PENGARUH FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MASJID SULTAN MAHMUD RI’AYAT SHAH KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i3.85296Kata Kunci:
Fasilitas, Lokasi, Kepuasan PengunjungAbstrak
Batam berada di peringkat ketiga sebagai titik masuk paling populer bagi wisatawan, setelah Bali dan Jakarta. Salah satu destinasi menarik di Batam adalah Masjid Sultan Mahmud Ri’ayat Shah, yang merupakan masjid terbesar di Sumatera dan Batam serta memiliki kubah terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pengunjung di Masjid Sultan Mahmud Ri’ayat Shah, Kota Batam. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel dalam studi ini terdiri dari 100 pengunjung masjid. Teknik analisis data yang diterapkan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis yang diperoleh melalui SPSS menunjukkan bahwa fasilitas dan lokasi memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item pernyataan untuk variabel X1, X2, dan Y adalah valid, dengan nilai r hitung lebih besar daripada r tabel. Hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha untuk X1 (0,634), X2 (0,721), dan Y (0,811) yang semuanya lebih besar dari 0,60, sehingga dinyatakan reliabel. Berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,456, dapat disimpulkan bahwa 45,6% variasi dalam kepuasan pengunjung dapat dijelaskan oleh fasilitas dan lokasi, sedangkan 54,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Referensi
Adawiyah, R. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Price, Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop di Sidji Coffee Space Kudus. Isntitut Agama Islam Negeri Kudus.
Amalia, E., Supardi, & Lubis, A. L. (2023). Strategi Branding “Terpikat Pulau Penyengat” Sebagai Destinasi Wisata Sejarah, Budaya & Religi di Kepulauan Riau. DIMENSI, 12(01), 212–229. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/dms.v12i1.5000
Andari, C. L. S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung (The Sila’s Agrotourism). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Asikin, N., Pristiwasa, I. W. T. K., & Lubis, A. L. (2024). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Kamar di Beverly Hotel Batam. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 9(1), 101–116.
BPS Batam. (2023). Perkembangan Pariwisata Kota Batam Desember 2023. In Badan Pusat Statistik Kota Batam.
Deisita Memah, Altje Tumbel, P. V. R. (2015). Analisis Strategi Promosi, Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Citraland Manado. Jurnal EMBA, 3(1), 1263–1273.
Fatmalasari, E. (2022). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Kawasan Telaga Biru. Institusi Agama Islam Negeri Palopo.
Giovani, Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2023). Implikasi Tingkat Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Masjid Jabal Arafah Destinasi Kota Batam. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), 655–666. https://doi.org/10.47492/jih.v12i2.2984.
Kemenparekraf RI. (2020). Peraturan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif tentang Standar Dan Sertifikasi Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan Sektor Pariwisata Dalam Masa Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Boletin cultural e informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España (15th ed., Vol. 22). Pearson Education.
Kristin, L., & Lubis, A. L. (2023). Aplikasi Analisis SWOT Terhadap Pertumbuhan Tujuan Wisata Pantai Ciptaland di Kota Batam. Jurnal Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 4(2), 138–150. https://jurnal.radenwijaya.ac.id/index.php/sabbhata_yatra/article/view/917
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.
Mabruroh, S. K., Supardi, & Lubis, A. L. (2023). Pengaruh Instagram Terhadap Keputusan Pengunjung Untuk Berwisata ke Mega Wisata Ocarina Kota Batam. Jurnal Sistem Informasi & Manajemen, 11(3), 388–398.
Mahanani, E., Khadijatul, A., Rahmat, & Adam, A. A. (2023). Manajemen Pemasaran (N. Qosim (Ed.)). Eureka Media Aksara.
Mistriani, N., Nasrullah, Nia, L., Revida, E., Simarmata, M., Murdana, I. M., Suwandi, A., Rahmaniyah Utami, N., Lestari, Y., & Tristantie, N. (2021). Pengantar Pariwisata dan Perhotelan (A. Karim & J. Simarmata (Eds.)). Yayasan Kita Menulis.
Morysa, J., & Lubis, A. L. (2023). Daya Tarik Wisata Puncak Beliung Batam : Pengaruh Amenitas , Pelayanan , dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 7(2), 279–292.
Mu’ti, K. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung Di Wisata Sungai Gagak Koto Mesjid Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Musparni, & Samira, D. (2021). Pelaksanaan Kinerja Roomboy di Best Western Premier Panbil Batam. Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1(2), 89–95.
Nurliza, Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2024). Analisis Kepuasan Pengunjung Pada Objek Wisata Pantai Tanjung Pinggir Di Batam. Jurnal Mekar, 2(2), 43–51. https://doi.org/10.59193/jmr.v2i2.238
Pemerintah Kota Batam. (2019). Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Kebangkitan Tamadun Melayu di Batam. 1–50.
Pratama, G. S. (2020). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen Menyewa Kamar Hotel Di King’s Hotel Kudus. Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra (Ed.)). Zifatama Publishing.
Rai Utama, I. G. B. (2019). Pemasaran PAriwisata. Andi.
Rezqiana, A. N. (2023). Fakta-fakta Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batam Kepri. Tribun Jogja.
Rifa’i, K. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. In Zifatama Publisher. Zifatama.
Safira, P., Wibowo, A., & Lubis, A. L. (2023). Karakteristik Pengunjung Objek Wisata Piugus Resort Desa Belibak di Kepulauan Anambas Riau. Journal of Tourism and Interdisciplinary Studies, 3(2), 84–98. https://jotis.triatmamulya.ac.id/index.php/jotis/article/view/122
Setiawan, S. K. I., Lubis, A. L., & Supardi, S. (2023). The Influence of 3A (Attractions, Accessibility, and Amenities) on Tourists’ Decisions to Visit Ciptaland Beach, Batam City. E-Journal of Tourism, 10(2), 287. https://doi.org/10.24922/eot.v10i2.108066
Simbolon, S. O., Lubis, A. L., & Wibowo, A. (2023). Strategi SWOT Untuk Mengembangkan Potensi Destinasi Wisata Pantai Melayu di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 8(2), 81–95. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/parbud/article/view/3067
Siregar, N., Elfikri, M., & Daulay, R. P. (2022). Pengaruh Lokasi. Promosi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengunjung Kawasan Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat). Ekowisata Tangkahan Kabupaten Langkat) .SOSEK, 3(1), 1–9.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Tjiptono, F. (2020). Strategi Pemasaran. Andi.
Triandini, R., & Yusrini, L. (2018). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Panorama Pabangbon Leuwiliang Bogor. Jurnal EDUTURISMA, III(1), 1–20.
Undang - Undang Republik Indonesia No.10 Tahun 2009. (2009).
Wibowo, A. E., & Wulandari, Y. (2020). SPSS dalam Riset Layanan Jasa dan Kesehatan (1st ed.). Gava Media.
Winny, Wibowo, A. E., & Lubis, A. L. (2024). The Influence of Location on the Decision To Stay at Swiss-Belhotel Harbor Bay. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 08(01), 302–318. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37484/jmph.080118 The
Wiwik Pratiwi, N. K., & Dewanti, M. A. (2024). Pengaruh Komunikasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Arena Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 7(2), 158–167.