PENGEMBANGAN WISATA SPIRITUAL BERBASIS BUDAYA BALI DI SIWA LINGGAM TEMPLE UBUD

Penulis

  • I Gusti Bagus Angga Wiguna Institut Pariwisita dan Bisnis Internasional
  • Putu Eka Wirawan Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
  • Francisca Titing Koerniawaty Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i3.85927

Kata Kunci:

Wisata Spiritual, Budaya Bali, Siwa Linggam Temple Ubud

Abstrak

Penelitian ini mengevaluasi potensi pengembangan wisata spiritual berbasis budaya Bali di Siwa Linggam Temple Ubud. Dengan menggunakan teori TALC (Tourism Area Life Cycle) dan analisis SWOT berdasarkan konsep 4A (Attraction, Accessibility, Activities, dan Amenities), penelitian ini mencari strategi pengembangan yang tepat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siwa Linggam Temple Ubud, destinasi spiritual yang menyatu dengan budaya Bali dan alam, mengalami perkembangan stabil sejak didirikan oleh Guru Made Sumantra dan kini berada pada tahap konsolidasi dalam model TALC, menunjukkan pertumbuhan berkelanjutan. Analisis SWOT mengindikasikan bahwa strategi pengembangan yang tepat meliputi memanfaatkan kekuatan budaya Bali, menggandeng penyedia transportasi lokal, dan branding Gianyar sebagai pusat pariwisata spiritual. Dengan strategi S-O, Siwa Linggam Temple Ubud diharapkan dapat memaksimalkan potensi pertumbuhannya.

Referensi

Aditya, I. W. P., Ardika, I. W., & Pujaastawa, I. B. G. (2019). Faktor pendorong dan implikasi perkembangan pariwisata spiritual. JUMPA, 6(1).

AmrtaSiddhi Ayurvedic Centre. (2023, November 8). Amrtasiddhi team. https://www.amrtasiddhi.com/team/

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arini, N. N., & Raditya, I. P. T. (2023). Kajian literary tourism: Daya tarik wisata Ubud dinarasikan melalui latar tempat dalam karya sastra novel. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 13(2). https://doi.org/10.22334/jihm.v13i2

Bahadori, S. R., Torabi Farsani, N., & Shafiei, Z. (2019). Tourists’ views on Islamic spiritual tours (case study: Yazd, Iran). Journal of Islamic Marketing, 10(1), 323–335. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2017-0055

Bungin, B. (2015). Metodologi penelitian sosial dan ekonomi: Format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan publik, komunikasi, manajemen, dan pemasaran. Kencana.

Butler, R. W. (1980). The concept of a tourist area cycle of evolution: Implications for management of resources. Canadian Geographer / Le Géographe Canadien, 24(1), 5–12. https://doi.org/10.1111/j.1541-0064.1980.tb00970.x

Cohen, S. A., & Cohen, E. (2019). New directions in the sociology of tourism. Current Issues in Tourism, 22(2), 153–172. Routledge. https://doi.org/10.1080/13683500.2017.1347151

Dinas Pariwisata Provinsi Bali. (2023, August 31). Peraturan Daerah Bali No. 5 Tahun 2020 dengan persetujuan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bali. https://disparda.baliprov.go.id/peraturan-daerah-provinsi-bali-nomor-5-tahun-2020-tentang-standar-penyelenggaraan-kepariwisataan-budaya-bali/2020/08/

Dinas Pariwisata Provinsi Bali. (2023, September 1). Bali Spirit Festival, event unggulan sebagai bagian pembangunan wellness tourism di Bali. https://disparda.baliprov.go.id/bali-spirit-festival-event-unggulan-sebagai-bagian-pembangunan-wellness-tourism-di-bali/2023/05/

Garg, A., Misra, P., Gupta, S., Goel, P., & Saleem, M. (2021). Prioritizing motivators influencing intentions to visit spiritual destinations in India: An application of analytical hierarchical process (AHP) approach. Journal of Tourism Futures. https://doi.org/10.1108/JTF-09-2021-0214

Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, observasi dan focus groups sebagai instrumen penggalian data kualitatif. Rajawali Pers.

