PENGARUH SERVICESCAPE DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN EMOSIONAL PELANGGAN DI KEDAI CISANGKUY PADANG

Penulis

  • Tara Utari Universitas Negeri Padang
  • Pasaribu Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.84064

Kata Kunci:

servicescape, harga, kepuasan emosional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) servicescape dan harga terhadap kepuasan emosional pelanggan (2) servicescape terhadap kepuasan emosional pelanggan dan (3) harga terhadap kepuasan emosional pelanggan. Subjek pada penelitian ini yaitu Kedai Cisangkuy, Padang Barat, Kota Padang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 120. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) servicescape dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan emosional pelanggan, (2) servicescape berpengaruh positif terhadap kepuasan emosional pelanggan, dan (3) harga berpengaruh positif terhadap kepuasan emosional pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa servicescape dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan emosional pelanggan di Kedai cisangkuy padang. Dengan kata lain, jika Kedai cisangkuy padang ingin meningkatkan kepuasan emosional pelanggannya, mereka harus mempertimbangkan baik servicescape maupun harga

Referensi

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Arif. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Kelom Sheny Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Bina Manajemen, 11, 1–23.

Eko Wirawan, D., Manajemen, P., & Tinggi Ilmu Ekonomi Bima, S. (2020). Pengaruh Servicescape Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Uma Ilo Peta Kota Bima the Effect Ofervicescape and Product Innovation on Consumer Satisfaction on the Uma Ilo Peta of the City of Bima. Dimensi, 9(2), 387–396.

Hedy Syahidah Budiarti, R. (2023). Manajemen Pemasaran Global Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen dan Keberhasilan Bisnis. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 405–416. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i2.3763

Kusuma, R. W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(12), 1–17.

Lubis, D., Annisa, C., & Salsabila, A. (2022). Pengaruh Pelayanan dan Merek Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan di Bank Sumut Syariah Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 19–25. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/64

Pancarini, S. E., Lukitaningsih, A., & Cahya, A. D. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 3007–3017. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2701

Pratiwi, H., Prayudi, A., Sinaga, K., Mahyudanil, M., & Aditi, B. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Herfinta Farm and Plantation. Journal of Global Business and Management Review, 4(2), 72. https://doi.org/10.37253/jgbmr.v4i2.7268

Putri, A. S., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Service Quality , Servicescape , Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret Drive Thru ( Studi Kasus Pada Toko Indomaret Drive Thru Jakarta Barat ). 1(3), 73–81.

Skawanti, J. R., & Suhendar, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Raisha Butik Hotel Bogor. Jurnal Industri Pariwisata, 5(1), 111–121. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i1.992

Vonika, T., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Uda Fes Kuliner’s Cabang Juanda di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 3(1), 108. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8530

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.425

Yulianingrum, P., & Budiono, A. (2024). Analisis Loyalitas Konsumen Koda Bar Jakarta Yang Dipengaruhi. 06(01), 59–72.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-25

Terbitan

Bagian

Articles