christine, C. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Restoran HaiDiLao Hotpot di MOI Kelapa Gading/Christine/27180359/Pembimbing: Muhammad Fuad.
Deffani, S., & Soeprapto, V. S. (2024). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Ketertarikan Konsumen di Cerita Rasa Nusantara Resto, Jakarta. JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, 10(2), 187-198.
Djunaid, I. S. (2018). Analisa Bauran Pemasaran (Marketing mix) Jasa Penginapan Berbasis Syariah Di Hotel Sofyan Inn Srigunting Bogor. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 1(1).
Dodds, W. B., K. B. Monroe., & D. Grewal. (1991). Effects of Price, Brand, and Store Information on Buyers' Product Evaluations. Journal of Marketing Research, 28(3), 307-319
Faidah, M. (2017). Sertifikasi Halal di Indonesia dari Civil Society menuju Relasi Kuasa antara Negara dan Agama. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 11, 449-476.
Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan desrtasi ilmu manajemen.
Fuad, C. C. (2020). Pengaruh Service Quality Dan Food Quality Terhadap Behavioral Intentions Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening; Studi Kasus Restoran Hai Di Lao Di Kalangan Mahasiswa Universitas Kristen Petra. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(2), 14.
Iriani, D. F. (2018, September). LEADERSHIP BALANCE: IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PEKERJA MILENIAL DAN CUSTOMER DALAM HOSPITALITY INDUSTRY. In National Conference of Creative Industry.
Iskandar, H. (2021). Analisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Restoran Remaja Kuring Serpong. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 4(2), 75-89.
Izham, S. S., Ahmadun, M., & Hazmi, H. F. (2022). Trend And Community Comprehension Concerning The" No Pork" Label On Food Premises: Trend Dan Kefahaman Masyarakat Berkaitan Label “No Pork” Di Premis Makanan. al-Qanatir: International Journal of Islamic Studies, 28(2), 50-60.
Izzuddin, A. (2018). Pengaruh label halal, kesadaran halal dan bahan makanan terhadap minat beli makanan kuliner. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 100-114.
Kamilah, G., & Wahyuati, A. (2017). Pengaruh labelisasi halal dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(2).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15thn Edition New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Lubis, M., Ahmatnijar, A., & Dalimunthe, D. (2021). Sertifikasi Halal pada Produk Makanan. Jurnal El-Thawalib, 2(3), 100-112.
Ningtyas, Y., FITRIA, D., PRADANI, Y. S., ARUM, N. P., & LU'LUUL, M. A. K. N. U. N. (2021). Analisis pengaruh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap minat beli konsumen pada produk bersertifikat halal. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 42-49.
Purnasari, N., Hasyim, F., & Sabarisman, I. (2019). Menilai Tingkat Religiusitas dan Pengetahuan pada Perilaku Beli Generasi Muda Terhadap Produk Pangan Halal. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 6(2), 57-68.
Rifai, A., & Meliala, A. (2022, August). Perlindungan Hukum terhadap Produk Halal pada Restoran All You Can Eat (AYCE). In Proceeding of Conference on Law and Social Studies.
Sahputra, A., & Nurlatifah, H. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Dan Halal Terhadap Keputusan Memilih Melalui Attitude Dan Brand Trust Pada Bakeri Modern (Studi Kasus 3 Bakeri Top Brand. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(1), 11-18.
Sayyaf, R. T. F., & Afkarina, A. (2022). Peningkatan Kesadaran Makanan Halal Melalui Pendampingan Fikih Halal Dan Sosialisasi Self Declare Muhammadiyah. JURNAL APLIKASI DAN INOVASI IPTEKS" SOLIDITAS"(J-SOLID), 5(1), 92-99
Soper, D.S. (2024). Sobel Test Calculator for the Significance of Mediation [Software]. Available from https://www.danielsoper.com/statcalc