KBBI VI Daring. (2023, November 9). Spi.ri.tu.al. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/spiritual

Kiss, R., & Chan, I. Y. F. (2022). The role of spirituality in young people’s wellness and travel. International Journal of Tourism, 5(2), 131–144. https://doi.org/10.22133/IJTCS.2022.351763.1105

Kusmayadi, & Sugiarto, E. (2000). Metodologi penelitian dalam bidang kepariwisataan. Gramedia Pustaka Utama.

Maharani, N. P. D. T. P. D., Suryantari, I. A. P., Sukaatmadja, I. P. G., & Yasa, N. N. (2023). Pengembangan wisata spiritual penglukatan di Pura Tirta Empul. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 8(1), 32–42. https://doi.org/10.38043/jimb

Mahardika, G., & Agus Nova, K. . (2023). Pura Pucak Bukit Sinunggal Sebagai Daya Tarik Wisata Spiritual . Jurnal Penelitian Agama Hindu, 7(2), 193–205. https://doi.org/10.37329/jpah.v7i2.2145

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Muliadiasa, I. K., & Aprinica, N. P. I. (2022). Penerapan habitus pada potensi dan model pengembangan wisata spiritual Alas Metapa Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. SIWAYANG Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, dan Antropologi, 1(2), 93–106. https://doi.org/10.54443/siwayang.v1i2.191

Nair, B. B., & Dileep, M. R. (2021). Drivers of spiritual tourism: A destination-specific approach. International Journal of Religious Tourism and Pilgrimage, 9(5). https://doi.org/10.21427/8VK2-JB56

Narottama, N., Erinda, N., & Moniaga, P. (2021). Perkembangan dan interaksi modal ekspatriat berbasis tourism area life cycle di Ubud. JUMPA, 7(2).

Susanti, H. (2022). Wellness tourism sebagai bentuk adaptasi terhadap dinamika pariwisata Bali di era new normal. Media Pemikiran & Aplikasi, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.24815/jsu.v16i1.24744

Sutarya, I. G. (2016). Spiritual healing dalam pariwisata Bali: Analisis tentang keunikan, pengembangan, dan kontribusinya dalam pariwisata. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=xvR-G6UAAAAJ&citation_for_view=xvR-G6UAAAAJ:UeHWp8X0CEIC

Wardana, I. M., Yasa, N. K., & Ekawati, N. W. (2022). Business strategy formulation in the era of the COVID-19 pandemic threat through the SWOT correlative interpretation and QSPM approach in SMEs based on local wisdom. International Journal of Economics, Commerce and Management, 10(3), 246-260. http://ijecm.co.uk/

Wiarsini, K. A., & Dane, N. N. (2021). Strategi pengembangan potensi daya tarik wisata spiritual Pura Siwa di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan. Jurnal Akademisi dan Praktisi Pariwisata, 5(2), Artikel 1579. https://doi.org/10.55115/sista.v1i2.1579

Wirawan, P. E. (2023). Pengembangan wisata spiritual berbasis kearifan lokal. PT. Pusat Literasi Dunia. https://literatur.id/buku/pengembangan-wisata-spiritual-berbasis-kearifan-lokal/

Wirawan, P. E., Astina, I. N. G., Tunjungsari, K. R., Arianty, A. A. A. A. S., & Sukaarnawa, G. M. (2022). Strategi pengembangan wisata alternatif mepantigan yang berkelanjutan. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/parbud

Wirawan, P. E., Sunarta, I. N., Anom, I. P., & Sudiarta, I. N. (2023). Spiritual tourism development strategy at Taro Tourism Village, Gianyar, Bali. Journal of Southwest Jiaotong University, 58(1). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.58.1.76

Wirawan, P. E., Widhiarini, N. M. A. N., Sudiarta, I. N., Yani, N. W. M. S. A., & Nuruddin. (2023). The portrait of wellness tourism during the COVID-19 pandemic in Indonesia: A case study of health protocol implementation at Green Kubu Café Bali. Journal of Environmental Management and Tourism, XIV(8(72)). https://doi.org/10.14505/jemt.v14.8(72).07

Yoga Barn Ubud. (2023, November 8). The Yoga Barn yoga teachers. https://www.theyogabarn.com/bali-yoga-teachers

Yoga, Y. W. S. (2023, November 7). Markandeya Yoga International School. https://myischool.wordpress.com/sejarah-markandeya-yoga-dan-profil-guru-made-sumantra/

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30